Enam Unsur Dimensi Smart City Hasilkan Program Unggulan

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Walikota Mataram H Mohan Roliskana menyatakan kepuasannya atas capaian enam unsur dimensi Smart City dalam menghasilkan beberapa program unggulan, khususnya mendukung even WSBK (World Superbike) dan Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional (KPPN) Mandalika.

“Saya sangat berbesar hati mengingat enam unsur dimensi dari Smart City telah menghasilkan beberapa program unggulan untuk mendukung even WSBK (World Superbike) dan Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional Mandalika,” ujarnya pada kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Smart City Kawasan Pariwisata Prioritas Program Nasional, yang berlangsung di Ruang Kenari, Kantor Walikota Mataram, Selasa (30/11/2021).

Penandatanganan komitmen bersama tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram melalui Gerakan Smart City dalam mendukung Kawasan Pariwisata Prioritas Mandalika.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota
mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat atas kerja kerasnya dalam
persiapan sampai dengan penandatanganan komitmen bersama itu.

BACA JUGA:  272 Orang CPNS Kota Mataram Terima SK dari Walikota

“Momentum penandatanganan komitmen bersama ini, harapan saya agar semua OPD
(organisasi perangkat daerah) yang ada dapat membantu dan mendukung Kota Mataram menuju Smart City Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional yang mendukung Kawasan Mandalika, serta menjaga konsistensi program-program unggulan,” demikian pesannya.

Diketahui bahwa penunjukkan Kota Mataram sebagai salah satu kota yang menjalankan
Gerakan Smart City Prioritas Nasional setelah melalui penilaian (assessment) untuk mengukur kesiapan (readliness) oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi
dan Informatika (Kominfo) RI.

Bimtek 4 Tahap


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa menjelaskan, pasca penunjukkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemkominfo RI beberapa waktu lalu, Pemkot serta merta menindaklanjuti melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Master Plan Smart
City KPPN dengan empat tahap, yang dimulai pada September 2021.

BACA JUGA:  Walikota Mataram Lepas Kontingen LASQI

Pada Bimtek Tahap I dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 2-3 September 2021, dengan melibatkan Tim Perencana Pemkot Mataram, BUMN, BUMD, UMKM, serta tokoh masyarakat, tokoh agama serta akademisi yang membantu penyusunan Master Plan Smart City KPPN.

Dilanjutkan melalui Bimtek Tahap II pada 27-28 September 2021, yang membahas progress
review dan penyelarasan Draft Master Plan Smart City KPPN dengan menghasilkan kertas kerja program yang sesuai dengan rencana strategis (Renstra) di masing-masing OPD.

Kemudian, Tahap III dilaksanakan secara offline dengan fokus bahasan pada koordinasi dan perumusan program Quick Win Smart City KPPN, pada 11-12 Oktober 2021.

BACA JUGA:  Semarakkan WSBK, Pemkot Mataram Siapkan Even Bergengsi

Dan, bimtek Tahap IV (masih secara offline) pada 29-30 November 2021, mendokumentasikan rumusan tahapan sebelumnya melalui Buku Smart Plan Smart City Kota Mataram, yang memuat Quick Win dan Roadmap program Smart City Kota Mataram Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional Mandalika yang selaras dengan RPJMD Kota Mataram Tahun 2021-2026.

Pada Bimtek Tahap IV kali ini, diikuti 44 orang peserta, yang terdiri dari 39 pejabat struktural Pemkot Mataram dan 5 Tenaga Ahli Kementerian Kominfo (Kemkominfo) RI.

Dari rangkaian kegiatan bimtek dan hasil yang dicapai itu, Suwadiasa mengharapkan Master Plan yang dihasilkan nanti mampu berorientasi pada peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat Kota Mataram secara global. Disamping, tentunya, Pemkot Mataram sendiri dapat menyediakan fasilitas atau kemudahan bagi masyarakat dalam mendukung Kawasan Wisata Mandalika. (MRC-07)