Kaspul Narendra:  Jadi Sekjen Siap Gaspool!

MATARAMRADIO.COM –  Sukses Rembuk Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya Lombok Timur pertengahan Agustus lalu tidak bisa dilepaskan dari sosok Ketua Panitia bernama Kaspul Narendra. Nama terakhir jelas tak ada hubungannya dengan Narendra Modi, Perdana Menteri  India. Namun Kaspul  punya jiwa dan karakter seorang pemimpin yang disukai banyak orang terutama  kawan-kawannya alumni SMA.

Maklum, selain berpenampilan menarik dengan wajah mirip aktor Bollywood, Kaspul Narendra juga pribadi yang supel, mudah bergaul, murah senyum dan sosok yang selalu kritis terhadap persoalan yang berkaitan dengan kepentingan banyak orang. Dia bisa jadi salah satu pribadi yang masuk kategori workaholic alias sosok yang gigih dan gila kerja.

Mulanya, tak sedikit kawan-kawannya yang meragukan acara Rembuk Alumni SMANSABAYA 2022 akan berjalan lancar dan sukses. Kalau pun terlaksana, dipastikan akan jauh dari harapan.

Bagaimana tidak, Kaspul hadir dan didaulat jadi Ketua  Panitia justru dua minggu jelang pelaksanaan. “Ibarat main bola, saya dipasang jelang injury time dan harus bisa mencetak gol,”sebutnya kepada MATARAMRADIO.COM.

Bukan Kaspul namanya kalau tidak bisa membuat gebrakan. Bahkan oleh kawan-kawan alumni senior yang ikut dalam kepanitiaan selalu menganalogikan namanya sebagai bahan candaan saat acara kongkow panitia.”Ya nggak masalah. Nama saya diartikan macam-macam sepanjang maksudnya baik. Ada yang mengartikan nama saya  brankas (tempat menyimpan uang,red) selalu full (penuh,red). Ada juga yang bilang gaspool. Saya sih baik-baik saja, toh maknanya positif,”ungkap Pria kelahiran Apitaik Pringgabaya, 17 November 1989 atau tepatnya 33 tahun silam.

Tidak sedikit cobaan dan rintangan dilaluinya saat akan memulai langkah-langkah taktis menyemangati kawan-kawannya selaku panitia. Salah satunya adalah kepergian sang mertua perempuan, ketika dia akan menggelar rapat evaluasi dalam deklarasi pembentukan IKA SMANSABAYA, sembilan hari jelang rembuk alumni.”Saya bilang sama kawan-kawan teruskan rencana baik ini, saya mohon maaf tidak bisa ikut deklarasi karena sedang berduka,”tuturnya.

BACA JUGA:  Siti Rahmawati: Siswi SMANSABAYA Raih Juara Pertama Lomba Pidato se-Lotim 2021

Maka, Deklarasi IKA SMANSABAYA pun tetap digelar oleh para inisiator bersama beberapa panitia dan mantan ketua OSIS pada 6 Agustus 2022 di Lesehan Masarro Pelabuhan Kayangan Labuhan Lombok Pringgabaya.

Bagi Kaspul, dirinya sebenarnya tidak asing lagi dengan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya. Maklum, dia sebelumnya juga menjadi Ketua Panitia Reuni Akbar tahun 2016 dan salah satu hasilnya adalah terbentuknya Pengurus ikatan alumni hasil reuni akbar yang mendaulat Guru Hurman SH sebagai Ketua dan Kaspul sebagai Sekretaris.”Tapi sayang, kepengurusan kami tidak efektif karena pengurus sibuk dengan agenda masing-masing,”kenang Kaspul yang doyan game dan main futsal ini. Diam-diam, namanya juga tercatat dalam tinta emas sekolah sebagai Ketua OSIS SMA Negeri 1 Pringgabaya tahun 2006.

Atas segala dedikasi dan suksesnya acara rembuk alumni, Kaspul akhirnya didaulat sebagai Sekretaris Jenderal IKA SMANSABAYA masa bakti 2022-2026. Dia dinilai sebagai figur yang tepat menduduki jabatan tersebut dengan berbagai alasan dan pertimbangan.

Kaspul punya jejak rekam yang baik sebagai seorang aktivis dan organisatoris sejak duduk di bangku SMP hingga perguruan tinggi. Ketika menjadi Ketua OSIS SMA misalnya, Kaspul punya banyak program unggulan terutama di bidang olahraga dan kehumasan.”Saya mengadakan liga sepakbola persahabatan anatara SMAN 1 Suela SMAN 1 Aikmel dan SMAN 1 Sambalia. Dan Majalah Dinding MADING hampir setiap bulan ada terbit berita,”kenang suami dari Lisaniati A.Md Keb serta  ayah  dari Ahmad Narendra dan Hafiza Khaira Lubna.

BACA JUGA:  Lebih Dekat dengan Rachmania Ulwani, Siswi Berprestasi dari SMAN 1 Selong

Kaspul dikenal sebagai sosok alumni SMA yang bisa membaur dengan semua Angkatan. Bahkan dirinya sebagai alumni Angkatan 2000-an dinilai tepat menduduki Sekjen IKA SMANSABAYA agar bisa menjembatani komunikasi 10 angkatan di atasnya dan 10 angkatan di bawahnya.

Pemilik akun facebook Kaspul Cepul ini berdalih menerima jabatan Sekretaris Jenderal semata-mata menemukan ada harapan  Pengurus Pusat Ikatan alumni periode sekarang cukup serius ingin membenahi organisasi alumni.

Mobilisasi Para Ketua OSIS

Bukan isapan jempol belaka. Begitu dirinya ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal Ikatan alumni, Kaspul diam-diam mengumpulkan semua mantan ketua OSIS dalam satu forum diskusi WA Grup. Ada 32 mantan Ketua OSIS berhasil dikumpulkannya, mulai Ketua OSIS pertama yang juga Ketua Umum IKA SMANSABAYA hingga ketua OSIS yang masih aktif.”Niat saya hanya ingin mengumpulkan para mantan ketua OSIS hebat di zamannya. Kita menyatu dalam satu ikatan alumni dan ingin memberikan kontribusi terbaik untuk sekolah dan tentu masyarakat dimana pun kawan-kawan berada saat ini,”jelasnya.

Forum Ketua OSIS diharapkan akan memberikan pemikiran konstruktif, strategis dan inovatif agar Pengurus Pusat IKA SMANSABAYA dapat menjalankan tugas sebagaimana harapan alumni dan sekolah.

Dia pun tak segan-segan menyampaikan usulannya kepada Ketua Umum agar bisa mengakomodir para mantan Ketua OSIS masuk dalam jajaran Pengurus Pusat sepanjang yang bersangkutan bersedia dan ikhlas menjadi pelayan alumni.”Ya memang begitu kan. Kita jadi pengurus alumni niatnya hanya ingin menyambung silaturahmi dan saling menguatkan. Selebihnya tentu banyak hal bisa kita perbuat sesuai dengan potensi masing-masing,”paparnya.

Lulus Sarjana Suma Cumlaude

BACA JUGA:  Sambut Milad Bang Zul, Mi6 Siap Gelar Monolog dan Happening Art Doktor Zul Milik Kita Semua

Dalam lembar biodata yang diterima media ini, disebutkan Kaspul menyelesaikan Pendidikan formalnya di SD Negeri 02 Apitaik, SMP Negeri 3 Pringgabaya dan SMA Negeri 1 Pringgabaya.

Selepas tamat SMA, Kaspul melanjutkan studi di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram) jurusan Tadris IPS Ekonomi dan menamatkan kuliahnya pada 2012 dengan predikat Sarjana Suma Cumlaude, sebuah capaian predikat akademik tertinggi untuk  jenjang  sarjana di kampusnya.

Tidak menunggu lama, Kaspul memulai jenjang karirnya sebagai pegawai Bank dengan bergabung pada PT Bank Mega Syariah tahun 2012-2014. Kemudian sempat menjadi pegawai Bank BNI Syariah tahun 2014-2019, PT BPR Primanadi tahun 2019-2021 sebelum akhirnya menetap dan menjadi bagian dari Pegawai Bank Indonesia Cabang Mataram hingga sekarang.”di Bank Indonesia, tugas saya fokus melakukan kajian dan survei tentang inflasi, naik turunnya harga barang dan jasa, menemui mitra kerja Bank Indonesia untuk tahu sejauhmana dinamika pasar dan sejenisnya,”jelas Kaspul yang pengagum sosok Rasullullah dan kedua orang tuanya ini.

Dalam segala kesibukannya sebagai pria karir di dunia perbankan, Kaspul tetap saja tidak bisa jauh dari kegiatan sosial kemasyarakatan. Bahkan dia berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik untuk eksistensi Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya, almamaternya. “Semoga melalui perkumpulan ini, kita bisa berbuat lebih untuk banyak orang terutama kepada alumni, sekolah dan masyarakat sekitar lewat program kerja yang nyata. Kita jadikan wadah IKA sebagai  ajang silaturahim dan ladang berbuat kebaikan,”tandasnya.”Sebab, sebaik-baik manusia apabila bermanfaat bagi dirinya dan orang lain,”pungkas Kaspul.

Wow, Kaspul Narenda memang Gaspool dah! Mantap. (EditorMRC)