MATARAMRADIO.COM, Mataram – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB, Gde Putu Aryadi menjelaskan pihaknya menyediakan aplikasi berbasis website dan android untuk layanan informasi tentang Covid 19.

Informasi yang disajikan pada website Corona.ntbprov.go.id itu, kata Aryadi mulai dari informasi peta sebaran pasien Covid-19, rumah sakit rujukan, fasilitas layanan kesehatan dan nomor-nomor kontak darurat bila warga ingin mendapatkan layanan atau informasi.
“Dengan apilkasi berbasis website https://corona.ntbprov.go.id/ warga bisa lebih waspada dan hati-hati sehingga tidak terpapar Covid 19,” terangnya kepada wartawan, Selasa (1/9).
Dijelaskan, dalam peta sebaran dan titik peta pasien tetap ‘disclaimer’. Artinya Titik merah bukan titik persis lokasi pasien positif Covid-19 namun diacak ‘by system’ dalam radius 1 km dari alamat domisili pasien. “Ini untuk menjaga kerahasian Informasi pribadi,” jelasnya.
Ditambahkan, dalam Peta Persebaran Covid-19, ditampilkan zona wilayah dengan kotak berwarna, untuk memberikan informasi tentang status daerah. Klarifikasi zona merah dengan resiko tinggi sebaran Covid-19, warna orange dengan resiko sedang, kuning dengan resiko rendah dan warna hijau bila sudah tidak ada penderita Covid.(edy@diskominfotik_NTB/MRC)