Sering Terjadi di Musim Hujan, Begini Cara Hilangkan Bau Apek Karena Lembab

MATARAMRADIO.COM – Curah hujan yang tinggi mengakibatkan rumah kita menjadi lebih lembap. Kelembapan saat musim hujan juga menghasilkan bau apek yang aneh di dalam ruangan.

Dikutip dari News.com.au, Rabu (28/12), pada dasarnya, saat kelembapan tinggi, jamur dapat berkembang biak di permukaan. Jamur bahkan dapag berkembang di tempat yang paling tidak terduga seperti di dalam lemari.

Dengan demikian, penyebab bau apek di dalam rumah adalah kualitas udara yang terganggu.

BACA JUGA:  Inilah 10 Bintang Hollywood Yang Masih Berkarir di Usia Tua

Menurut Better Health Channel, atap dan dinding yang bocor, kondensasi dari memasak, mandi, menjemur pakaian, dan ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk dapat mendorong pertumbuhan jamur di dalam ruangan.

Cara menghilangkan bau apek di rumah saat musim hujan

Dilansir Times of India, ada beberapa cara menghilangkan bau apek dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, hingga ruang cuci selama musim hujan, antara lain sebagai berikut.

  1. Gunakan kopi bubuk
BACA JUGA:  Anak Anda Hobi Bersosial Media? Waspadai Tipu Daya Daring (Online Grooming) Melalui Media Sosial

Biarkan kopi yang baru digiling dalam wadah terbuka di dalam lemari dan bau apek akan hilang.

  1. Campuran hidrogen peroksida

Untuk menghilangkan bau dan jamur, seperti di gudang atau di kamar mandi, campurkan satu bagian hidrogen peroksida 3 persen dengan dua bagian air. Masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan area tersebut.

Diamkan selama satu jam atau lebih sebelum dibilas.

  1. Cuka dan soda kue

Cuka yang dikombinasikan dengan soda kue adalah penyegar saluran air yang ampuh.

BACA JUGA:  Empat Plus Enam Seputar Cinta Tanpa Syarat pada Anak

Anda juga bisa memasukkan cuka ke dalam botol semprot dan menggunakannya sebagai penyegar udara alami, cuka akan menguap dan bau cuka juga hilang). Atau, letakkan secangkir cuka di dapur untuk menyerap bau masakan.

  1. Minyak esensial

Essential oil atau minyak esensial dalam alat diffuser, jika dicampur dengan air, mengharumkan seluruh ruangan, memberikan kesan segar. Sebaiknya coba serai, apel, kayu manis, atau lavender. (EditorMRC)