Kishore Kumar dan Amit Kumar : Like Father Like Son 

Salah satu penyanyi terbesar, paling berpengaruh dan dinamis dalam sejarah musik India. Kishore Kumar adalah salah satu penyanyi paling populer di anak benua India, terkenal karena kemampuannya menyanyikan lagu dengan suara yang berbeda.  Dia biasa bernyanyi dalam genre yang berbeda tetapi beberapa komposisi langka, dianggap klasik, hilang dalam waktu. 

BACA JUGA:  Rasa Sayange: Lagu Nusantara yang Diklaim Malaysia dan Jadi Soundtrack Film India

Menurut saudara laki-lakinya dan aktor legendaris Ashok Kumar, Kishore Kumar sukses sebagai penyanyi karena “suaranya mengenai mike, lurus, pada titik paling sensitif”. Selain bahasa Hindi, dia bernyanyi dalam banyak bahasa India lainnya, termasuk Bengali, Marathi, Assam, Gujarati, Kannada, Bhojpuri, Malayalam, Odia, dan Urdu. Dia juga merilis beberapa album non-film dalam berbagai bahasa, terutama dalam bahasa Bengali, yang tercatat sebagai album klasik sepanjang masa. 

BACA JUGA:  Keren! Sambut MotoGP, Musisi Lombok Jamie D Rilis Album Internasional

Ia memenangkan 8 Penghargaan Filmfare untuk Penyanyi Playback Pria Terbaik dan memegang rekor untuk memenangkan Penghargaan Filmfare terbanyak dalam kategori tersebut. Dia dianugerahi Penghargaan Lata Mangeshkar oleh pemerintah Madhya Pradesh pada tahun 1985.  Kemampuan bernyanyi Kishore Kumar juga diturunkan kepada putranya Amit Kumar  yang lahir pada 3 Juli 1952.

Amit Kumar meneruskan jejak karir sang ayah sebagaiseorang penyanyi latar India, aktor, komposer musik.  Amit Kumar meluncurkan perusahaan produksi musiknya sendiri, bernama Kumar Brothers Music. Dia terutama bekerja di Bollywood dan lagu film daerah sejak 1970-an, termasuk 150 komposisi Hindi dan Bengali bersama composer terkenal R. D. Burman.

BACA JUGA:  Eva NTB Raih Nilai Tertinggi Top 56 Konser Grup 7 LIDA

 Setelah kematian Burman pada tahun 1994, dengan alasan komposisi musik yang kurang berkualitas, Kumar menarik diri dari nyanyian latar dan berkonsentrasi pada pertunjukan orkestra langsung. Selain bernyanyi dalam bahasa Hindi, juga tampil dalam bahasa Bengali, Bhojpuri, Odia, Assam, Marathi dan Konkani. (editorMRC) 

>