Lebih Dekat dengan Rachmania Ulwani, Siswi Berprestasi dari SMAN 1 Selong

MATARAMRADIO.COM – Bukan SMA Unggulan Namanya, kalau tidak mempunyai seabreg prestasi. Ya, begitulah SMA Negeri 1 Selong yang tahun ini mempunyai 16 siswa berprestasi tingkat nasional. Salah satunya adalah Rachmania Ulwani, siswi Kelas XI MIPA1 yang diterima di tiga perguruan tinggi luar negeri.

Dilansir dari laman facebook Humas SMAN 1 Selong disebutkan, Rachmania Ulwani diterima di tiga perguruan tinggi luar negeri melalui jalur mandiri, yakni di University of British Columbia-Canada, University of Melbourne-Asutralia, Curtin College-Perth Australia dan 1 perguruan tinggi dalam negeri melalui jalur undangan atau SNMPTN, yakni di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Diterimanya Wani (panggilan akrab Rachmania Ulwani) di tiga kampus luar negeri tersebut tidak lepas dari ketekunan dan keseriusannya mengikuti ekstrakurikuler KIR (Karya Ilmiah Remaja) di sekolah tercinta ini. Sejak tahun 2019, ia telah aktif meneliti dan mengikuti berbagai ajang lomba karya tulis ilmiah. Kata Wani, “Meneliti Itu, Seru!!!” Meskipun pada tahun pertama hanya sampai menyelesaikan proposal penelitian, ia tak pernah berhenti mencoba. Tahun 2020, Wani bersama anggota timnya, Padmi Kartika Sari berhasil menyelesaikan 2 karya tulis yang diikutsertakan dalam beberapa ajang lomba.

BACA JUGA:  Daphne Baby Ivania, Wakili NTB pada Ajang Puteri Anak Indonesia 2022

1. Nasa (Banana Peels and Sauropus Androgynous): Cookies Sebagai Cemilan Sehat Penderita Kwashiorkor: Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) NTB-PT Astra Internasional Tbk;

2. Filter Emisi Gas Buang Kendaraan pada Udara Berbasis Tongkol Jagung: Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI)-Puspresnas Kemendikbud Ristek.

Kemudian para tahun 2021, Wani dan Padmi juga berhasil menyelesaikan 4 karya tulis ilmiah yang diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba.

1. Pliis Cookies: Juara 2 Lomba AHMBS NTB Kategori Pemberdayaan Ekonomi/UMKM;

2. Dodol Naco (Banana dan Corn Peels) Kaya Serat untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian dan Solusi Masalah Ketahanan Pangan NTB: Juara 3 Lomba Karya Ilmiah STIPark NTB Kategori Olahan Pangan;

BACA JUGA:  Generasi Milenial Agar Bijak Sikapi Transformasi Teknologi Digital

3. Jaje Tarek Pingko: Peserta Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI)-Puspresnas Kemendikbud Ristek; dan

4. Bio-Sinaga: Kemasan Biodegradable Kulit Singkong dan Kulit Buah Naga sebagai Sensor Pendeteksi Pangan Berformalin: Finalis KoPSI-Puspresnas Kemendikbud Ristek.

Karya tulis “Bio-Sinaga” dengan raihan sebagai finalis KoPSI 2021 itulah yang membuat Wani dan timnya serta finalis KSN (Kompetisi Sains Nasional) lainnya diundang mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Luar Negeri oleh Kemendikbud Ristek. Setelah melalui beberapa tahapan, Wani berhasil diterima di 3 perguruan tinggi luar negeri di atas. Dan setelah melalui berbagai pertimbangan, ia memilih masuk University of British Columbia (UBC).

Atas prestasi gemilang tersebut, pihak sekolah telah beberapa kali memberikan penghargaan dan apresiasi terakhir diberikan kepada Wani berupa “bebas uang BPP selama 10 bulan” yang diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah pada peringatan Hardiknas 2022: Jumat, 13 Mei 2022 di lapangan sekolah. (Mudah-mudahan, sebelum berangkat pada Agustus 2022 nanti, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan Pemerintah Provinsi NTB juga memberikan apresiasi lebih untuk Wani).

BACA JUGA:  Rifky FR : Siswa SMAN 1 Pringgabaya Wakili NTB Lomba Kriya Nasional 2022

Raihan di atas tidak lepas pula berkat doa kedua orang tuanya (Ahmad Ziadi, S.Pd.I.-Baiq Husni Qamariah, S.P.) dan gemblengan guru-guru pembina Wani di KIR SMA Negeri 1 Selong, yakni Haerudin, M.Pd., Nurhayadi, S.Pd., Bahroan, M.Pd., Baiq Sri Ayuda, M.Pd., Ihda Fathoni, S.Pt., M.Si. dan Mardika Eka Dirhasari, S.Pd. serta tentunya perhatian dan fasilitas dari kepala sekolah, Dr. Sri Wahyuni.

Selamat dan sukses buat Wani! Kembangkan terus bakat menelitimu dan jangan lupa tetap rajin beribadah. (EditorMRC)