Ini Alasan Bupati Sumiatun Bangga dengan Lombok Barat!

Salah satu prestasi membanggakan Kabupaten yang tengah merayakan hari jadinya yang ke-66 tahun 2024 ini adalah keberhasilan meraih predikat WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian.

Bupati Sumiatun dan masyarakat Lombok Barat patut bangga karena untuk meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidaklah mudah. Apalagi diraih 9 kali berturut-turut.”Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada seluruh jajaran sehingga kita dapat meriah prestasi membanggakan seperti Predikat WTP 9 Kali berturut turut, Peningkatan IPM Lombok Barat dan prestasi lainnya”ungkap Hj Sumiatun bangga saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan hari jadi Lombok Barat ke 66 tahun yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Lombok Barat, Rabu (17/4).

BACA JUGA:  Ketahuan Isteri Laki-Laki, Suami Lapor Polisi

Sebagaimana diketahui, pemberian opini merupakan bentuk apresiasi dari BPK atas hasil pemeriksaan laporan keuangan, disamping pemberian rekomendasi lainnya. Laporan keuangan yang disusun oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah merupakan media akuntabilitas keuangan yang disajikan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Sebagai gambaran, di jajaran pemerintah daerah, menyusun laporan keuangan memerlukan perjuangan ekstra. Kelemahan dalam sistem pengendalian intern dan keterbatasan sumber daya manusia yang paham akuntansi pemerintahan sebagai penyebabnya. Keruwetan semakin menjadi karena ditunggangi kepentingan politik legislatif dan eksekutif dalam penggunaan anggaran yang cenderung menabrak aturan. Atas semua itu laporan keuangan harus tetap disajikan secara akuntabel. Ini bukan hal yang mudah.

Tak heran bupati Sumiatun menyampaikan terimakasih atas segala dedikasi dan kerjasama yang baik dari semua jajaran birokrasi dan masyarakat Lombok Barat sehingga Bumi Patut Patuh Patju menorehkan banyak prestasi di tingkat nasional.

BACA JUGA:  Kuripan, Desa Digital Pertama di Lombok Barat

Tema HUT Kabupaten Lombok Barat tahun ini adalah Menuju Lombok Barat SIGAP: Sinergis; Inovatif; Gigih; Amanah; dan Profesional. Tema ini diharapkan menjadi acuan dan panduan untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam bekerja membangun Kabupaten tercinta. “Dengan menanamkan integritas dalam diri untuk bekerja secara Profesional, Gigih, dan Amanah dengan mengembangkan diri dan menjadi Inovatif untuk melahirkan terobosan-terobosan yang dapat mempermudah pelaksanaan pekerjaan dan pelayanan masyarakat; dan
dengan membangun Sinergitas dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lombok Barat”ulas Bupati perempuan pertama di Pulau Lombok ini.

Namun demikian, Bupati Hj Sumiatun juga menyampaikan permohonan pamit kepada semua ASN dan masyarakat Lombok Barat karena bulan ini masa jabatannya sebagai Bupati Lobar akan berakhir. Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat apabila terdapat hal yang tidak memuaskan. Ia meminta kepada semua pihak untuk terus merawat dan menjaga Lombok Barat agar terus berprestasi dan terus maju sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan kepada masyarakat. “Mari kita jaga dan rawat Lombok Barat agar terus berprestasi dan terus maju” ujarnya.

BACA JUGA:  Cuaca Ekstrim, Sebuah Rumah di Mekarsari Terdampak Longsor

Kegiatan Upacara hari jadi Lombok Barat tahun ini terasa sangat spesial karena dihadiri oleh berbagai pihak mulai Penjabat Gubernur NTB, Penjabat Sekda, pejabat propinsi, forkopimda Lobar.

Dalam kegiatan ini juga diberikan sejumlah piagam penghargaan dan piala juara salah satunya untuk Lomba Festival Gema Takbir yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.
Dirgahayu Lombok Barat! (editorMRC)