MATARAMRADIO.COM – Insan musik dunia kembali berduka. Adalah Betty Wright, penyanyi soul dan penulis lagu pemenang Grammy yang hitnya sangat populer pada tahun 1970-an “Clean Up Woman” dan “Where is the Love,” telah meninggal pada usia 66 tahun.

Dilansir dari Fox19, disebutkan Wright meninggal di rumahnya di Miami pada hari Minggu (10/5). Beberapa media melaporkan, Steve Greenberg dari S-Curve Records mengatakan kepada New York Times Wright telah didiagnosis menderita kanker pada musim gugur.

Wright melakukan terobosan dengan “Clean Up Woman” tahun 1971, yang menggabungkan unsur funk, soul, dan R&B.

Direkam ketika Wright baru berusia 17 tahun, lagu itu  menjadi hit 10 teratas di Billboard R&B dan tangga lagu pop.

Foto: Sfgate.com

Anak bungsu dari tujuh bersaudara, Wright dilahirkan Bessie Regina Norris pada tahun 1953 di Miami, kota yang kental dengan funk dan R N B.

Wright mulai bernyanyi dengan kelompok Injil keluarga, Echoes of Joy, dan merilis album debut solonya, “My First Time Around,” pada usia 15 tahun 1968. Album ini berhasil menembus hit top 40.

Setelah “Clean Up Woman,” yang ditulis oleh Clarence Reid dan Willie Clarke dan kemudian disampel oleh Afrika Bambaataa dan Mary J. Blige, dimana dia menulis sendiri  “Baby Sitter,” hit 1973 yang menunjukkan kemampuan vokalnya bernyanyi dengan nada sangat tinggi seperti penyanyi Mariah Carey dan Witney Houston.

Bertahun-tahun kemudian, Wright menulis lagu disco-infused ‘Where Is the Love’ bersama dengan Harry Wayne Casey dan Richard Finch dari KC & the Sunshine Band.

Dia kemudian memenangkan Grammy Award untuk lagu R&B terbaik. Pada 2000-an, Wright kembali muncul di acara Making the Bank untuk membimbing kelompok muda Danity Kane. Dia juga melakukan produksi vokal untuk artis lain, termasuk Jennifer Lopez, Gloria Estefan dan Joss Stone. (MRC-01/Fox19)