Ketika IKA SMANSABAYA Ingin Jadi Trendsetter!

MATARAMRADIO.COM – Untuk kali pertama dalam sejarah pembentukan ikatan alumni SMA di NTB , pengurusnya  dikukuhkan oleh Gubernur. Adalah Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya Lombok Timur atau IKA SMANSABAYA yang dikukuhkan langsung Gubernur NTB  Dr. H Zulkieflimansyah MSc. Inilah fenomena baru pembuktian eksistensi ikatan alumni bahwa IKA SMANSABAYA ingin jadi trendsetter  bukan follower.

Gubernur NTB sendiri mengakui hal ini ketika memberi sambutan usai mengukuhkan pengurus pusat Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya pada Sabtu (19/11). “Ini akan menjadi preseden, bahwa akan ada Alumni SMA seluruh NTB akan dilantik Gubernur NTB, dan itu dimulai dari SMA Negeri 1 Pringgabaya ini,”ungkapnya yang disambut tepuk tangan para alumni dan tamu undangan yang hadir.

Yang paling penting, kata Gubernur,  kehadiran Alumni IKA SMA harus menjadi bahan refleksi menyemangati siswa siswi di sekolah tersebut, apalagi banyak alumni yang sukses, menceritakan bahwa dari sekolah ini muncul orang terkenal, orang-orang besar yang akan merubah wajah Lombok Timur ini, Nusa Tenggara Barat bahkan wajah dunia di masa yang akan datang” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan pentingnya keberadaan Ikatan Alumni di setiap sekolah untuk memperkuat tali silaturrahim dan memperluas jaringan. “Alumni harus bisa merangkul, memberikan semangat kepada peserta didik yang masih sekolah untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi,” ungkap Doktor Ekonomi Industri Department of Economics University of Strathclyde UK tersebut. Kepada semua guru yang hadir,

Gubernur berpesan untuk mendidik siswa seperti anak sendiri. Karena dengan itu semua, keberkahan akan selalu mengalir dan peserta didik juga santai saat menerima ilmu yang diberikan. “Jadikan peserta didik layaknya anak kita sendiri, karena belum tentu, siswa yang nakal hari ini, menjadi nakal selamanya,” pesan Gubernur pada Sabtu, 19 November 2022. Gubernur berkisah, di salah satu sekolah, ada anak yang nakal sekali saat di bangku SMA. Namun, ketika melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, anak yang tadinya nakal, berubah menjadi anak yang rajin, bahkan bisa masuk Fakultas Kedokteran. “Sekarang anak yang nakal itu sudah jadi dokter, namanya dokter Jack, sekarang sukses jadi Direktur Utama RSUD NTB,” sambung Gubernur disambut tepuk tangan meriah oleh tamu undangan yang hadir.

BACA JUGA:  Sirkuit Mandalika Siap 100% Gelar Pre-Season MotoGP 2022

Selain memberikan motivasi kepada Alumni hingga para Guru, kehadiran orang nomor satu di Pemprov NTB itu disambut meriah. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 300 dulang bertutup tembolak diparadekan oleh siswi SMAN 1 Pringgabaya mengiringi Gubernur NTB ke lokasi acara. Mereka juga mengenakan pakaian adat sasak, kemudian berbaris rapi diiringi kelompok tradisional gendang beleq binaan sekolah tersebut.

Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya Sukri Aruman menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah MSc dan jajaran Pemerintah Provinsi NTB terutama atas kesediaan orang nomor satu di NTB itu menjadi alumni kehormatan dan menyatakan kesanggupan didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina Ikatan Alumni sekolah yang dikenal dengan julukan SMA Rau.

Menurut Sukri, kehadiran Gubernur dan jajarannya pada puncak acara Pesona SMANSABAYA Gemilang 2022 yang dilaksanakan sekolah terkait pada Sabtu, 19 November 2022 lalu telah menorehkan tinta emas dalam catatan sejarah  sekolah ini sejak berdiri 33 tahun lalu tepatnya 1989. Apalagi kedatangan gubernur memang diniatkan untuk melantik dan mengukuhkan Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya masa tugas 2022-2026.”Alhamdulillah ikhtiar dan usaha kawan-kawan pengurus alumni membuahkan hasil dengan kedatangan gubernur ke sekolah yang disambut penuh sukacita oleh keluarga besar SMA Negeri 1 Pringgabaya dan warga sekitar,”ungkapnya kepada media ini.

BACA JUGA:  Pemprop Komit Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Anak

Disebutkan, ikhtiar mengundang Gubernur NTB untuk mengukuhkan Pengurus Pusat sudah disepakati sejak terbentuknya Pengurus Pusat pada 14  Agustus 2022. Baginya, harus ada terobosan baru dalam mengelola perkumpulan dan himpunan alumni SMA dari yang biasa ada. “Kesan bahwa Ikatan alumni sekedar perkumpulan untuk ajang reuni dan melepas kangen semata, harus dikikis pelan-pelan melalui kepengurusan yang memang mau sungguh-sungguh mengurusi lembaga, menunjukkan kepedulian dan ingin maju bersama,”ulasnya.

Menurut Sukri,  momentum pengukuhan oleh Gubernur NTB yang berjalan lancar dan sukses sekalipun disambut guyuran hujan pada sabtu siang akhir pekan lalu,hendaknya menjadi penyemangat tidak kurang dari 60 orang Pengurus Pusat untuk menunjukkan kiprah IKA SMANSABAYA agar bisa melakukan giat-giat yang bermanfaat sebesar-besarnya untuk kemajuan alumni, sekolah dan masyarakat sekitar.”Alhamdulillah dukungan pihak sekolah terhadap keberadaan ikatan alumni sangat luar biasa, karena Ikatan alumni memang diniatkan untuk mendukung visi dan misi kepala sekolah,”tandasnya.

Disebutkannya, Pengurus Pusat IKA SMANSABAYA yang dikukuhkan  Gubernur antara lain Ketua dan angota Pengarah, Ketua dan anggota Dewam Pakar,  Jajaran Dewan Esekutif, Pengurus Alumni Angkatan, Koordinator Wilayah se Indonesia dan Koordinator Luar Negeri.

Semarak Pesona SMANSABAYA  Gemilang

Sukri juga menambahkan, berbagai kegiatan yang digelar Pengurus Pusat IKA SMANSABAYA bekerjasama dengan pihak sekolah jelang acara puncak pengukuhan pengurus.

BACA JUGA:  Gubernur : Teruslah Bermimpi dan Berkarya

Diantaranya menggelar Sarasehan Pelajar SMA SMK sederajat se-NTB yang sukses dilaksanakan pada Selasa, 15 November 2022 di  Mataram.

Sarasehan diikuti tidak kurang dari 80 peserta merupakan Ketua dan Sekretaris OSIS SMA sederajat dari 10 Kabupaten Kota di NTB. Thema yang diangkat yakni Siapkah Pelajar NTB menjadi Generasi Berencana Menuju Bonus Demografi untuk NTB Gemilang.

Panitia menghadirkan enam narasumber berkompeten mewakili Dikbud NTB, BKKBN NTB, Dispora NTB, BNN NTB, BRIDA NTB dan IDI NTB.Yang membanggakan karena  tiga dari enam narasumber sarasehan pelajar NTB adalah alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya yakni DR. dr. Rohadi Sp.BS, Subsp.N-Onk (K), FICS, FINPS, Spesialis bedah saraf, subpsesialis neuro ongkologi, konsultan dan saat ini menjabat sebagai Ketua IDI,Ikatan Dokter Indonesia NTB dan  juga kami daulat sebagai Ketua Dewan Pakar Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya.

Kemudian Lalu Agustan  Kusumaredi SKom MM, salah seorang tim ahli penyusunan Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GDPK) NTB PADA BKKBN NTB.

Dan yang ketiga adalah Sri Hastuti Novilia , M Tesol, yang  saat ini menjadi Sekretaris pada Lembaga Pengembangan Pendidikan LPP NTB pada Badan Riset dan Inovasi Daerah BRIDA NTB.

Pada Sabtu, 19 November 2022, dilaksanakan kegiatan bakti sosial dan kemanusiaan yakni donor darah, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga sekitar sekolah serta  bagi-bagi paket sembako oleh pihak sekolah mendukung program NTB bebas generasi stunting.”Kami juga meluncurkan mulai beroperasinya siaran radio streaming dan podcast SUARA SMANSABAYA dan media komunikasi alumni dengan sekolah IKASMANSABAYA.COM ditandai dengan pelepasan burung merpati sebanyak 33 ekor oleh gubernur bersama kepala sekolah dan pengurus alumni,”cetusnya. (*)