Semarakkan Senggigi Sunset Jazz, Digelar Pemeriksaan Gigi Gratis Sasar 7500 Orang

MATARAMRADIO.COM – Nuraga Production selaku Penyelenggara Senggigi Sunset Jazz 2022 bekerjasama dengan International College of Dentists (ICD) XV Region 38 (Indonesia), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), Formula Oral Care, Phapros, Universitas Jayabaya, dan Universitas Putra Indonesia-Cianjur menggelar kegiatan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 3 hingga 6 November 2022. Kegiatan pemeriksaan gigi gratis meliputi pelayanan perawatan kesehatan gigi konservasi dan bedah mulut ringan di tujukan untuk 1500 masyarakat umum dan 6000 siswa Sekolah Dasar (SD).

Menurut R M. Sri Hananto Seno selaku Ketua ICD XV Region 38 (Indonesia), kegiatan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi sebagai bentuk bakti pada negeri dari para dokter gigi yang tergabung dalam ICD XV Region 38 dan PDGI.

BACA JUGA:  Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Aruna Senggigi dan PMI Lombok Barat Gelar Aksi Donor Darah

Disebutkan, kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para dokter gigi untuk terjun langsung di masyarakat daerah. “Harapannya dengan terselenggaranya kegiatan ini, masyarakat dan siswa SD di Pulau Lombok dapat memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.” sebutnya dalam siaran pers yang diterima MATARAMRADIO.COM.

Senada, Harianus Zebua selaku Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care) mengatakan, keterlibatan Formula dalam acara ini sebagai sumbangsih produk oral care asli Indonesia untuk mengurangi masalah gigi dan mulut di Indonesia, khususnya di Pulau Lombok.

Masalah gigi dan mulut pada anak-anak dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yang menyokong pertumbuhan bagi anak-anak guna menumbuhkan generasi unggul di masa yang akan datang.“Gigi berlubang masih dialami 93% anak di Indonesia, fakta inilah yang mendorong Formula untuk terus berinovasi agar dapat melindungi gigi anak dan masyarakat Indonesia lebih baik. Masih banyak anak yang belum menyikat gigi dengan benar, asal-asalan, dan sekedarnya. Mereka juga menggunakan sikat dan pasta yang tidak tepat, serta belum memiliki kesadaran memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali,” ucap Harianus.

BACA JUGA:  TFG, Strategi Antisipasi Outbreak Covid

Sementara itu Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid menyatakan dukungannya untuk kegiatan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi dan mulut. Pihaknya siap memfasilitasi terselengaranya kegiatan tersebut.“Sosialisasi kegiatan ini kami lakukan ke pada masyarakat, agar masyarakat mendapatkan manfaat pada kesehatan gigi dan mulut. Harapannya masyarakat dapat menerapkan edukasi pada kesehariannya sehingga kesehatan gigi dan mulut di Kab. Lombok Barat meningkat,” ucap Bupati.

BACA JUGA:  Ini Alasan Bupati Sumiatun Bangga dengan Lombok Barat!

Ketua acara Drg. Moestar Moeslim mengatakan kegiatan pemeriksaan gigi dan edukasi gigi dan mulut kepada masyarakat akan terus berlanjut ke daerah lain. “Hal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Kesehatan gigi dan mulut. Acara pemeriksaan gigi secara gratis di Pulau Lombok ditutup dengan event Senggigi Sunset Jazz 2022 yang bertempat di pantai Senggigi, Lombok,” pungkasnya. (EditorMRC)