Vyjayanthimala: Si Ratu Tari Bollywood yang Meraih Anugerah Padma Vibhushan 2024 

Pemerintah India baru saja mengumumkan para penerima  Anugerah Padma Vibhushan, penghargaan sipil tertinggi kedua di negara ini, tepatnya pada malam Hari Kemerdekaan India, 26 Januari 2024 lalu. Aktris Vyjayanthimala Bali termasuk di antara penerima Padma Vibhushan.  

News9Live.com menyebutkan, Vyjayanthimala Bali memulai karir aktingnya di industri perfilman Tamil India pada tahun 1949. Ia memulai debutnya di sinema Bollywood dengan membintangi film Bahar (1951). Namun dia memantapkan karirnya di Bollywood setelah sukses membintangi film laris Nagin tahun 1954.  

BACA JUGA:  Lebih Dekat dengan Sonu Nigam: Penyanyi Pria Bollywood Paling Sukses dan Populer

Vyjayanthimala mendapat pujian kritis atas penampilannya sebagai Chandramukhi di Devdas. Ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Pendukung Terbaik di Devdas, namun ia menolak menerima penghargaan tersebut, karena ia memainkan peran utama.  

Vyjayanthimala kemudian memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik untuk perannya dalam Sadhna, Gunga Jumna, Sangam.  Keterampilan menari Vyjayanthimala yang luar biasa membuatnya menonjol dari aktris Bollywood lain pada masanya dan produser film memastikan urutan tarian dalam film-film yang ia perankan. Keahliannya dalam gerakan tangan dan gerak kaki yang gesit membuatnya mendapat julukan menawan ‘Twinkle Toes’. Dia adalah salah satu aktris dan penari terbaik di sinema India. 

BACA JUGA:  O Maahi dan Lutt Putt Gaya, Dua Lagu OST‘Dunki’ Shah Rukh Khan  Makin Mendunia
Vyjayanthimala untuk terakhir kali bermain dalam film berjudul Ganwaar pada tahun 1970

Film yang Dibintangi Vyjayanthimala

 Vyjayanthimala bekerja di lebih dari 66 film, bersama beberapa aktor termasuk Raj Kapoor, Dilip Kumar, Dev Anand dan Rajendra Kumar. Film terkenal lainnya termasuk Madhumati, Amrapali, Suraj, Hatey Bazarey, Sunghursh, Prince. Ganwaar (1970) adalah film India terakhir yang dibintanginya. Dia mendapat tempat di industri Bollywood pada saat Meena Kumari, Madhubala, Nargis dan Nutan sudah menarik hati penikmat film India.

Dia adalah aktris dengan bayaran tertinggi pada masanya dan dianggap sebagai “superstar wanita pertama” dan “Megastar” sinema India. 

BACA JUGA:  Yang Ditunggu-tunggu! Aishwarya Rai Bachchan akan Tampil di Podcast Ponakannya Navya Nanda  
Amrapali, film yang dirillis tahun 1966. Menampilkan Vyjayanthimala sebagai Ratu Tari bersama Sunil Duth

Ratu Tari Bollywood 

Aktris kawakan ini memiliki pesona abadi sebagai satu-satunya aktris Bollywood yang mempunyai keahlian membawakan tarian klasik India. Vyjayanthimala terlihat menghebohkan dunia maya setelah videonya membawakan Bharatnaytam pada ulang tahunnya yang ke-90 tahun lalu menjadi viral. Dia dianugerahi Padma Shri oleh Pemerintah India pada tahun 1968. Dia juga penerima Penghargaan Sangeet Natak Akademi. 

Padma Vibhushan 2024 

Padma Vibhushan adalah penghargaan sipil tertinggi kedua di negara tersebut. Penerima Penghargaan Padma Vibhushan lainnya adalah mantan wakil presiden M Venkaiah Naidu, aktor Chiranjeevi, Mithun Chakraborty, Padma Subramanyam, dan mendiang pekerja sosial Bindeshwar Pathak. Selamat!