Gotong Royong, Warga Kekait Bersihkan Material Longsor

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat – Warga Desa Kekait kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat hinggaa saat ini masih terus membersihkan sisa material longsor yang terjadi pada 6 dan 15 Desember 2021.

Untuk membersihkan material ini, jelas Yul, warga Kekait memanfaatkan alat sederhana seperti ember, skop, pacul dan lainnya. Akibatnya, pekerjaan membersihkan material lambat. “Alat berat tidak bisa masuk. Aksesnya tidak bisa sampai ke lokasi,” jelasnya saat ditemui di lokasi, Minggu (9/1/22).
Menurut Yul, sejak terjadi bencana, setiap hari warga bergotong royong bersama warga dari desa lainnya untuk membersihkan sisa material longsor. “Kalau hari Sabtu dan Minggu, tidak hanya warga Kekait yang terlibat membersihkan sisa material longsor tapi warga dari desa -desa tetangga juga ikut,” katanya.
Untuk kebutuhan konsumsi selama membersihkan sisa material longsor, jelas Yul warga masih mengandalkan dapur umum yang kebutuhannya dibantu dari donasi para donatur.
Yul mengakui, untuk saat ini sebagian warga Kekait sudah bekerja dan menempati rumahnya. Namun, masih banyak warga yang tinggal di tempat pengungsian karena rumahnya rusak atau belum bisa ditempati akibat belum bersih dari material longsor. (MRC03)

BACA JUGA:  Warga Terdampak Banjir Terima Bantuan