Mithun Chakraborty Terima Anugerah Padma Busan 2024, Ini Profil Lengkapnya! 

Penghargaan kali ini diberikan bersamaan dengan peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik India pada Jumat (26/1). Mithun Chakraborty merupakan salah satu aktor legendaris India yang membintangi tidak kurang dari 350 judul film. Berikut profil lengkapnya! 

Aktor Multitalenta

Mithun Chakraborty dikenal sebagai aktor multitalenta, produser & politikus India. Nama asli Mithun Chakraborty adalah Gouranga Chakraborty.

Dia merupakan aktor film veteran yang mapan dan kuat. Ia juga dikenal dengan panggilan akrab Mithun Da. Selain aktor ia juga seorang penari, penyanyi, produser, penulis, pekerja sosial & pengusaha.

Dia bekerja terutama di film-film Hindi & Bengali. Mithun Chakraborty juga mantan Anggota Parlemen Rajya Sabha. Ia menerima dua Penghargaan Filmfare dan tiga Penghargaan Film Nasional.

Pada tahun 1976, ia melakukan debut aktingnya untuk film pertamanya Mrigayaa. Dia menerima Penghargaan Film Nasional pertamanya untuk Aktor Terbaik untuk film drama tersebut. Pada tahun 1982, dia mendapat  peran utama dalam film Disco Dancer yang belakangan melegenda itu.

Film Disco Dancer sukses secara komersial di India dan Uni Soviet. Selain Disco Dancer, ia dikenal karena penampilannya pada film Surakksha, Sahhas, Wardat, Wanted, Boxer, Pyar Jhukta Nahin, Pyari Behna, Avinash, Dance Dance, Prem Pratigyaa, Mujrim, Agneepath, Yugandhar, The Don, dan Jallaad.

Pada tahun 1991, Mithun Chakraborty menerima Penghargaan Filmfare untuk Aktor Pendukung Terbaik dalam film Agneepath. Kemudian pada tahun 1992 & 1998, ia memenangkan dua Penghargaan Film Nasional lagi atas penampilannya di Tahader Katha & Swami Vivekananda.

Dia telah tampil di lebih dari 350 film dalam format Bengali, Hindi, Odia, Bhojpuri, Tamil, Telugu, Kannada, dan Punjabi.

Pada tahun 1989, ia menjadi pemegang rekor di Limca Book of Record karena merilis 19 film sebagai aktor utama. Hingga November 2021, rekornya masih belum terpecahkan di Bollywood.

Mithun Chakraborty memiliki Grup Monarch; terkenal dengan sektor perhotelan & pendidikan. Ia juga memulai rumah produksi bernama Paparatzy Productions.

Bersama Dilip Kumar & Sunil Dutt, ia mendirikan yayasan untuk membantu aktor yang membutuhkan bernama Cine & TV Artist Association (CINTAA) pada tahun 1992. Ia adalah ketua dari Film Studios Setting & Allied Mazdoor Union.

Itu seharusnya menjaga kesejahteraan pekerja bioskop & menyelesaikan tuntutan & masalah mereka.


Acara TV Dance India Dance telah masuk dalam Limca Book of Records & Guinness World Records, di acara itu Mithun adalah Grand Master.

Ia memainkan peran penting sebagai mediator antara Pranab Mukherjee dan Mamata Banergee selama pemilihan presiden 2012.

Kehidupan Pribadi

Mithun Chakraborty lahir pada 16 Juli 1950 di Kolkata, Benggala Barat, India. Basanta Kumar Chakraborty & Shanti Rani Chakraborty adalah orang tuanya.

Ia menyelesaikan pendidikan sekolahnya dari Seminari Oriental. Setelah itu Mithun menyelesaikan B.Sc. dalam bidang Kimia dari Scottish Church College di Kolkata.

BACA JUGA:  Ajay  Devgan Bagikan Poster Film Terbarunya Maidaan yang Bakal Rilis Lebaran Mendatang  

Kemudian, ia lulus dari Institut Film & Televisi India, Pune. Dia adalah seorang Naxalite sebelum memasuki dunia film.

Setelah kematian saudara laki-lakinya dalam kecelakaan yang aneh, dia kembali ke keluarganya dan meninggalkan kelompok Naxalite. Selama itu, ia berteman dengan tokoh Naxal populer Ravi Ranjan.

Pada tahun 1979, Mithun Chakraborty menikah dengan aktris Helena Luke. Baru empat bulan menikah, mereka berpisah dan mengajukan gugatan cerai.

Di tahun yang sama, ia kembali menikah dengan aktris Yogeeta Bali. Pasangan ini memiliki tiga putra (Mimoh, Namashi & Ushmey) & seorang putri angkat Dishani.

Karier Mithun Chakraborty

Pada tahun 1976, Mithun Chakraborty membuat debut Bollywoodnya dengan film pemenang Penghargaan Nasional Mrinam Sen, Mrigayaa. Dia memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk Aktor Terbaik untuk film itu.

Setelah itu ia memainkan beberapa peran kecil dalam film seperti Do Anjaane, Phool Khile Hain Gulshan Gulshan dll. Prem Vivah adalah salah satu film penting dari tahun 1970.

Film sukses besar pertamanya adalah Mera Rakshak pada tahun 1978. Pada tahun 1979, ia menjadi bintang melalui film beranggaran rendah Surakshaa. Setelah kesuksesan film itu mendapat banyak peluang.

Pada 1980-an ia membuat beberapa film seperti Humse Badhkar Kaun, Hum Se Hai Zamana dan Woh Jo Hasina. Dia membintangi lebih dari 110 rilisan selama waktu itu.

Pada tahun 1980, ia memerankan Bheema dalam film multi-bintang Hum Paanch. Pada tahun 1980, dia memainkan peran ganda dalam Taxi Chor untuk pertama kalinya. Kemudian dia melakukan hal yang sama untuk lebih dari 19 film.

Mithun Chakraborty menjadi bintang super dengan filmnya yang paling terkenal Disco Dancer. Hal ini juga memperluas popularitasnya ke Rusia.

Film ini mengukuhkannya sebagai bintang penari. Sekali lagi dia membuat beberapa film musikal sukses seperti Kasam Paida Karne Wale Ki, Dance Dance & Commando.

Pada tahun 1985, Pyar Jhukta Nahin adalah film super hitnya. Di tahun yang sama, ia juga mendapat apresiasi atas filmnya Ghulami. Pada tahun 1986, ia menjadi pembayar pajak tertinggi di India.

Dia memproduksi  beberapa drama keluarga yang sukses seperti Mujhe Insaf Chahiye, Ghar Ek Mandir, Swarg Se Sunder & Pyar Ka Mandir.

Selama tahun 80an ia membuat beberapa film komedi seperti Shaukeen, Pasand Apni Apni, Baat Ban Jaye dll. Film aksinya adalah Jagir, Jaal, Dilwala, Muddat, Watan Ke Rakhwale, Jeete Hain Shaan Se, Ilaaka, Guru dll.

Film-film ini adalah filmnya yang paling sukses secara komersial hingga saat ini. Dia tidak mendapatkan penghargaan apa pun pada tahun 1986 & 1987 karena Penghargaan Filmfare tidak diumumkan karena alasan teknis.

Pada tahun 1989, Mithun Chakraborty memiliki rekor 19 film, termasuk super hits seperti Ilaaka, Mujrim, Prem Pratigya dan Daata, dan hits seperti Ladaai, Guru dan Bees Saal Baad.

Dia membuat debut sinema Bengali dengan Nadi Theke Sagare pada tahun 1979. Film tersebut sukses besar di box office. Pada 1980-an, ia membuat tiga film blockbuster bernama Kalankini Kankabati (1981), Troyee (1982) dan Anyay Abichar (1985).

BACA JUGA:  Wow! Jennifer Lopez dan Ben Affleck Beli Rumah Mewah Isha Ambani di Los Angeles Seharga 61 Juta Dollar Amerika

1990-1999

Dia memiliki lebih dari 100 rilisan selama tahun 90an. Beberapa diantaranya adalah Agneepath, Shandaar, Gunahon Ka Devta, Pyar Ka Devta, Trinetra dan Mere Sajana Saath Nibhana dll. Agneepath memenangkannya Filmfare untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Pada tahun 1992, ia menerima Penghargaan Film Nasional untuk Aktor Terbaik untuk film Bengali Tahader yang mendapat pujian kritis.

Setelah itu dia istirahat dari Mumbai & pindah ke Ooty bersama keluarga. Di sana ia membangun hotel The Monarch.

Kemudian dia hanya membuat film yang pengambilan gambarnya di Ooty & lokasi terdekat. Dia mengalihkan fokusnya ke film beranggaran rendah.

Mithun Chakraborty berakting di Dalaal, Phool Aur Angaar, Ravan Raaj: A True Story dan Shapath sebagai film beranggaran rendah. Pada tahun 1995, ia menerima Penghargaan Penjahat Terbaik Filmfare & Penjahat Terbaik Penghargaan Layar Bintang untuk filmnya Jallad.

Produksinya populer sebagai Rumah Impian Mithun. Karena dia berakting di sekitar 51 film sekaligus, maka dia tidak bisa berakting dalam film Tamil Iruvar karya Mani Ratnam.

Seperti di film itu dia harus memotong rambutnya. Selama itu, ia memegang rekor tampil di film Hindi terbanyak sebagai pemeran utama.

Mithun Chakraborty menerima Penghargaan Nasional ketiganya sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya dalam Swami Vivekananda pada tahun 1998.

Selama tahun 1998 & 1999, overdosis rilisannya memengaruhi filmnya sendiri, karena ada hampir 30 rilis selama periode tersebut.

Dari tahun 1995 hingga 1999, dia adalah pembayar pajak tertinggi di negara tersebut. Terbukti bahwa Mithun adalah seorang pengusaha lebih dari seorang bintang.

Ketika pembuat film beranggaran rendah memberikan haknya kepada Mithun. Dia mengelola hotel di Masinagudi dan Ooty di Tamil Nadu, Mysore, Siliguri dan Kolkata. Dia berkonsentrasi pada film-film Bangali. Pada tahun 1999, dia masuk Guduya & pada tahun 2002 di Titli.

2000-2019

Selama tahun 2000-an rumah produksinya, Mithun’s Dream Factory, terus menarik penonton. Pada tahun 2002, ia tampil di Sipahi Hindustan.

Pada tahun 2005, ia kembali ke industri film arus utama Hindi dengan film Elaan. Dia membintangi Guru Mani Ratnam, setelah beberapa peran pendukung dalam Lucky: No Time for Love & Dil Diya Hai.

Pada tahun 2005, Mithun Chakraborty terkenal karena peran jahatnya di Chingaari. Filmnya Zor Lagaa Ke…Haiya! Memenangkan banyak penghargaan pada tahun 2009.

Pada tahun 2009, dia berperan dengan Dimple Kapadia di Phir Kabhi. Itu ditayangkan perdana melalui rilis DTH. Ia memenangkan sebanyak enam penghargaan dalam banyak kategori di Los Angeles Reel Awards.

Pada tahun 2006 & 2007, Mithun Chakraborty membintangi MLA Fatakeshto & Minister Fatakesho, keduanya adalah blockbuster. Sekali lagi pada tahun 2008, dia berkolaborasi dengan Buddhadeb Dasgupta untuk Kaalpurush dan kemudian muncul di film Shukno Lanka dan Target:

Misi Terakhir. Ia menerima Penghargaan & nominasi Film Nasional atas penampilannya di Mrigaya, Tahader Katha, Kaalpurush dan Titli.

Dia memulai debutnya di film Nhojpuri Bhole Shankar, itu dianggap sebagai film Bhojpuri terbesar.
Film Odia-nya Ae Jagara Krushna Sudma bersama Uttam Mohanty juga sukses besar.

BACA JUGA:  Penggemar Kecewa, Shah Rukh Khan  Gagal Meraih Aktor Terbaik Hyundai Filmfare Awards 2024  

Handa dan Bhonda, Nobel Chor dan Le Halwa Le adalah lagu hits Bengali terakhirnya. Dia juga berakting di Veer, Golmaal 3, Housefull 2, OMG-Oh My God & Khiladi 786.

Mithun Chakraborty juga membintangi Boss, Kick dll. Dia berakting dalam film Telugu Gopala Gopala & film Tamil Yagavarayinum Naa Kaakka.

Jole Jongole Bengali miliknya dirilis pada Februari 2017. Dia melakukan debutnya di Kannada dengan The Villain bersama Shiva Rajkumar & Sudeep.

2020-sekarang

Film horornya yang tertunda, 12 ‘O’ Clock, dirilis pada Januari 2021. Seri web pertamanya Buku Terlaris dirilis pada 18 Februari untuk Amazon Prime.

Pada 1 Maret 2022, film terbaru Mithun Chakraborty, The Kashmir Files , dirilis di seluruh dunia dan sukses menjadi blockbuster box office. Bayaran Mithun Chakraborty sekitar Rs 1,5 crore untuk perannya sebagai IAS Brahma Dutt.

Karir Televisi

Setelah sukses dengan reality show tari Bengali Dance Bangla Dance, Mithun mengembangkan konsep Dance India Dance.

Itu adalah acara kompetisi tari India di Zee TV. Ini menjadi reality show berbasis tari terbesar di India. Terrence Lewis, Remo D’Souza dan Geeta Kapoor menjadi juri acara itu.

Mithun Chakraborty adalah ketua juri acara itu. Dia juga merupakan Grand Master Dance India Dance Li’l Masters.

Bahkan dia menjadi pembawa acara reality show Dadagiri Unlimited di Zee Bangla. Untuk pertunjukan itu, dia menggantikan Sourav Ganguly sebagai pembawa acara.

Dia juga menjadi pembawa acara Bigg Boss versi Bengali di ETV Bangla. Untuk Dance Dance Jounio karya Star Jalsha, ia tampil sebagai juri bersama dengan aktor Tollywood Soham & Srabanti Chatterjee.

Dia juga tampil sebagai juri bersama Karan Johar & Parineeti Chopra di Hunarbaaz: Desh Ki Shaan. Ini ditayangkan perdana di Colors TV mulai Januari 2022.

Karir politik

Mithun Chakraborty bergabung sebagai Anggota Parlemen saat ia dinominasikan untuk pemilihan Anggota Parlemen Rajya Sabha oleh Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee untuk Kongres Trinamool Seluruh India (TMC) dalam Jajak Pendapat Majelis Rajya Sabha Benggala Barat.

Tiang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2014. Pada tanggal 7 Maret 2021, ia bergabung dengan Partai Bharatiya Janata (BJP) di hadapan PM Narendra Modi & Kailash Vijayvargiya.

Duta Merek: Pada akhir tahun 1980-an Mithun Chakraborty menjadi duta merek elektronik Panasonic. Ia juga merupakan wajah dari pendaftar domain internet & perusahaan hosting web GoDaddy & Channel 10, sebuah unit dari Bengal Media Pvt. Ltd Dia juga merupakan wajah Pinjaman Emas Mannappuram untuk negara bagian Benggala Barat.

Penerima Padma Busan 2024 Atas segala prestasi yang dicapainya selama menjadi artis, Pemerintah India memberikan anugerah Padma Busan 2024. Ini merupakan pencapaian anugerah tertinggi kalangan sipil yang diberikan Pemerintah India kepada 132 penerima penghargaan serupa dari berbagai latar belakang. Selain Mithun Chakraborty, rekan sesama seniman yang meraih Anugerah Padma Busan tahun ini antara lain Vyjayantimala, Chiranjeevi,  penyanyi Usha Uthup dan komposer Pyarelal Sharma. Selamat dan Sukses! (editorMRC)