Menteri Datang, Gubernur Senang

Dalam sepekan terakhir, NTB kedatangan Menteri Agama dan Wakil Menteri Pertanian. Tentu saja, kedatangan dua pembantu Presiden Jokowi itu, adalah dalam rangka kunjungan kerja.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qumas sendiri punya sejumlah agenda.Salah satunya adalah meninjau lokasi pembangunan Kampus Islam Negeri IAIN Bima yang berlokasi di Sambinae Kota Bima. Kampus tersebut sebagaimana disampaikan Gubernur NTB DR Zulkieflimansyah diproyeksikan menjadi cikal-bakal terbentuknya Universitas Islam Negeri (UIN) Bima di masa depan. Secara khusus Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas perjuangan tokoh-tokoh penting NTB asal Bima di Jakarta, juga Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Bima, para akademisi hebat, tokoh agama dan tokoh masyarakat atas segala dukungan dan dedikasinya sehingga Kampus Negeri IAIN Bima dapat terwujud. Dia menyebut hal itu sebagai sebuah pencapaian luar biasa dari satu perjalanan panjang yang selalu dimulai dari langkah pertama.

Bagi Pak Gubernur, pembangunan IAIN Bima tentu saja merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dan sejalan dengan visi misi Pemerintah daerah mencetak Sumber Daya Manusia yang tangguh, bersaing dan berakhlak mulia menuju NTB Gemilang.
Lain Menteri Agama, lain pula Wakil Menteri Pertanian. Kunjungan Wakil Menteri Pertanian kali ini,salah satunya adalah meninjau lokasi pabrik pakan ternak pada STIP Banyumulek Lombok Barat. Keberadaan Science Technology and Information Park atau STIP memang menjadi salah satu terobosan Pemprov NTB dalam mendukung program Industrialisasi di daerah ini.

BACA JUGA:  Negara Kesejahteraan      

Gubernur bahkan kerap menyebut STIP sebagai wadah untuk membantu UMKM NTB yang selama ini kurang modalnya serta memiliki pasar yang terbatas.

Kehadiran STIP, kata Gubernur dimaksudkan juga untuk membantu menyediakan tempat, pelatihan, mencarikan pasar, mencari teknologi yang tepat. Sehingga, ketika dua tahun atau tiga tahun di STIP, mereka keluar bisa menjelma menjadi pengusaha hebat.
STIP ini dimaksudkan untuk mendorong terlaksananya inkubasi bisnis, inovasi dan pengembangan teknologi, kerjasama dan bisnis proses dan eduwisata teknologi. Gedung inkubasi ini merupakan wadah untuk memfasilitasi pelajar, mahasiswa yang ingin menekuni bisnis dalam bidang permesinan, industri olahan, industri kreatif, IT dan software development. Maka kunjungan pejabat negara seperti Wakil Menteri Pertanian tentu merupakan dampak positif bagi eksistensi STIP.

BACA JUGA:  PPKM Darurat dan Jalan Ekonomi

Agenda lain Pak Wamen Pertanian juga melihat dari dekat perkembangan kemajuan pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika yang akan menjadi tuan rumah ajang balap motor kelas dunia MotoGP 2021. Sayang kunjungan Pak Wamen Pertanian ke arena balap motor tersebut sempat viral dan menuai pro kontra di media sosial. Ada yang menilainya biasa saja, tetapi tak sedikit yang menganggapnya sebagai kunjungan yang tidak tepat dan tidak ada relasi serta korelasinya dengan tupoksi Pak Wamen yang seharusnya mengunjungi petani yang sedang mengeluh dan menjerit karena masalah pupuk yang memusingkan mereka.
Terlepas dari kontroversi tersebut, kunjungan kerja Pejabat negara ke NTB dalam sepekan terakhir patut diapresiasi karena memberi dampak positif bagi kelanjutan denyut nadi pembangunan NTB yang teru mengejar ketertinggalannya dan bisa sejajar dengan daerah lain.
Kunjungan kerja Menteri Agama dan Wakil Menteri Pertanian sekaligus berakhir pekan dengan keluarga juga menjadi sinyal dan energi positif bagi denyut nadi pariwisata NTB yang terus berinovasi dengan pandemi Covid 19. Bahwasanya NTB siap menerima kunjungan wisatawan dengan standar protokol kesehatan yang ketat. Sehingga ucapan terimakasih Pak Gubernur atas kunjungan para menteri merupakan juga ungkapan perasaan gembira warga NTB. Seperti Pak Gubernur mengungkapkan isi hatinya di jagat maya atau media sosial. “Selamat kembali ke Jakarta Pak Menteri Agama. Terima kasih sudah menghabiskan waktu di NTB bersama keluarga weekend ini. Semoga Allah terus memberikan kesehatan dan keberkahan hidup bagi kita semua,’ demikian Gubernur. (*)

BACA JUGA:  Babak Baru Perjalanan NW

Foto utama : Bincang santai Bang Zul dan Pak Menteri Agama Yaqut Cholil Qumas yang menggelar kunker dan berakhir pekan bersama keluarga di Lombok NTB l foto: Twitter Bangzul_ntb