Aman dan Produktif dengan Digitalisasi

MATARAMRADIO.COM, Mataram – – Dari 5,4 juta penduduk NTB, 2,7 juta orang merupakan pengguna aktif media sosial. Ini perlu dibarengi dengan literasi atau edukasi digital sehingga masyarakat aman dan produktif menggunakan sosial media di masa pandemi.
“Animo masyarakat menggunakan media sosial besar. Perlu edukasi cara memanfaatkannya yang efektif dan produktif,” jelas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemerintah (Diskominfotik) NTB, I Gede Putu Aryadi, saat Workshop Literasi Digital bertajuk “Aman dan Produktif Dengan Adaptasi Kebiasan Baru di Internet”, Rabu (2/9) .

BACA JUGA:  BKSAP DPR RI Siap Jembatani Diplomasi Pendidikan dan Budaya di NTB

Dijelaskan, literasi digital selain untuk keamanan data pribadi dan lebih produktif juga membantu percepatan penangan bencana khususnya seperti saat bencana non alam pandemi covid-19 ini. Dimana, banyak disinformasi atau hoax beredar yang mengakibatkan masyarakat menjadi kurang disiplin hingga abai terhadap protokol kesehatan covid-19. “Jika pemahaman literasi digital masyarakat baik. Masyarakat akan mencari informasi melalui sumber terpercaya,” jelasnya.
Untuk mengedukasi masyarakat, jels Gede diperlukan kerjasama semua pihak, baik akademisi, praktisi, hingga komunitas penggiat teknologi informasi.
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Semuel A. Pangerapan menjelaskan masih banyak masyarakat abai melindungi data pribadinya. Terbukti, masih banyak warganet yang tanpa sadar membagikan data pribadi pada akun sosial medianya.
“Perlindungan data pribadi menjadi isu penting di tengah pandemi. Masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang baik terkait hal ini,” jelasnya. (novita, @diskominfotikntb/MRC)

BACA JUGA:  Tandatangani Komitmen Kinerja, Pejabat Siap Diganti