Spotify Klarifikasi Ratusan Lagu KPop Tak Lagi Ditayangkan

MATARAMRADIO.COM –  Spotify mengungkapkan alasan mengapa ratusan lagu K-pop tiba-tiba dihapus dari katalog musiknya. Pada 1 Maret, pengguna Spotify di seluruh dunia memperhatikan bahwa banyak lagu K-pop tidak lagi tersedia di platform. Seluruh diskografi beberapa artis menghilang tanpa peringatan, sementara yang lain melihat beberapa lagu mereka tetap ada.

Pada pagi harinya, Spotify secara resmi mengumumkan bahwa perjanjian lisensinya dengan distributor musik Korea Kakao M telah berakhir, yang berarti bahwa semua musik yang didistribusikan oleh label tersebut tidak lagi tersedia di platform.

Seorang juru bicara Spotify menjelaskan, “Karena perjanjian lisensi asli kami dengan Kakao M berakhir pada tanggal 1 Maret 2021, kami tidak lagi dapat memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia.”

BACA JUGA:  Dream Theater Siap Manggung di Indonesia Agustus Mendatang

“Kami telah melakukan upaya ke segala arah selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global sehingga kami dapat terus membuat musik artis Kakao M tersedia untuk penggemar di seluruh dunia, serta 345 juta pengguna kami di 170 wilayah yang berbeda,” lanjut mereka. “Namun, terlepas dari ini, kami tidak dapat mencapai kesepakatan tentang memperbarui lisensi global kami.”

Spotify juga mengklarifikasi spekulasi yang menyebutkan bahwa berakhirnya perjanjian lisensi dengan Kakao M ada hubungannya dengan peluncuran layanannya baru-baru ini di Korea Selatan, yang menempatkan Spotify dalam persaingan langsung dengan layanan streaming Kakao M sendiri, Melon. Juru bicara perusahaan menyatakan, “Masalah perjanjian lisensi global kami tidak terkait dengan peluncuran layanan kami di Korea Selatan.”

BACA JUGA:  Dirilis Album Sasak The Best Of Erni Ayuningsih

“Kami merasa situasi ini sangat disayangkan bagi banyak artis, serta penggemar dan pendengar di seluruh dunia, dan kami sangat berharap dapat segera menyelesaikan situasi saat ini,” lanjut mereka. “Kami akan terus melakukan yang terbaik sehingga kami dapat terus bekerja dengan pemegang hak Korea, termasuk Kakao M, dan membantu pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan tumbuh bersama.”

Karena Kakao M mendistribusikan sebagian besar musik Korea (sebagai referensi, 37,5 persen dari chart 400 Lagu Teratas akhir tahun Gaon Chart dari tahun 2020 adalah rilis Kakao M), hilangnya katalog merupakan pukulan besar bagi Spotify dan penggemar K-pop yang gunakan layanan tersebut.

BACA JUGA:  Sorai Seroja Luncurkan Single Terbaru “Mayapada”

Di antara artis yang diskografinya terpengaruh adalah IU, SEVENTEEN, NU’EST, MAMAMOO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, THE BOYZ, Sunmi, (G) I-DLE, LOONA, SF9, HyunA, 4Minute, VIXX, INFINITE, Dreamcatcher, MOMOLAND, ASTRO, Zico, Block B, BEAST, Jessi, WJSN, AOA, BTOB, Golden Child, VICTON, Lovelyz, PENTAGON, ONEUS, Hyolyn, KARD, Brave Girls, CNBLUE, DIA , Younha, SECHSKIES, dan banyak lagi. (EditorMRC)