Indeks Kebudayaan NTB, Tiga Besar Nasional

MATARAMRADIO.COM – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Nusa Tenggara Barat ke 64, ratusan pelajar se NTB mengikuti parade dan gelar budaya di lapangan kantor Bupati Lombok Utara, Tanjung, Ahad (11/12).”Budaya kita indah. Dan kebudayaan adalah ciri khas yang membedakan kita dengan yang lain”, ujar Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah MPd.

BACA JUGA:  Gubernur Buka Rahasia Hidup Tenang

Seluruh keindahan tradisi dan budaya ini sekuat mungkin dipelihara dan dicintai oleh generasi muda sebagai pondasi semaju apapun perkembangan budaya dunia.
Oleh karena itu, ikhtiar mengenalkan dan mengembangkan kebudayaan harus dimulai sejak usia sekolah agar tidak hanya digelar dan diparadekan tapi mengakar dan hidup dalam keseharian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Dr Aidy Furqan mengatakan, parade dan gelar budaya ketiga ini akan rutin dilakukan sebagai upaya menaikkan indeks kebudayaan. NTB saat ini masuk dalam lima besar nasional.

BACA JUGA:  Dakwah Nusantara, Cara Mencintai NKRI

“Skor kita peringkat tiga setelah DIY dan Bali. Parade dan gelar budaya ini salah satu agenda pemajuan kebudayaan kita di NTB”, jelasnya.

BACA JUGA:  Makam Loang Baloq Ramai Diziarahi

Rangkaian kegiatan Gelar Budaya berlangsung hingga Selasa (13/12) depan dengan kegiatan lomba, pameran produk base learning SMK, ekspresi budaya dan puncaknya penganugerahan kebudayaan.

Diikuti oleh pelajar, dinas, organisasi dan kelompok masyarakat seniman dan budayawan dari sepuluh kabupaten/ kota, NTB berharap dapat terus melakukan pemajuan kebudayaan dari tahun ke tahun. (EditorMRC)