IPDA Lalu Rusmaladi dan Kisah Inspektur Vijay

MATARAMRADIO.COM – Bagi generasi era 90-an dan penggemar film India, tentu tak asing lagi dengan sosok polisi India bernama Inspektur Vijay. Apapun judul film Bollywood yang melibatkan sosok polisi, pastilah namanya tidak jauh dari Inspektur Vijay yang melegenda itu.

Inspektur Vijay digambarkan sebagai sosok polisi India yang sangat heroik, gagah dan akan selalu menang melawan kebathilan. Penjahat sehebat apapun, tak akan bisa lari dari kejaran Inspektur Vijay.”Nehi nehi tumhare hai sanam,”kata aktor Legendaris India Amitabh Bachchan yang sukses memerankan sosok Inspektur Vijay era 70-an hingga 90-an.

Lalu apa hubungannya dengan IPDA Lalu Rusmaladi?

Nah ini dia. Sosok polisi yang akrab dengan panggilan Lalu Rusdi ini diam-diam tertawa lebar ketika ditanya sosok Inspektur Vijay. Sama-sama polisi soalnya.

IPDA Lalu Rusmaladi adalah salah satu alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya lulusan tahun 1994. Menjadi polisi adalah cita-citanya sejak kecil. Tidak heran, begitu tamat SMA, pria kelahiran Selong,17 Februari 1975 atau 47 tahun silam ini langsung tancap gas ikut seleksi masuk polisi.

BACA JUGA:  Dijuluki Raja Sawer Peresean, Haji Tanwir No Way!

Keberuntungan itupun datang. Lalu Rusdi yang pernah menjabat Ketua OSIS SMA Negeri 1 Pringgabaya tahun 1993 ini dinyatakan lulus dan berhak mengikuti Pendidikan SEBA PK Angkatan XIII selaku prajurit karir kepolisian Angkatan XIII tahun 1994-1995.

Selesai Pendidikan polisi, Lalu Rusdi memulai karirnya sebagai Bintara Polda Nusra sejak 26 Juni 1995. Selang dua bulan, dia ditugaskan ke Polres Bima hingga tahun 2000.

Sebagai aparat penegak hukum, Lalu Rusdi sadar betul resiko ditugaskan kemana dan kapan saja. Begitulah, pindah dari Polres ke Polres dialaminya.

Berpindah-pindah Demi Tugas Negara

Dari Polres Bima, Lalu Rusdi pindah tugas lagi ke Bagian Sat Lantas Polres lotim. Pernah juga menjadi Kanit Provos Polsek Aikmel Polres Lotim pada 2012. Kemudian pindah lagi dengan jabatan yang sama di Polsek Sukamulia Polres Lotim pada tahun 2015.

BACA JUGA:  H Nurifansyah, Mantan TKI Sukses yang Menginspirasi

Pada tahun 2019, Lalu Rusdi mendapat promosi sebagai Ps KSPKT Polsek Sukamulia Polres Lotim. Sempat pindah sebagai Ps Kanit Provos Polsek Pringgasela sebelum akhirnya menjadi  Ps Kanit Propam Polsek Pringgasela Polres Lotim pada 2021.

Tak selang lama, Lalu Rusdi mendapat panggilan mengikuti Pendidikan Perwira Alih Golongan yakni  DIK PAG pada tahun 2021 di Pusdik Brimob Watukosek Pasuruan  Jawa Timur yang mengantarkannya naik jabatan.”Saat ini menjabat sebagai Waka Polsek Sukamulia,”kata suami dari Nonik Dian Ekawati dan ayah dari sang buah hati Baiq Dinda Alifa Intan Aldian dan  Baiq Naya Dwi Novianti.

Selama karirnya menjadi aparat penegak hukum, Lalu Rusdi telah menunjukkan dedikasi dan pengabdian terbaiknya dengan mendapatkan bintang kehormatan dari Presiden Republik Indonesia berupa  Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun, 16 tahun dan 24 tahun.

 Tentu bukan waktu yang singkat untuk menunjukkan betapa sosok IPDA Lalu Rusmaladi begitu mencintai profesinya sebagai polisi.

BACA JUGA:  Opik Semakin Romantis (3)

Baginya, menjadi polisi adalah satu cara untuk menunjukkan bakti kepada negeri.”Manfaatkan hidupmu sebaik baiknya agar berguna bag Nusa dan Bangsa serta keluarga besarmu,”kata pengagum sosok Rasulullah dan kedua orang tuanya ini.

Atas dedikasi dan profesionalisme sebagai aparat penegak hukum, IPDA Lalu Rusmaladi didaulat sebagai salah satu anggota Dewan Pakar Ikatan alumni SMA Negeri 1 Pringgabaya.” Dengan adanya IKA SMANSABAYA, kita perkuat tali silaturahmi alumni dan tetap solid membawa nama besar sekolah kita,”harapnya.

Tapi ada yang unik, terkait hobby. Diam-diam IPDA Lalu Rusmaladi ternyata suka menonton. Bisa jadi menonton yang dimaksud adalah menonton film-film Bollywood tentang sosok Inspektur Vijay yang keteladanannya mendapat penghormatan luar biasa dari Pemerintah India.

Maka, ketika media ini memintanya berbagi cerita tentang kisah-kisah heroik menumpas kejahatan sebagai polisi selama lebih dari 24 tahun di wilayah hukum Polres Lombok Timur.”Siap. mohon waktu Kang,”pintanya. Siap 86! (Editor MRC)