Prof Sri Widodo : Mantan Rektor Unram Berpulang

MATARAMRADIO.COM – Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun. Kabar duka datang dari Kampus Biru UGM Yogyakarta.

Kabar meninggalnya Prof Dr Ir Sri Widodo MSc yang tiada lain merupakan
Guru Besar Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada menghembuskan nafas terakhir di Yogyakarta pada 6 April 2022 dalam usia 86 tahun.

Selama karirnya, Prof Widodo pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Mataram pada tahun 1993-1997.

Rencananya jenazah almarhum akan dimakamkan hari ini Kamis, 7 April 2022 di Kota Gudeg Yogyakarta.

Biografi Profesor Sri Widodo

BACA JUGA:  Selamat Jalan Ahmad JD, Wartawan Senior NTB

Profesor Sri Widodo adalah Guru Besar pada Departemen Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Menyelesaikan pendidikan dari Universitas Gadjah Mada, dan memperoleh gelar Magister Ekonomi Pertanian dari University of Wisconsin, Madison, Amerika Serikat pada tahun 1974. Meraih gelar PhD. dalam Ilmu Pertanian dari Universitas Pertanian Tokyo, Tokyo, Jepang.

Dia telah mengajar di beberapa mata kuliah di bidang Ekonomi Pertanian, seperti Ekonomi Produksi Pertanian, Pembangunan Pertanian, Kebijakan Pertanian, Ekonomi Mikro, Ekonomi Matematika, dll. Beberapa penelitian telah dilakukan bersama dan disponsori oleh IRRI, Nodai Research Institute of Tokyo University Pertanian dan beberapa departemen dan lembaga penelitian di Indonesia. Beberapa laporan penelitian telah diterbitkan oleh lembaga penelitian tersebut dalam IRRI’s Farm-Level Constraints to High Rice Yield in Asia: 1974-77 (1979), dalam An Economic Study of Rice Farming in West Java (1986) NRI.

BACA JUGA:  Meninggal Dunia di Usia 58 Tahun, Selamat Jalan Prof Sunarpi
Almarhum Profesor Sri Widodo disemayamkan di Kampus Balairung UGM sebelum dimakamkan. / foto: istimewa

Beberapa artikel tentang efisiensi produksi, fungsi produksi perbatasan, transmigrasi, organisasi petani tradisional dan lain-lain telah diterbitkan di beberapa jurnal dan majalah ilmiah.

Pada tahun 1993, Prof Sri Widodo dipercaya sebagai Rektor Universitas Mataram untuk masa jabatan empat tahun hingga 1997.

BACA JUGA:  Diduga Gejala Infeksi Covid 19, Mantan Sekda Dompu Meninggal Dunia

Sri Widodo menyampaikan pidato soal ilmu ekonomi pertanian dan pembangunan saat pidato pengukuhan Guru Besar pada 28 september 1993. Dalam pidato pengukuhannya, Sri Widodo menyampaikan pentingnya pertanian dalam pembangunan Indonesia terutama dalam mewujudkan swasembada beberapa komoditi pertanian.

Namun, program pembangunan pertanian tidak hanya menekankan pada pelestarian sumber daya alam. Namun juga pada pertumbuhan produksi dan pendapatan jangka panjang.

Selamat Jalan Guru Besar Profesor Sri Widodo. (EditorMRC)