Bunda Niken: Perempuan Cerdas, Penentu Kualitas Keluarga dan Masyarakat

MATARAMRADIO.COM – Ketahanan keluarga adalah keluarga yang mampu menghadapi berbagai macam goncangan, masalah, cobaan, sehingga bisa tercapai tujuan berkeluarga yaitu keluarga bahagia sejahtera. Kecerdasan dari para ibu-ibu memegang kunci yang sangat penting.

Demikian diungkapkan, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Niken Saptarini Widiyawati Zulkieflimansyah  pada acara Puncak Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Ke-23 Tahun 2022 di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur pada Rabu (14/12).

Disebutkan, ibu yang cerdas adalah kunci pertahanan keluarga.” Tantangan atau gangguan gangguan kini bukan hanya yang terlihat saja, tapi juga yang tidak terlihat. Karena semua masuk melalui platform HP. Gangguan tersebut terjadi tidak hanya untuk diri sendiri sebagai perempuan tapi juga pada anggota keluarga termasuk anak-anak,”ulas Penasehat DWP Provinsi NTB ini.

BACA JUGA:  Azimah: Jadikan Ramadhan Momentum Membangun Ritual Keluarga yang Baik

Menurutnya, pemilihan yang tepat dalam penggunaan alat-alat digital kepada anak sangat penting untuk diketahui. Mengingat setiap tahapan usia anak mulai dari kecil, SD SMP SMA memiliki tantangan masing-masing. Cara menghadapinya pun berbeda-beda, sehingga Ibu yang cerdas yang mengerti sangatlah penting dalam memagari mereka.” “Sungguh ibu-ibu yang cerdas selalu diperlukan untuk mengetahui apa masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh anak-anak kita di setiap tahapan usianya. Dan tidak hanya anak-anak, kepada bapak-bapak juga kita lihat agar kita tau persoalan apa yang sedang dialaminya”, pesan Bunda Niken

BACA JUGA:  Anda Sulit Lepas dari Ponsel? Waspada 5 Gangguan Mental Ini

Sementara Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Ir. Hj. Lale Prayatni menyatakan bahwa sangat penting bagi semua ibu-ibu yang tergabung dalam keanggotaan dharma wanita persatuan untuk memahami lagi esensi dari sejarah pembentukan organisasi yang memiliki semangat yang sama dengan sejarah hari ibu. Pemahaman akan peran sebagai anggota dharma wanita persatuan akan menjadi model dasar untuk melangkah ke depan untuk maju menjadi penggerak bagi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat. “Kita harus terus mengingat bahwa ibu yang hebat dan perempuan yang cerdas adalah penentu kualitas keluarga dan masyarakat kita”, ungkapnya pada acara yang mengangkat tema membangun perempuan cerdas untuk memperkuat ketahanan keluarga di era digital.

BACA JUGA:  Azimah Ajak Muslimah untuk Tidak Golput dan Menjaga Pemilu Damai

Dikatakan,  momen peringatan HUT DWP ini sekaligus untuk meluncurkan gerakan keluarga cerdas membaca, dengan harapan melalui tema dan gerakan tersebut bisa mengajak seluruh anggota dharma wanita persatuan untuk belajar satu sama lain, untuk terus mengasah keahlian di berbagai bidang kehidupan dan juga tidak lupa mendalami nilai-nilai Pancasila yang menjadi landasan dan pengembangan karakter, sehingga nantinya menjadi panutan di tengah keluarga.(EditorMRC)