MATARAMRADIO.COM,Lombok Barat – Bonsai kelapa kini menjadi salah satu hobi yang banyak diminati berbagai kalangan. Perawatan yang relatif mudah, menjadikan bonsai kelapa turut hadir di halaman rumah penghobi tanaman hias.

Namun, untuk mendapatkan bonsai yang baik, pemilihan bibit menjadi salah satu kuncinya.”Bibit yang baik akan berpengaruh terhadap penampilan bonsai,” jelas Ncus Doank, salah satu pioner BKI di NTB saat silaturahim penghobi bonsai kelapa di Suranadi, kemarin.
Dikatakan, selektif dalam pemilihan bibit akan mempengaruhi karakter dari bonsai kelapa. Sebagaimana kelapa di alam, bonsai kelapa yang tirus menjadi nilai lebih dalam penampilan. “Usahakan tirus. Kalau seperti botol itu palem,” terangnya.
Ketika bibit bonsai sudah didapat, jelas Ncus yang perlu diperhatikan para penghobi bonsai harus melakukan penyiraman dan pemberian nutrisi. Pemberian nutrisi bisa dilakukan dengan memberikan air bawang. Yang tidak kalah pentingnya, paparan sinar matahari harus bisa dinikmati bonsai kelapa. “Lebih baik lagi, jika bonsai kelapa mendapatkan sinar matahari secara penuh,” ujarnya.
Dalam menilai keindahan bonsai kelapa, bentuk bonsai memang mempengaruhi penampilan tapi karakter yang melekat sebagai pohon kelapa jangan sampai hilang. Karenanya, para penghobi bonsai harus hati-hati ketika melakukan sayatan atau pemangkasan pelepah kelapa. “Sisakan 2 atau 3 senti dari pangkal pelepah,” jelas Ncus. (MRC03)