Jokowi Pastikan Putin Akan Hadiri KTT G-20 Bali

MATARAMRADIO.COM-Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan akan menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 pada November 2022, di Bali.

Hal tersebut dikemukakan oleh Presiden Jokowi pada Jumat (29/4) ini. Ia memperoleh konfirmasi kehadiran Putin usai melakukan perbincangan melalui sambungan telepon dengan Presiden Putin pada Kamis (28/4) malam WIB.

“Dalam kesempatan tersebut Presiden Putin menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir,” kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, dikutip lewat Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4).

BACA JUGA:  Yuk! Intip Kekayaan Jenderal Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI

Dalam pembicaraan per telpon Jokowi mengharapkan perang segera diakhiri dan terus menyerukan upaya damai.

Dia menyatakan Indonesia siap terlibat dalam proses damai antara Rusia dan Ukraina.
Selain itu, dia mengatakan perbincangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin juga menghasilkan keterbaruan informasi terkait situasi perang dan proses negosiasi antara Rusia dan Ukraina.“Saya kembali menekankan pentingnya, perang segera diakhiri dan solusi damai saya tekankan dapat terus dikedepankan. Indonesia siap untuk berkontribusi dalam upaya damai itu.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: “Saya Tidak akan Melindungi Yang Terlibat Korupsi”

Kesempatan tersebut Presiden Putin juga menyampaikan terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau mengatakan akan hadir,” tuturnya.

Jokowi pun menekankan bahwa Indonesia ingin menyatukan seluruh negara melalui agenda KTT G20. “Jangan sampai ada perpecahan, perdamian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia,” kata Jokowi.

Indonesia yang memegang Presidensi G20 tengah menjadi sorotan, karena dihadapkan pada tantangan invasi Rusia ke Ukraina.  Pemerintah RI sebelumnya menyatakan akan tetap mengundang Rusia sebagai salah satu kepala negara G20 ke forum yang akan digelar November mendatang di Bali.
Sikap tersebut pada akhirnya menuai kritik dari sejumlah pihak, terutama negara Barat. Amerika Serikat misalnya yang mengancam akan memboikot forum tersebut. Selain itu, Kanada dan Australia juga mengancam akan melakukan aksi serupa. Perdana Menteri Australia Scott Morrison pun disebut tidak mau semeja dengan Presiden Vladimir Putin, apabila Rusia hadir dalam pertemuan tersebut. (EditorMRC)

BACA JUGA:  Ini Pesan Bupati Sukiman Untuk Peserta MTQ NTB 2022 di Lombok Timur