Waspadalah! Gejala Hepatitis Akut Misterius Serang Anak

MATARAMRADIO.COM – Kasus hepatitis akut yang menyerang anak pertama kali muncul di Britania Raya.

Hingga saat ini, penyebabnya belum diketahui dan masih misterius. Beberapa pasien yang mengalami kondisi ini ada yang diketahui juga teridentifikasi adenovirus dan SARS-CoV-2.

Pada 15 April 2022 lalu, WHO mengumumkan adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait kasus hepatitis akut yang menyerang anak di Inggris dan Irlandia Utara. Sejak itu, sekitar seminggu setelahnya, setidaknya telah tercatat 169 kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak dari 11 negara. Adenovirus menjadi hipotesis terkuat sebagai penyebab hepatitis akut ini.

Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan RI telah mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan seiring dengan penetapan KLB oleh WHO. 

Penyebab Hepatitis Akut Misterius Pada Anak

Tiga anak yang sebelumnya dirawat di RSUPN Cipto Mangunkusumo dinyatakan meninggal dunia diduga akibat hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

 Hepatitis adalah peradangan pada hati yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Selain infeksi virus, kebiasaan tidak sehat, seperti mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan hepatitis.

Patogen (kuman penyebab penyakit) atau virus yang menjadi penyebab hepatitis adalah virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Namun, pada kasus hepatitis akut pada anak, tidak ditemukan virus hepatitis A-E sebagai penyebabnya.  

Maka dari itu, kasus hepatitis ini disebut sebagai hepatitis akut misterius, alias belum diketahui penyebabnya.

Berdasarkan temuan WHO, dalam banyak kasus (sekitar 75% kasus di Inggris), virus dari kelompok adenovirus, yakni Adenovirus 41,  ditemukan pada anak yang mengalami hepatitis akut.

BACA JUGA:  Warga Jangan Ngeyel, Patuhi Himbauan Pemerintah Tangkal Korona!

Atas dasar itu, WHO menduga adenovirus kemungkinan menjadi penyebab hepatitis akut yang tak diketahui penyebabnya. Meski demikian, penelitian untuk membuktikan hubungan keduanya terus dilakukan.
Adenovirus sendiri adalah kelompok virus yang menyebabkan berbagai penyakit umum, seperti pilek, demam, sakit tenggorokan, bronkitis, diare, dan konjungtivitis (mata merah).

Prof. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM, ketua Satgas Covid-19 IDI, melalui cuitannya di Twitter mengatakan, khusus untuk adenovirus 41 sendiri belum pernah dikaitkan dengan hepatitis dan tidak merusak liver, kecuali pasien memiliki imunitas buruk.  
Selain adenovirus, laman Kemenkes RI juga menyebutkan telah terdeteksi adanya virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 pada sebagian kecil anak yang mengalami hepatitis akut misterius. Dalam jumlah yang lebih kecil, ditemukan pula anak yang mengalami hepatitis akut memiliki kedua jenis virus tersebut, yakni adenovirus dan SARS-CoV-2.

Gejala Hepatitis Akut Pada Anak

Kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini dialami oleh anak-anak berusia di bawah 16 tahun. Rentangnya berkisar dari bayi usia 1 bulan hingga remaja berusia 16 tahun. Namun, mayoritas terjadi pada anak berusia di bawah 5 tahun.

Meski penyebabnya masih terus diteliti, mewaspadai gejalanya dapat membantu Anda untuk memberikan penanganan sedini mungkin.

Berikut adalah beberapa gejala hepatitis akut misterius yang menyerang anak:

Diare

Mual dan muntah

Sakit perut

Nyeri otot

Sakit kuning (jaundice), yang tampak di kulit dan mata 

Urine berwarna seperti teh pekat

Feses atau tinja berwarna pucat

Demam 

BACA JUGA:  Waspadai Obat Palsu, Inilah Ciri-cirinya!

Gejala hepatitis akut pada anak yang muncul biasanya diawali dengan masalah pencernaan, seperti sakit perut dan muntaber, kemudian diikuti dengan sakit kuning.

Demam sendiri dilaporkan jarang menjadi gejala, meski mungkin saja terjadi.
Anak dengan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini juga memiliki hasil tes enzim hati yang meningkat serta hasil tes virus hepatitis A, B, C, D, dan E yang negatif.

Juru bicara Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi, mengimbau untuk segera membawa anak ke dokter atau rumah sakit bila mendapati gejala di atas, terutama jika disertai kejang dan penurunan kesadaran.

Pemeriksaan Hepatitis Akut pada Anak yang Belum Diketahui Penyebabnya

Saat ini belum ada tes khusus untuk mendiagnosis hepatitis akut misterius pada anak. Namun, anak yang dicurigai mengalami hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini harus memiliki hasil tes negatif pada semua virus yang jadi penyebab umum hepatitis, seperti hepatitis A, B, C, D, dan E.
Akan tetapi, mengingat pemeriksaan hepatitis D dan E belum tersedia luas di Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan pemeriksaan hepatitis A, B, dan C cukup sebagai skrining awal. Selain itu, anak perlu menjalani tes fungsi hati dan HBsAg

Apakah Hepatitis Akut Berhubungan dengan Vaksin Covid-19?

Pada awal munculnya hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya ini, beberapa mengaitkan ada hubungannya dengan vaksin Covid-19. Ini karena salah satu vaksin Covid-19, yakni AstraZeneca menggunakan vektor adenovirus yang telah dimodifikasi sebagai bahan baku.

BACA JUGA:  Pohon Kurangi Polusi

Meski begitu, dugaan ini tidak didukung data yang cukup. Vaksin Covid-19 AstraZeneca memang menggunakan adenovirus yang telah dilemahkan. Namun, adenovirus di dalamnya tidak dapat mereplikasi (memperbanyak diri) ataupun menyebabkan infeksi.

Selain itu, WHO menyebutkan, berdasarkan data yang diterima, kebanyakan anak yang mengalami hepatitis akut misterius ini belum mendapatkan vaksin Covid-19. 

Virus SARS-CoV-2 memang terdeteksi pada beberapa kasus hepatitis akut. Para ahli, masih mencoba meneliti hubungan di antara keduanya.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan hepatitis akut pada anak. Dugaan terkuat sementara adalah adenovirus 41 yang mayoritas ditemukan pada pasien terinfeksi.
Kondisi ini menjadi kondisi yang terhitung sebagai gawat darurat atau kejadian luar biasa karena telah dilaporkan adanya kasus kematian pada beberapa penderitanya.

Mengingat penyebabnya yang belum jelas, ditambah cara penularan hepatitis akut yang juga belum diketahui, cara terbaik untuk mengenali kondisi ini adalah dengan memperhatikan gejala yang muncul. Pengobatan yang dilakukan umumnya bertujuan untuk meringankan gejala yang muncul.

Menjalani pola hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer berbasis alkohol, menutup mulut saat bersin atau batuk juga dapat membantu meminimalisir risiko tertular adenovirus.

Jika Anda memiliki kekhawatiran akan munculnya hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya pada anak Anda, konsultasikanlah ke dokter. (Diolah dari berbagai sumber: EditorMRC)