Pembangunan Jembatan Sondosia Segera Tuntas

Miq Gite menjelaskan, ketika menerima laporan jembatan darurat Sondosia jebol diterjang banjir. Terbayang antrean mengular sisi kiri dan kanan jembatan. Bus antarprovinsi, truk fuso, tronton, hingga sepeda motor yg ukuran kecilpun, pasti antre. Menunggu normalisasi jembatan darurat.

BACA JUGA:  Gubernur Serahkan 1689 Sertifikat Tanah di Sumbawa

“Sebagai Komandan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), muncul rasa cemas bila antrean panjang ini tak segera diatasi. Distribusi logistik terganggu. GM Pertamina dan Pak Gandi Hiswana Migas mengeluh tersendatnya penyaluran BBM. Khawatir barang komoditi masyarakat rusak. Harga barang kebutuhan bisa merambat naik. Ini rugikan produsen maupun konsumen,” jelasnya.

Dalam situasi seperti ini, dijelaskan Miq Gite, harapan jangka pendeknya ada dua. Pertama, Miq Gite berharap curah hujan di hulu sungai Sondosia normal atau berhenti sejenak. Kedua, alat-alat berat yang siang malam stand by segera bekerja memasang gorong-gorong yang jebol di terjang banjir.

BACA JUGA:  Masifkan Program Salam, Pj Gubernur NTB Luncurkan Logo Gili Balu untuk Pariwisata

Jembatan Sondosia saat musim hujan seringkali debit airnya besar, karena muara enam sungai yang ada. Diantaranya Sungai Na’E, Sungai Woro, Sungai Tolonggeru, Sungai Mpuri, Sungai Ncangakai dan Sungai Rasa Nggaro. Air banjir yang membawa tumpukan sampah berupa bambu dan pohon-pohon tumbang tertahan tiang-tiang pancang, mengakibatkan air tidak lancar mengalir. Bahkan acapkali timbulkan banjir di Sondosia.

“Kini dengan terbangunnya Jembatan Sondosia dengan bentang 40 meter dan bangunannya kokoh dan lebih tinggi, dipastikan air sungai lancar mengalir dan tak akan sisakan banjir,” urainya.

BACA JUGA:  Dana Berputar Selama Gelegar Khazanah Ramadhan  Ditaksir Tembus Rp  3 Miliar

Jembatan Sondosia CS (Jembatan Godo V) Sila – Talabiu yang nilai kontraknya Rp 18 Miliar lebih itu, direncanakan selesai pembangunannya pada akhir Bulan Desember 2023. Pengerjaan awalnya dimulai April 2023 silam. Per akhir November 2023, capaian fisik sudah mencapai 80-an persen.

“Menurut pimpinan proyek dilokasi, minggu depan jembatan ini sudah bisa digunakan untuk sepeda motor dan kendaraan ukuran kecil. Rilling serta empat tiang lampu penerang menggunakan tenaga surya di ujung jembatan segera terpasang,” pungkasnya. (EditorMRC)