Lebih Dekat dengan Maudy Ayunda : Jubir G20 Indonesia

MATARAMRADIO.COM, Jakarta – Pemerintah resmi menunjuk artis dan penyanyi Maudy Ayunda, sebagai Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia.

Pertimbangan penunjukan Maudy adalah, ia merupakan lulusan program sarjana Politics, Philosophy, and Economics University of Oxford dan lulusan Master of Business Administration and Master of Arts in Education dari Stanford University, serta menguasai beberapa bahasa asing, sehingga dinilai dapat membantu Indonesia di forum G20 ini.”Guna mendukung penyelenggaraan komunikasi publik presidensi G20 Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin memperkenalkan saudari Maudy Ayunda sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (31/3/2022).


Sebagai milenial dan public figure, peran Maudy diharapkan dapat menjangkau lapisan masyarakat luas.
“Terutama generasi milenial dan generasi Z,” sebutnya.
Terdapat dua ruang lingkup tugas Jubir Pemerintah untuk G20. 
Pertama, menyampaikan informasi terkait pelaksanaan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi G20 Indonesia yang akan dihadiri oleh para pemimpin anggota G20, para Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.

BACA JUGA:  Opik Semakin Romantis (3)


Kedua, menyiapkan perkembangan pertemuan-pertemuan Working Group, Engagement Group, dan Side Events pada Presidensi G20 Indonesia secara rutin.
Sehingga, masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia dapat mengikuti perkembangan dan substansi agenda Presidensi G20 Indonesia.


Menurutnya, kegiatan sosialisasi dan promosi Presidensi G20 Indonesia perlu dilakukan secara optimal demi mewujudkan suksesnya Presidensi G20 Indonesia, baik dari segi substansi maupun penyelenggaraan keketuaan G20.
“Momentum Presidensi G20 ini merupakan wujud kepercayaan kepada Indonesia dari para pemimpin negara ekonomi terbesar di dunia. Oleh karena itu, kesempatan ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, untuk kepentingan masyarakat global dan secara khusus untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia,” tandasnya.

BACA JUGA:  IPDA Lalu Rusmaladi dan Kisah Inspektur Vijay

Tentang Maudy Ayunda

Nama lengkapnya Ayunda Faza Maudya, B.A., M.A., M.B.A. 

Akrab dipanggil Maudy Ayunda. Lahir di Jakarta, 27 tahun lalu tepatnya 19 Desember 1994. Ia dikenal sebagai aktris, model, aktivis, penulis dan penyanyi.

Maudy merupakan putri dari pasangan Didit Jasmedi R. Irawan dan Muren Murdjoko. Ia memiliki seorang adik bernama Amanda Khairunnisa.

Maudy memiliki hobi membaca dari kecil, ia belajar membaca di usia 3 tahun. Maudy bersekolah di Mentari Intercultural School, yang awalnya ia memiliki kendala bahasa saat bersekolah di sana. Ia mengaku harus beradaptasi menggunakan bahasa Inggris sedangkan saat itu ia hanya terbiasa dengan bahasa Indonesia dan Jawa.

BACA JUGA:  Lebih Dekat dengan Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan yang Bangga Jadi Anak Petani

Setelah penampilan debutnya di film Untuk Rena, Maudy berhenti sejenak di dunia hiburan dan fokus pada pendidikannya. Saat SMP dan SMA, ia aktif di berbagai kegiatan sekolah dan organisasi. Maudy juga pernah menjabat sebagai ketua OSIS di sekolahnya.

Setelah lulus SMA, Maudy diterima di Universitas Oxford, Inggris dan mengambil jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics). Maudy memulai studinya bulan September 2013 dan lulus pada tahun 2016.

Pada tahun 2019, Maudy berencana melanjutkan S2. Ia berhasil diterima di dua universitas ternama dunia yaitu Universitas Harvard dan Universitas Stanford. Ia memutuskan untuk kuliah di Universitas Stanford dan lulus pada tahun 2021 dengan gelar ganda untuk jurusan bisnis (M.B.A.) dan pendidikan (M.A.).(EditorMRC)