Etiskah Perempuan Curhat Duluan Sama Lawan Jenis?

Jawab. Saudari Rina…  terima kasih atas perhatiannya pada  rubrik solusi psikolog ini. Adanya perasaan naksir pada  lawan jenis  adalah  hal yang wajar, apalagi karena dia sosok yang cerdas, supel dan enak diajak ngobrol, bisa jadi karena sering bertemu, sering ngobrol akhirnya timbul perasaan cinta dan itu tidak bisa dipungkiri, karena sejatinya rasa cinta merupakan karunia dari Sang Pencipta. Konon dengan anugrah yang disebut sebagai cinta ini, kehidupan semakin terasa indah. Berkenaan dengan cinta, seorang tokoh sufi yang bernama Jalaludin Rumi memberikan pandangannya, ia mengatakan bila tak ada cinta, maka bekulah dunia.

BACA JUGA:  Cara Meraih Prestasi di Sekolah

Biasanya saat seseorang memasuki masa remaja ia akan berkenalan dengan perasaan cinta. Bila ia seorang cowok, ia akan tertarik atau jatuh cinta dengan seorang cewek, begitu pula sebaliknya, seorang cewek  akan tertarik atau jatuh cinta pada seorang cowok.  Jadi bagi Anda perasaan naksir banget sama  kakak tingkat masih dikatakan normal-normal saja. 

Adanya perasaan cemburu yang dirasakan ketika ada teman cewek  lain   yang dekat dengan dia karena ada perasaan takut  kalau-kalau kakak tingkat yang Anda taksir akhirnya  jatuh cinta dan menjalin hubungan khusus dengan salah satu cewek tersebut.

Sebenarnya ketika timbul perasaan naksir dan  jatuh cinta dengan lawan jenis pada diri seorang cewek atau cowok, maka tidak ada salahnya siapapun diperbolehkan untuk menyampaikan atau mengungkapkannya. Namun kenapa cewek seolah-oleh tidak boleh menyatakan terlebih dahulu karena ini menyangkut nilai-nilai yang berkembang selama ini bahwa seorang cewek rasanya tidak elok atau pantas jika menyatakan perasaannya terlebih dahulu. Untuk itu ada beberapa langkah-langkah dibawah ini yang dapat Anda dilakukan :

BACA JUGA:  Buku Persiapan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Bikin Panic Buying

Cari Informasi   

Anda harus tau apa  statusnya saat ini, apa dia  belum punya pacar, jangan sampai  ternyata sudah punya pacar, namun Anda menaksirnya; 

2. Jadi diri  sendiri

Tetap bersikap apa adanya dan jadi diri  sendiri,  dengan  memancarkan sinar-sinar keindahan yang ada;  

3. Percaya diri

Tetap tampil dengan sikap percaya diri  agar  berhasil bikin kakak tingkat suka.  Jika bertemu  tatap matanya. Kalo berpapasan, berikan senyuman dan sapa. Itu sopan santunnya, bukan cari perhatian,  dan juga bersikap dewasa jangan kekanak-kanakan

 4. Perbedaan umur  

Naksir  kakak tingkat, bisa jadi ada perbedaan  umur, tapi  jangan mikir itu.  Dengan dia umur lebih tua, tapi belum tentu juga dia bisa lebih dewasa;

 5. Minta comblangin  

Bila ada teman  yang kenal sama kakak tingkat itu, boleh-boleh saja  minta disalamin, biar dia melihat  dan tahu keberadaan Anda. Anggap  teman itu menjadi penyampai pesan Anda. Kalau dia udah melihat dan mengetahui Anda, barulah  melakukan rencana selanjutnya;

6. Curi pandang

Sedikir saja, tidak usah banyak-banyak,   kalau lagi istirahat  curi-curi pandang sama dia. Kalo beberapa kali Anda sengaja melihat  dia  terus dia lagi liat ke arah Anda juga, berarti dia juga naksir Anda.

7. Siap  ditolak

Ya sudahlah, kalau  akhirnya dia menolak  tidak usah sedih. Ingat cinta tak selamanya harus memiliki, masih ada yang lain.Semoga bermanfaat serta bisa memberikan pencerahan bagi Anda….. Teriring doa  semoga tetap sukses  dalam meraih mimpi dan cita-cita.

>