Erick Tohir : Dari Atraksi Jokowi Naik Moge Hingga Pawang Hujan MotoGP Mandalika

Nama Erick Tohir sebagai Menteri BUMN adalah orang yang paling banyak disebut oleh Rara Pawang Hujan MotoGP Mandalika.

Dialah yang disebut Rara memberikan kepercayaan untuk menjalankan ritual menangkal hujan yang belakangan masih jadi trending topic pasca perhelatan akbar MotoGP Mandalika series yang dimenangkan pembalap Miguel Oliveira.

Beragam spekulasi bermunculan mengingat atraksi menangkal hujan
oleh pawang perempuan asal Bali itu adalah untuk kali pertama dilakukan sepanjang sejarah penyelengaraan MotoGP.

Tak tanggung-tanggung banyak media asing dan bahkan media resmi MotoGP memberikan pujian atas atraksi sang pawang yang mereka sebut berhasil.
Setidaknya sukses membranding MotoGP Mandalika yang mencuri perhatian para pencinta MotoGP di seluruh dunia.

BACA JUGA:  BSM dan Maestro Dalang Sasak Haji Lalu Nasib (Aruman)

Ada yang menyebut kehadiran pawang perempuan dalam sebuah pesta besar apalagi berkelas dunia tidak lebih merupakan gimmick dan strategi marketing tingkat tinggi yang bisa jadi sengaja dilakukan untuk membuat MotoGP Mandalika tampil beda. Mengingat banyak pemerhati budaya menyebut kehadiran pawang perempuan sebagai sesuatu yang tak lazim. Apalagi ritual sang pawang diekspose media dalam dan luar negeri secara besar-besaran terutama pada puncak perhelatan MotoGP Mandalika, Minggu (20/3).

Percaya atau tidak. Itulah kenyataan, kehadiran pawang hujan perempuan itu memang tak murni dihajatkan untuk merekayasa cuaca tetapi lebih memberikan sisi hiburan berbeda yang pada akhirnya mampu membuat opini publik terbelah.

BACA JUGA:  Menyoal Penundaan Migrasi Siaran TV Analog ke Digital di NTB

Sebab senyatanya, kalau sekedar untuk menghalau hujan. Tentu teramat banyak pawang hebat di Gumi Sasak Lombok dan bukankah ada banyak tuan guru pula yang hadir menyaksikan langsung MotoGP sebagai wujud dukungan ikut menyukseskan perhelatan besar itu. Kita yakin saja tokoh spiritual Pulau Seribu masjid mendoakan agar acara berjalan lancar tanpa gangguan. That’s all.

Erick Tohir memang bukan untuk kali pertama membuat kejutan.

Ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018, Erick Tohir yang nota bene dipercaya Presiden Jokowi sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018 juga membuat kejutan.

BACA JUGA:  LSF dan Budaya Sensor Mandiri, Efektifkah?

Atraksi Presiden Jokowi naik mobil gede (Moge) dari istana menuju arena pembukaan Asian Games ditampilkan dengan konsep yang tidak biasa, futuristik dan spektakuler. Atraksi itu menuai pujian terutama dari seluruh negara peserta terutama Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang secara khusus mengundang Erick Tohir untuk menerima penghargaan atas suksesnya Asian Games 2018.

Erick Tohir yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia belakangan diketahui sebagai sosok yang juga meyakinkan Presiden Jokowi atas kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade 2032. Mantap!