Beranda blog

Putra Sulung Belum Ditemukan, Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas

MATARAMRADIO.COM – Ibunda Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), Atalia Praratya menuliskan pesan pilu untuk putranya yang hingga hari ketujuh pencarian ini tak kunjung ditemukan.

Putra sulung Ridwan Kamil, Eril diketahui hilang usai terseret arus sungai Aare di Kota Bern, Swiss, sejak Kamis, 26 Mei 2022.

Atalia pun yang pulang ke Indonesia berdoa, semoga Eril selalu dijaga dan diberikan perlindungan terbaik oleh Allah.

“Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya.. Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada…,” kata dia melalui akun Twitter @ata_lia, dikutip Kamis, 2 Juni 2022.

Di sisi Allah, menurut Atalia, Eril tak akan lagi merasa lapar dan kedinginan.

“Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun,” ujar Atalia.

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya (kiri) dan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril (kanan). (foto: Twitter).

“Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus,” lanjutnya.

Atalia berkata, ia ikhlas melepas Eril di Sungai Aare yang panoramanya sangat cantik ini.”Di sini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat,” kata Atalia.

“Seperti yang pak walikota sampaikan, `The city of Bern will forever be deeply connected to us…`,` sambungnya,

Di mana pun dan kapanpun, Atalia akan selalu mendoakan Eril.

“Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,” kata Atalia. (EditorMRC)

1529: Perjanjian Saragosa, Jadikan Dunia Hanya Milik Spanyol dan Portugis

MATARAMRADIO.COM –  Sejumlah peristiwa penting dalam sejarah dunia terjadi pada hari ini, 22 April. Salah satunya adalah ditandatanganinya Perjanjian Saragosa (juga ditulis Perjanjian Saragossa atau Perjanjian Zaragoza) pada tanggal 22 April 1529.

Secara garis besar, isi Perjanjian Saragosa  membagi wilayah dunia di luar Eropa untuk Spanyol dan Portugis. Dari Meksiko ke arah barat hingga Kepulauan Filipina menjadi milik Spanyol. Sementara Portugis mendapatkan wilayah dari Brasil ke timur sampai Kepulauan Maluku. Sebagai konsekuensi dari Perjanjian Saragosa, maka Spanyol harus segera meninggalkan Kepulauan Maluku dan kembali fokus di Filipina. Sedangkan Portugis diperkenankan tetap melakukan aktivitasnya di Kepulauan Maluku, termasuk memonopoli perdagangan rempah-rempah.

Perjanjian ini adalah kelanjutan dari Perjanjian Tordesillas yang mengakibatkan Spanyol berkuasa atas sisi barat, sementara Portugis mendapat sisi timur. Kondisi ini membuat Portugis berlayar ke arah Afrika, mengitari pantai barat benua itu dan menemukan India.

Tak berhenti di India, bangsa Portugis berlayar terus ke tenggara dan menemukan Indonesia. Pada 1509, Portugis di bawah komando Diogo Lopes de Sequeira sampai ke Malaka. Namun baru pada 1511, Portugis menaklukkan Malaka. Kejayaan Portugis di Malaka tak bertahan lama. Portugis pun terus menjelajah “Kepulauan Rempah-rempah” hingga ke timur. Pada 1512, Portugis menemukan Maluku, pusat rempah-rempah. Portugis segera bersekutu dengan Ternate, kerajaan setempat dan membangun benteng di sana.

Pada 1521, Spanyol tiba di Maluku setelah sebelumnya menemukan Filipina. Kedatangan Spanyol menjadi ancaman bagi Portugis. Sebab saat itu Portugis memonopoli perdagangan di Maluku. Portugis dan Spanyol pun bersaing dengan memanfaatkan permusuhan kerajaan lokal. Selama hampir satu dekade, keduanya berperang. Spanyol bersekutu dengan Tidore untuk melawan Portugis yang bersekutu dengan Ternate. Keduanya sebenarnya sudah mencoba menyelsaikan antara 1525 hingga 1528. Portugis dan Spanyol masing-masing mengirimkan astronom, kartograf, navigator, dan ahli matematika untuk membagi Maluku sesuai dengan Perjanjian Torsedillas. Sebab di Perjanjian Torsedillas, benua Asia hingga Asia Tenggara belum ditemukan dan disepakati pembagiannya. (EditorMRC)

Bebas Penjara, Ahmad Dhani Gelar Tur Bareng Dewa 19

MATARAMRADIO.COM, Jakarta  – Setelah bebas dari penjara, Ahmad Dhani mulai masuk kembali ke industri musik Indonesia. Dhani yang kini lebih dikenal publik lewat komentar-komentar politiknya, memutuskan akan melaksanakan tur di Indonesia bersama grup musik terdahulunya yakni Dewa 19.

Ini akan menjadi tur perdana Dewa 19 pasca kebebasan Ahmad Dhani dari penjara pada 30 Desember 2019 lalu. Konser yang akan berlangsung bersama Once Mekel dan Dul Jaelani ini merupakan peringatan 20 tahun album Dewa 19, “Bintang Lima”. Tepat pada album inilah, Once menggantikan Ari Lasso sebagai vokalis.

Dewa 19 akan tampil dengan formasi enam orang yang terdiri dari Dhani, Once, Yuke Sampurna, Andra Junaedi, Agung Yudha Asmara dan Dul Jaelani.

Promotor tur bertajuk 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020 ini, Otello Asia, menilai bahwa album kelima itu adalah favorit Baladewa. Menurutnya, kala itu Bintang Lima terjual hampir 2 juta kopi. Sysan mengatakan Dhani bakal banyak terlibat dalam tur ini, dengan gimik dan aksi panggung yang belum pernah ditampilkan sebelumnya. “Waktu enggak kerasa, saya mau bangkitkan memori Baladewa tentang album Bintang Lima,” kata CEO Otello Asia Sysan Ibrahim dikutip dari cnnindonesia.com.

“Kita bisa aja ajak Tyo Nugros, mungkin matematikanya enggak ketemu. Soal (posisi) Dul, ada band di dunia namanya Toto, kibordisnya dua, mungkin satu-satunya band yang kibordisnya dua. Karena Dewa 19 penggemar Toto, kiblat kita juga Toto. Kalau dua kibordis, tinggal dibagi, satu synth dan satu piano elektrik. Mungkin di semua lagu seperti itu.”
kata Dhani.

Lebih lanjut, meski sempat beberapa kali tampil bersama dalam dua tahun terakhir, Once mengatakan mereka masih butuh banyak latihan sebelum tur. Pasalnya, lagu-lagu dalam Bintang Lima terbilang jarang dibawakan di atas panggung.

“Seperti Cinta Adalah Misteri? Itu enggak pernah kami bawakan. Bahkan waktu saya masih gabung sebelum (keluar tahun) 2010, banyak yang enggak kami bawakan. Jadi saya harus menghafal beberapa lagu lagi,” kata Once.

Ada enam kota yang disinggahi Dewa 19 dalam 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020. Tur dimulai dari Bandung (15/2), Yogyakarta (22/2), Surabaya (14/3), Banjarmasin (21/3), Balikpapan (25/3) dan berakhir di Makassar (3/4).

Sysan menjelaskan Makassar belum tentu menjadi kota terakhir. Sampai saat ini mereka masih merencanakan Dewa 19 tampil di Jakarta sebagai bagian dari rangkaian tur 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020. (MRC/CNN Indonesia]

Keseruan Pelatihan Tanggap Darurat Aruna Senggigi, Inilah Jenis Kegiatannya!

Pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Aruna Senggigi dalam memastikan keselamatan dan keamanan tamu serta karyawan.

“Tim tanggap darurat adalah elemen penting dalam manajemen keamanan dan keselamatan. Latihan ini bertujuan untuk melatih respon berbagai situasi darurat, termasuk kebakaran, gempa bumi, serangan, atau insiden lainnya yang memerlukan tindakan cepat dan terkoordinasi,” papar Aditya Maulana, General Manager Aruna Senggigi.

Pelatihan Tanggap Darurat dilaksanakan secara rutin meliputi Tanggap Darurat Bencana Alam serta Kebakaran. Dalam pelatihan ini, karyawan juga diberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah pertolongan pertama dalam berbagai situasi darurat.

Mereka dibekali dengan pengetahuan tentang tindakan-tindakan kritis yang perlu diambil dalam situasi darurat, termasuk evakuasi tamu dan staf, penggunaan alat pemadam kebakaran, serta komunikasi yang efektif selama kejadian.

“Kami upayakan melibatkan pelatih profesional dalam pelatihan, baik dari Basarnas, Pemadam Kebakaran maupun Dinas Kesehatan. Memberikan pengetahuan tentang pertolongan pertama bukan hanya investasi dalam keamanan tempat kerja namun juga sebagai bentuk dukungan dan perhatian terhadap karyawan dan tamu”, tutup Aditya. (editorMRC)

Lalu Gita ‘Miq Molah’ Jadi Kusir Cidomo Warna Kuning, Netizen Kaitkan dengan Pilkada. Ini Faktanya!

Dalam unggahan yang tayang pada Kamis, 19 Juni 2024, Miq Gite mengunggah foto dirinya yang lagi naik Cidomo, kendaraan khas di Lombok sambil memegang pecut dan kendali layaknya seorang Kusir Cidomo.


Tak lupa Miq Gite menulis status berupa pantun yang isinya begini.
“PUYUNG PRAYE
PENUJAK BATUJAI
ATONG SIDE
SILAK TAEK CIDOMO NIKI”

Sejak tayang delapan jam, status terbaru Miq Gite diserbu beragam komentar pengikutnya.
“Kusirnya sangat faham dengan keinginan penumpangnya ,”tulis Suryanto.

Abdul Jamil yang mengaku penggemar berat berujar.”Semua kalangan dan etnis boleh naik,”
“Harus ditambah trayeknya Cidomo nike Miq, Insyaallah penok muatan ,”timpal Mamiq Alea.


Eka Sugandi berseloroh.”good morning selamat pagi. Kusir cidomo kuning, iye gemes gati……..loek takut sik pecut jaran (Banyak yang takut dengan pecut kuda,RED)”


“Jadi inget waktu kecil klu lebaran di Puyung , jalan jaalan ke Praya pake cidomo ,nyampek pasar praya beli es sama apolo ,”komentar Yayuk Raharjo.


Status Miq Gite rupanya jadi pembicaraan khusus di beberapa WA Grup. Salah satunya WA Grup Pojok NTB yang beranggotakan tidak kurang dari 512 anggota.


“Astagfirullah sudah mulai ada gejala anu miq molah ini,”tulis Lalu Wink Haris alias LWH sambil menyematkan postingan Miq Gite di akun facebooknya.


“HL Gita ariadi sudah mengundurkan diri,”kata My Name MSQ menimpali.


Sebelumnya Miq Gite juga memakai cidomo kuning sebagai simbol dalam berbagai peristiwa dan momentum penting seperti ketika memberi ucapan Selamat Hari Raya idul Fitri 1445 H beberapa waktu lalu.

Status terbaru Hl Gita Ariadi MSi alias Miq Molah yang naik cidomo sambil memegang pecut kuda. Banyak warganet memaknainya sebagai sinyal kuat menuju Pilgub NTB 2024.


Tentang HL Gita Ariadi MSi


Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, yang lebih dikenal sebagai Miq Gite, lahir di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.


Ia saat ini menjabat sebagai PJ Gubernur NTB yang disebut-sebut akan maju sebagai kandidat Gubernur NTB periode mendatang berpasangan dengan Dr H Sukiman Azmy MM, mantan Bupati Lombok Timur dua periode.

Miq Gite saat ini sedang menunggu rekomendasi sejumlah partai termasuk Partai Golkar yang identik dengan warna kuning.

Publik juga menanti akankah Miq Gite alias Miq Molah akan didukung Partai Golkar atau dukungan Partai pemenang Pemilu akan jatuh kepada kader terbaik partai yang lainnya. Kita tunggu saja cerita berikutnya. ***

Bila Hanya Paslon ZulUhel dan Rohmi-Firin yang Bertarung di Pilgub NTB 2024, Inilah Pemenangnya Versi Lembaga Survei!

Apalagi setelah empat lembaga survei telah mengumumkan hasil penelitian mereka meneropong peta elektabilitas dan popularitas kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan bertarung pada Pilgub NTB 27 November 2024.

Lembaga survei tersebut antara lain LSI Denny JA, Kedai Kopi dan OMI Institut dan Presisi.

Dari empat lembaga survei ini, hanya Presisi yang menyatakan survei mereka hanya terbatas di Kabupaten Lombok Timur dengan alasan merupakan kabupaten dengan jumlah pemilih terbanyak di NTB.

Publik pun bertanya bila hanya ada dua pasangan yang bertarung yakni Rohmi Firin Vs ZulUhel, siapa kemudian yang unggul bila Pilgub digelar hari ini?


Bila mengacu pada hasil survei elektabilitas para calon gubernur dan wakil gubernur NTB yang berseliweran di media massa hingga hari ini, maka hasil 4 lembaga survei dapat menjadi rujukan.


LSI Denny JA secara terang-benderang mengumumkan elektabiltas Bang Zul dan Abah Uhel berada di atas angin.


Dalam hasil surveinya LSI mengumumkan, ketika simulasi dilakukan pada 8 nama calon, angka elektabilitas Bang Zul memimpin dengan raihan 32,1%, Suhaili 11,9%, Siti Rohmi 10,3%, Dinda 10,1%, M.Iqbal 6,4, Gita Ariadi 3,5%, Mohan Roliskana 3,1%, Musyafirin 2,0%.


Bang Zul kebagian migrasi dukungan yang paling besar karena ada 15,7% pemilih yang bermigrasi ketika hanya 8 nama yang disodorkan pada pemilih.

Sedangkan 7 nama lain hanya mendapatkan migrasi pemilih rata rata ± 3% saja,”sebut sebuah sumber kuat yang minta namanya dirahasiakan.


Sebuah sumber kuat menyebutkan, terjadinya migrasi dukungan yang masif kepada bang Zul berbanding lurus dengan variabel yang mempengaruhi pemilih sebagaimana yang tergambar pada survei Poltracking periode maret 2024.


“Ada 80,6% preferensi pemilih karena variabel Agama 30%, Pengalaman/kinerja 24,3%, Karakter Kandidat 9,7%, Kompetensi kandidat 9,1%, dan Visi Misi kandidat 7,5,”jelasnya.


Meski tidak menampilkan pasangan calon, hasil survei LSI mengisyaratkan pasangan ZulUhel adalah pemenang Pilgub NTB 2024.

Sementara itu, dalam survei terkini dari Lembaga Survei Kedai Kopi, hasil simulasi pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) menunjukkan dominasi Zulkieflimansyah dengan perolehan suara yang cukup besar.


Survei tersebut menanyakan “Jika pemilihan Gubernur dilakukan hari ini, siapa yang layak menjadi Gubernur NTB?” kepada responden dan menghasilkan angka sebagai berikut:


Zulkieflimansyah – 67,3%
Sitti Rohmi Djalillah – 19,5%
Lalu Muhammad Iqbal – 3,4%
Ali bin Dachlan – 3,1%
Sukiman Azmi – 2,0%
Suhaili FT – 2,0%
Lalu Muhammad Gede Astani – 1,5%
Lalu Pathul Bahri – 1,3%


Dengan 67,3 persen dukungan, Zulkieflimansyah jauh mengungguli kandidat lainnya. Dukungan hampir dua pertiga ini menunjukkan kepercayaan besar masyarakat NTB terhadap kepemimpinannya.

Di tempat kedua, Sitti Rohmi Djalillah memperoleh 19,5 persen suara, terpaut cukup jauh dari Zulkieflimansyah.
Dukungan besar ini bisa menjadi indikasi kepuasan pemilih terhadap kinerja Zulkieflimansyah.


Sementara itu, Hasil survei yang dilakukan terkini yang dilakukan Lembaga Survei Olat Maras Institut (OMI) menunjukkan hasil yang lebih rinci, tidak saja meneliti elektabilitas masing-masing kandidat tetapi juga melakukan simulasi pasangan calon.


OMI Insttitut menggelar survei terakhir pada pada 12-21 Maret 2024, menggunakan multistage random sampling dengan responden 800 orang.

Tersebar di seluruh Kabupaten dan Kecamatan di Nusa Tenggara Barat, dengan margin of error 3,54% dan tingkat kepercayaan 95%.


Sebaran responden terbesar di Kabupaten Lombok Timur sebanyak 25%; Kabupaten Lombok Tengah 19,8%; Kabupaten Lombok Barat 13,3%; Kabupaten Bima 9,6%; Kabupaten Sumbawa 9,4%, Kota Mataram 8%; Kabupaten Dompu 4,8%; Kabupaten Lombok Utara 4,6%, Kota Bima 2,9% dan Kabupaten Sumbawa Barat 2,6%.


Pertanyaan yang diajukan kepada responden mencakup siapa gubernur pilihan anda, siapa wakil gubernur pilihan anda dan siapakah pasangan calon yang anda akan pilih bila Pemilihan dilaksanakan hari ini.

Semua simulasi paslon dilaksanakan secara proporsional.
Hasil survei OMI Institute menyebutkan pasangan calon yang unggul adalah Bang Zul – Abah Uhel alias Zuluhel meraih 50,5% suara.

Disusul pasangan Iqbal Damayanti dengan 11,6 %, Rohmi Firin 10,6 dan Fathul HMS dengan torehan 5 %. Adapun yang belum menentukan pilihan saat survei dilaksanakan sebesar 22,5%.

Dari hasil survei OMI Institut, keterpilihan Gubernur NTB 2018-2023 Dr Zulkieflimansyah (Dr Zul) selalu berada di angka tertinggi, yaitu rata-rata di atas 85% keterpilihan secara pribadi, bahkan di survei terakhir maret 2024 mendapatkan angka 91% keterpilihan pribadi sebagai Gubernur.


Di susul oleh Suhaili Bupati Lombok Tengah 2016-2021, Sukiman Azmy Bupati Lombok Timur 2018-2023, dan Pathul Bahri Bupati Lombok Tengah 2020-2024 diangka rata-rata 80%.


Sedangkan Wakil Gubernur NTB 2018-2023 Dr. Sitti Rohmi Djalillah (Dr. Rohmi) selalu berada di angka tertinggi sebagai Wakil Gubernur NTB diangka rata-rata 70% keterpilihan secara pribadi, bahkan di survei terakhir maret 2024 mendapatkan angka 73,9%.

Sedangkan keterpilihan Rohmi sebagai Gubernur NTB secara pribadi hanya diangka 17% di survei Maret 2024.


“Untuk di posisi Wakil Gubernur NTB tidak hanya ditempati oleh Dr Rohmi saja yang mulai disoroti masyarakat.
Muncul juga nama Dr Musyafirin Bupati Kabupaten Sumbawa Barat 2 periode yang mencapai angka di survei terakhir Maret 2024 yaitu 64,6%, disusul dengan Indah Dhamayanti Putri Bupati Bima, dan Mohan Roliskana Walikota Mataram dengan keterpilihan secara pribadi diangka rata-rata 30% sebagai bakal calon wakil gubernur NTB,”papar Miftahul Arzak SIKom, MA, Peneliti OMI Institut yang sedang menyelesaikan Pendidikan Doktor di School of Communication, Universiti Sains Malaysia ini.

Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi) merilis hasil survei untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024. Presisi mensurvei 440 responden di Kabupaten Lombok Timur, NTB, pada 25 Mei sampai 4 Juni 2024.


Direktur Eksekutif Presisi Darwan Samurdja mengungkapkan Lombok Timur akan menjadi salah satu penentu kemenangan dalam Pilgub NTB 2024. Kandidat yang menguasai Lombok Timur, berpotensi memenangkan pilgub mendatang.


“Ceruk pemilih terbesar di NTB adalah Lombok Timur, sehingga ini akan menjadi menjadi battle atau wilayah pertarungan yang berat bagi bakal calon pasangan yang lain,” kata Darwan dalam keterangannya pada Jumat (14/6/2024).


Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lombok Timur mencapai 985.385 pemilih.


Hal itu membuat Lombok Timur sebagai daerah yang memiliki DPT paling banyak di Bumi Gora, sebutan untuk NTB.
Hasil survei Presisi menyebutkan tingkat elektabilitas Wakil Gubernur NTB 2018-2023, Siti Rohmi Djalilah, mencapai 36,8 persen.

Adapun elektabilitas eks Bupati Lombok Timur 2018-2023 yakni Sukiman Azmy mencapai 17,7 persen; Gubernur NTB 2018-2023 Zulkieflimansyah (9,3%); mantan Bupati Lombok Tengah 2010-2018 Suhaili alias Abah Uhel (3,6%); eks Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhaamd Iqbal (2,3%); Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi (1,3%); hingga Ketua DPD I Partai Golkar NTB yang juga Wali Kota Mataram Mohan Roliskana (0,5%).


Sementara pemilih yang masih merahasiakan, tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 28,5 persen.


Dari 4 lembaga survei ini, menjawab pertanyaan publik, bila pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB digelar hari ini maka pemenangnya adalah pasangan Bang Zul dan Abah Uhel alias ZulUhel.(editorMRC)

Asyik Makan, YG Kehilangan Motor


Sepeda Motor tersebut diketahui hilang sekitar pukul 05:40 wita saat korban hendak pulang dari KFC.


“Atas kejadian tersebut korban rugi sekitar 19 juta rupiah,” jelas Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Yogi Polisi Utama, Selasa 18 Juni 2024.


Menurut Yogi, ketika polisi mendapat laporan kehilangan motor, pihaknya langsung melakukan penyelidikan.


Tak butuh waktu lama, Tim Resmob berhasil mengamankan DS (26) terduga pelaku sekitar pukul 19:20 wita.


“Terduga ditangkap kurang dari 24 jam sejak laporan kejadian, “ jelas Kasat.


Terduga mengakui mengambil sepeda motor korban di parkiran depan KFC Mataram Mall ketika kunci kontaknya lupa dicabut korban.


“Korban mengaku lupa mencabut kunci motornya” jelasnya.


Atas perbuatannya, jelas Kasat terduga dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (MRC)

FORTAL Salurkan Daging Hewan Qurban


Ketua FORTAL, Trisnawandi mengungkapan, pembagian daging kurban merupakan sinergi antara FORTAL dengan Polres Lombok Barat.


“Alhamdulillah, pembagian daging qurban merupakan wujud sinergi dengan Polres Lombok Barat,” ungkapnya, di sela-sela kegiatan pembagian daging kurban, Senin, 17 Juni 2024.


Ia menjelaskan, pembagian daging kurban berasal dari kambing qurban Polres Lombok Barat yang diberikan kepada mereka yang berhak menerimanya.

“Semoga bermanfaat dan menjadi berkah bagi kita semua,” jelasnya.


Trisna menyampaikan terimakasih kepada pihak yang telah mempercayakan penyaluran qurban melalui FORTAL.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Polres Lombok Barat, semoga kedepannya bisa bersinergi dalam kegiatan Bhakti sosial lainnya,” ucapnya.(MRC)

Presiden Jokowi Serahkan Penghargaan TPID Award Kepada Tiga Kepala Daerah Berprestasi Asal NTB

Para kepala daerah dinilai mampu mengendalikan inflasi di daerah masing-masing.
Mereka adalah PJ Gubernur NTB HL Gita Ariadi, PJ Bupati Lombok Barat H Ilham SPd MPd dan Walikota Mataram Dr H Mohan Roliskana.

Provinsi NTB meraih penghargaan Provinsi berkinerja terbaik mewakili Kawasan Nusa Tenggara dan Papua.

Selain NTB, penghargaan serupa juga diterima Provinsi Jawa Tengah untuk kawasan Jawa-Bali, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk kawasan Sulawesi dan Provinsi Kepulauan Riau untuk kawasan Sumatera.

Demikian juga dengan Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat yang tahun ini berhasil memperoleh penghargaan kategori TPID Kota dan Kabupaten Berprestasi 2024.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2024 di Istana Negara, 14 Juni 2024 lalu.

Presiden RI Jokowi menyampaikan terima kasih pada Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah yang telah bekerja keras dan telah berusaha keras untuk mengendalikan inflasi.

Dirinya menerangkan, berkat kerja keras semua tim pengendalian inflasi tersebut, terakhir pada bulan Mei, inflasi Indonesia berada di angka 2,84 persen. Salah satu yang terbaik di dunia.

“Kalau kita ingat sembilan atau 10 tahun yang lampau, inflasi kita masih berada di angka 9,6 persen. Atas usaha keras kita, (saat ini inflasi Indonesia) berada diangka 2,84 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur BI Perry Warjiyo menerangkan kegiatan Rakornas Pengendalian Inflasi 2024, mengangkat tema Pengamanan Produksi dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendukung Stabilitas Harga.

Perry Warjiyo mengungkapkan, Bank Indonesia meyakini inflasi yang rendah sebagai faktor penting untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan serta kesejahteraan rakyat Indonesia.

“BI akan terus memperkuat bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Bersinergi erat dengan pemerintah baik pusat maupun daerah,”tandasnya.

Pj Gubernur NTB Drs HL Gita Ariadi MSI yang hadir menerima anugerah berharap prestasi TPID Award 2024 menjadi sumber inspirasi dan sumber motivasi agar TPID Provinsi, kabupaten dan kota, tetap bekerja keras untuk mengendalikan inflasi. Begitu pula, komoditi barang kebutuhan pokok tetap tersedia dan terjangkau dengan daya beli masyarakat.

“Anugerah ini sumber motivasi dan sumber inspirasi untuk bekerja. Kendalikan inflasi di daerah lebih baik lagi. Insyaallah,” ungkapnya. ***

Hati Hewan Qurban Ada Cacingnya, Ini Yang Perlu Dilakukan


Namun bagaimana jika pada hati hewan ditemukan cacing atau parasit lain yang bisa mengganggu kesehatan.


“Hati hewan yang mengandung parasit terlihat tidak segar, warnanya tidak cerah. Kusam,” kata Kepala UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Majeluk Kota Mataram, dr Vidia Fibriyanti, Senin 17 Juni 2024.


Selain itu, perlu diwaspadai cacing yang bersarang di hati. Secara kasat, jelas Vidia cacing akan terlihat meski tidak harus membelah hati.


“Bila sudah rusak semuanya, sebaiknya tidak dikonsumsi. Namun, jika sebagiannya masih bagus, maka yang tidak saja yang dibuang,” katanya.


Vidia menegaskan, untuk hati yang bermasalah baik karena parasit atau cacing sebaiknya pengolahannya tidak dibuat sate tapi direbus hingga binatang yang bersembunyi di hati mati.


“Jangan dibuat sate,” katanya.(ASLINEWS)

Sapaan Ramah STMJ Arab di Keremangan Malam Kota Toea Ampenan


Dengan ukuran gerobak yang tidak terlalu besar sekitar 1,5 x 2 meter yang diterangi lampu LED, kami merapat dan duduk di kursi yang cukup tinggi tepat di depan warung.


“Mau STMJ Arab. Ini minuman racikan, susunya pakai susu kambing dan sapi,” inilah awal cetusan Alkaf sehingga kami merapat.


Sesampainya di warung, kami disapa peracik STMJ (susu telur madu jahe) Arab, Wahyudin.


“Susunya hanya cukup untuk satu gelas, Kakak,” sapanya ramah.


“Mau pakai telur,” kembali Wahyudin menyapa.
“Yang biasa saja tanpa telur,” sambut Alkaf.


Selama percakapan itu, kami memperhatikan keadaan sekitar.


Di sekitar gerobak, tepatnya di pinggir jalan Adi Sucipto dekat lampu merah simpang Pasar Kebon Roek terpasang baliho “Kedai STMJ Abah Ong”.


Menurut cerita Alkaf, STMJ ini murni racikan Abah Ong yang memulai usaha STMJ Arab sekitar 4 atau 5 tahun lalu.


Cerita seputar STMJ Arab pun mengalir dari Alkaf juga Wahyudin.


Beberapa khasiat yang bisa dirasakan setelah minum STMJ Arab terutama kandungan susu etawa, diantaranya mencegah osteoporosis dan mengurangi terkena resiko jantung.


Setelah ramuan tercampur, susu dipanaskan kemudian dituangkan ke gelas yang berisi racikan beberapa bahan rempah.


“Semakin kental susunya semakin terasa,” kata Wahyudin sambil menyodorkan STMJ Arab racikan

.
Saat racikan STMJ mulai berkurang asapnya, sruputan pertama segera memasuki lidah. Rasa susu dan madu mulai menggoda.


Sruputan kedua menyapa lidah, rasa susu dan rasa hangat dari jahe dan rempah lainnya semakin menggoda.


Sruputan ketiga dan seterusnya sudah tidak terasa lagi karena satu gelas STMJ Arab telah berpindah ke tenggorokan dan mengendap di lambung.
“Susunya terasa sekali,” ucap Mega.


Memang, racikan STMJ Arab membuat kangen karena rasa yang tak biasa.(ASLINEWS)

Rayakan Idul Adha 1445 H: Pj Bupati Lobar Ajak Warga Lakukan Ini!

Hadir dalam shalat idul adha ini Pj Bupati Lobar H Ilham SPd MPd, Pj Sekda Lobar H. Fauzan Husniadi, para Pejabat dan masyarakat Lombok Barat.

PJ Bupati dalam amanatnya sebelum pelaksanaan shalat Idul Adha mengajak seluruh jamaah menjadikan momentum Idul Qurban untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan solidaritas sosial.

PJ Bupati meminta kepada semua pihak khususnya para ASN dan non ASN untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan. Hal ini penting untuk mewujudkan visi misi daerah yaitu Lombok Barat Mantap.

“Mari kita sigap dan tingkatkan kepedulian dan kepekaan sosial kita untuk bersama sama meringankan beban sesama untuk mewujudkan Lombok Barat mantap” ujarnya.

Ilham juga mengajak semua masyarakat Lombok Barat untuk bersama sama menjaga kondusifitas daerah. Hal ini agar pembangunan di daerah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Tak lupa PJ Bupati mengajak seluruh jamaah mendoakan semua jam’ah haji khususnya yang berasal dari Lombok Barat agar dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar.

“Mari kita bersama sama mendoakan para jama’ah haji kita agar diberikan kelancaran dalam ibadah dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat” ajaknya.

Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha Pemkab Lobar tahun ini, bertindak selaku imam TGH Aly Hafidz Alimuddin, Pimpinan Pondok Pesantren Mawaizunn Nisyan Mejeti, Narmada dan khotbah disampaikan Dr. Jamaludin, M.Si. Pimpinan Pondok Pesantren Alam Sayang Ibu Desa Dasan Geria, Lingsar yang juga dosen UIN Mataram.

Tahun ini Pemkab Lobar mengumpulkan sedikitnya 17 ekor sapi dan 24 ekor kambing untuk hewan Qurban.

“Hewan Qurban sudah kami distribusikan ke beberapa lokasi di wilayah Lombok Barat,” kata H Subadi, Plh Kabag Kesra Setda Lombok Barat. (editorMRC)

Tempat tinggalnya Keren! Saatnya Miliki Rumah Subsidi Green Kahuripan Residence

Pada hari Sabtu, 15 Juni 2024, PT. Mahakarya Tunas Jaya mengadakan acara syukuran dan peletakan batu pertama untuk pembangunan Green Kahuripan Residence.

Acara tersebut dihadiri oleh M. Sawaludin, Direktur PT. Mahakarya Tunas Jaya; Rahman Kamarud Zaman, Direktur Bank NTB Syariah Cabang Gerung; Kapolsek Kuripan; Danramil Kuripan; serta sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.
M.

Sawaludin menyatakan bahwa tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menyediakan perumahan yang layak huni dan nyaman dengan harga yang terjangkau, mendukung pembangunan daerah dan mempermudah masyarakat dalam memiliki rumah.


“Proyek Green Kahuripan Residence merupakan bagian dari visi perusahaan kami untuk menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi masyarakat umum,” ujar Sawaludin.


Pembangunan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dengan merekrut tenaga kerja dari sekitar lokasi proyek. “Kami banyak merekrut tenaga kerja lokal sehingga masyarakat sekitar juga dapat merasakan manfaat dari pembangunan perumahan ini,” tambahnya.


Green Kahuripan Residence menawarkan dua tipe rumah: tipe subsidi 30/75 m² dan tipe komersil 75/105 m² dengan harga Rp 750 juta. Proyek ini dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektar.


Sebelumnya, PT. Mahakarya Tunas Jaya telah sukses mengembangkan Mahakarya Residence dengan total 80 unit di Dusun Dasan Baru. Sawaludin memastikan bahwa semua perumahan yang mereka bangun memiliki spesifikasi tinggi dengan menggunakan material berkualitas seperti lantai granit, plafon PVC, dan dinding bata merah dengan beton bertulang.


Rahman Kamarud Zaman, Direktur Bank NTB Syariah Cabang Gerung, juga menyampaikan dukungannya terhadap pembangunan perumahan bersubsidi ini. “InsyaAllah ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menyediakan tempat tinggal, lapangan kerja, serta infrastruktur penunjang,” ungkapnya.


Tokoh agama setempat, Ustadz Gafurudin Arifin, juga menyatakan dukungannya dan menyebutkan bahwa proyek ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan bagi warga sekitar serta menawarkan lingkungan yang aman dan nyaman. “Saya sangat mendukung pembangunan perumahan ini karena membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” ujarnya

.
“Tempatnya nyaman dan aman,” tambahnya, menegaskan bahwa calon penghuni tidak perlu khawatir tentang keamanan dan kenyamanan lingkungan.(editorMRC)

NEWS Update

Trending ISSUE
YANG LAGI VIRAL

ELECTION NEWS
KABAR PEMILUKADA 2024

CRIME NEWS
JEJAK KASUS KRIMINAL

Aruna NewsViews

OBITUARI
BERITA DUKA

Pokok & Tokoh

BOLLYHITSStar
Gemerlap Bintang Bollywood

SCIENCE & TECHNO
JENDELA ILMU PENGETAHUAN

SOCIAL POLITICNEWS
Berita Sosial Politik Terkini

MileniaNEWS

Tempo Doeloe
JANGAN LUPAKAN SEJARAH

FAKTA UNIK
BELIEVE IT OR NOT

INFOTAINMENT update
INFORMATIF & MENGHIBURATIF

EDITORCORNER
BERITA DIBALIK CERITA

OPINIONKOLOM
ASPIRASI & INSPIRASI

INTERVIEW
WAWANCARA EKSKLUSIF

Netizen STORY
WARGANET PUNYA CERITA

ENTEBENEWS
DINAMIKA BUMI GORA

Today in History

WORLD NEWS

SPORT NEWS

LIFEStyle
Gaya Hidup

MUSIC CORNER
ZONA MUSIK TERKINI

Tips & Trick
Kiat Praktis & Serbaguna

MovieZone
Referensi Film Terbaru

Weekend Editorial
TAJUK AKHIR PEKAN