Prediksi Petahana Dominasi Caleg Terpilih Dapil 3  DPRD Kota Mataram Versi Real Count KPU Terkini

Lagi-lagi Partai Golkar  untuk sementara masih unggul di posisi teratas perolehan suara legislatif DPRD Kota Mataram Dapil 3 berdasarkan hasil hitung langsung sementara (real count) KPU hingga Jumat (23/2). Total suara yang masuk sebanyak 118 dari 250 TPS  atau mencapai 47.20%.

Partai Golkar meraih  4.030 suara. Menyusul posisi kedua dihuni Partai Keadilan Sejahtera dengan  2.716 suara, posisi ketiga dipegang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 1.801 suara, Partai Amanat Nasional di posisi keempat dengan 2.227 suara, Partai Gerakan Indonesia Raya  dengan 2.197 suara di posisi kelima. Selanjutnya posisi keenam dipegang Partai Hati Nurani Rakyat dengan raihan 1.802 suara,  Partai Demokrat di posisi ketujuh dengan 1.728 suara dan posisi kedelapan ditempati Partai Persatuan Pembangunan dengan 1.436 suara.

BACA JUGA:  Berebut 9 Kursi DPRD NTB Dapil 3 Lotim, Siapa Juara?

Mengacu pada  Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024, disebutkan bahwa jumlah kursi untuk DPRD Kota Mataram Dapil 3 sebanyak 8 kursi.

Berdasarkan hasil perolehan suara 8 besar partai yang memperoleh suara terbanyak, maka penentuan kursi dengan menggunakan metode Saint League menghasilkan beberapa nama yang berpotensi terpilih dan melenggang ke Gedung  DPRD Kota Mataram Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Ampenan.

BACA JUGA:  Mahfud Akan Kampanye di NTB, Parpol dan Relawan Optimis Ganjar-Mahfud Menang

Prediksi  8 Caleg Terpilih DPRD Kota Mataram Dapil 3

Adapun nama-nama Calon legislatif dengan raihan suara tertinggi yang diprediksi akan melenggang ke DPRD Kota Mataram   Dapil 3 antara lain:

1.  Hj. ZAITUN, S.H. (Partai Golkar)            1.670   suara

2. Hj. ISTININGSIH, S.Ag. (PKS)           1.194  suara

3. NYAYU ERNAWATI, S.Sos.(PDIP) 1.099 suara

4. AHMAD AZHARI GUFRON, S.Si. (PAN)         1.001 suara

5.  H. MUHTAR, S.H. (Partai Gerindra)       606 suara

6. MISBAN RATMAJI, S.E. (Hanura)          1.443 suara

7. Hj. DIAN RACHMAWATI, S.Sos. (Partai Demokrat)     895 suara

8. H. WEIS ARQURNAIN, Lc. (P3)            865 suara

BACA JUGA:  Mendagri:Tak Ingin Pilkada Jadi Ajang Persebaran Covid 19

Untuk diketahui hasil yang ditampilkan KPU ini merupakan hitungan langsung (real count), namun bukan hasil akhir Pemilu 2024. Proses penghitungan suara oleh KPU masih berjalan untuk menentukan jumlah kursi yang diperebutkan para caleg.

KPU menyatakan publikasi form model C/D hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan memudahkan akses informasi publik.

KPU juga menyatakan penghitungan suara yang dilakukan oleh KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Perkembangan hasil real count KPU terkini untuk DPRD Kota Mataram Dapil 3 dapat dilihat di sini. (editorMRC)