1979: Pemimpin Tertinggi Iran Juluki Amerika Serikat Setan Besar

MATARAMRADIO.COM – Sejumlah peristiwa penting dalam sejarah duni terjadi pada hari, Jumat 5 November.

Salah satunya adalah orasi pernyatasn tegas Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khomeini pada 5 November 1979 yang menggambarkan Amerika Serikat sebagai “Setan Besar” di tengah tuduhan imperialisme dan mensponsori korupsi.

Adapun peristiwa penting lainnya yang terjadi pada hari ini antara lain:

5 November 1492 : Christopher Columbus pertama belajar tentang menanam dan memanen jagung (jagung) dari penduduk asli Kuba.

BACA JUGA:  1675: Matematikawan Jerman Gottfried Wilhelm Leibniz Temukan Kalkulus Integral

5 November 1556: Pertempuran Panipat Kedua: Kaisar Hindu dari India utara Hem Chandra Vikramaditya dikalahkan oleh pasukan Kaisar Mughal Akbar, yang menangkap dan kemudian memenggal kepala Hem Chandra.

Perang Panipat kedua menjadi inspirasi sineas Bollywood untuk membuat film kolosal perang besar antara Kaisar Hindu dan Kaisar Islam Mughal Akbar. /foto:google image

5 November 1605 : Plot Bubuk Mesiu: Konspirator Katolik Guy Fawkes berusaha meledakkan Raja James I dan Parlemen Inggris. Plot ditemukan, Guy Fawkes ditangkap, disiksa dan kemudian dieksekusi bersama tujuh orang lainnya. Sejak itu dirayakan sebagai Hari Guy Fawkes, di mana patungnya secara tradisional dibakar di atas api unggun, disertai dengan kembang api.

BACA JUGA:  Hari ini Dalam Sejarah!

5 November 1937 : Adolf Hitler memberi tahu para pemimpin militernya dalam pertemuan rahasia tentang niatnya untuk berperang.

5 November 1956: Britania Raya dan Prancis mendaratkan pasukan udara di Port Said di Mesir, yang meningkatkan Krisis Suez.

5 November 1956 : The Nat King Cole Show memulai debutnya di NBC, program variety pertama yang dibawakan oleh seorang Afrika-Amerika.

BACA JUGA:  1935: Buku Penguin Terbit Memulai Revolusi Paperback

5 November 1955:  Opera Negara Wina yang dibangun kembali dibuka kembali dengan Fidelio karya Ludwig van Beethoven setelah dihancurkan dalam Perang Dunia II.

5 November 1992 : “Revenge Match of the 20th century” grandmaster catur Amerika Bobby Fischer mengalahkan Boris Spassky dari Rusia untuk memenangkan pertandingan tidak resmi di Beograd. (EditorMRC)