Afifudin Adnan, S.Sos.I: KPID NTB Harus Inovatif dan Progresif

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Wajah dan namanya tidak asing di kalangan penonton TV lokal di Kota Mataram dan Lombok Barat. Dialah Afifudin Adnan S.Sos.I, Presenter sekaligus Pemimpin Redaksi TV9 Lombok, sebuah TV swasta lokal yang bersiaran dari Gerimak Narmada Lombok Barat.

Pria yang akrab disapa Afif, adalah salah satu dari 21 Calon Komisioner KPID NTB yang meraih golden ticket mengikuti uji Kelayakan dan Kepatutan di DPRD NTB.

Afif malang melintang di dunia penyiaran dan pers sejak duduk di bangku kuliah hingga sekarang. Itu pula yang membuatnya percaya diri maju sebagai calon komisioner KPID NTB mendatang.

Afif sudah punya gambaran dan obsesi bila kelak menjadi komisioner terpilih.”Bagi saya, KPID NTB harus inovatif dan progresif,” katanya kepada MATARAMRADIO.COM.

Dia pun memaparkan detail makna dua kata itu. Misalnya Inovatif.
KPID ke depan, katanya, harus berinovasi terutama dalam menyesuaikan diri dengan era Digitalisasi lembaga penyiaran TV. Program-program KPID harus mampu mengikuti perkembangan dunia penyiaran, seperti Infrastruktur yang dimiliki KPID untuk memantau Konten siaran harus memadai. “Sekarang kan peralatannya masih analog,” sebutnya.

BACA JUGA:  Sugriwa Terima Penghargaan Lifetime Achievement Anugerah Penyiaran NTB 2023

Sedangkan makna Progresif, lanjut Afif, bagaimana KPID kedepan harus meningkatkan kerja-kerjanya berbasis Ilmiah dengan menggandeng Kampus untuk melakukan penelitian tentang kondisi lembaga penyiaran di NTB. Dengan demikian, KPID bisa merumuskan setiap masalah yang dihadapi lembaga penyiaran. “Begitu juga KPID harus mampu melakukan terobosan dengan menggandeng lembaga serupa, lembaga independen pengawas lembaga penyiaran di Luar Negeri sebagai bahan perbandingan,”ulasnya seraya menambahkan perlunya KPID NTB mendorong terbentuknya Peraturan Daerah tentang penyiaran.

Afifudin Adnan bersama isteri yang selalu setia mendampingi./foto: istimewa

Sebagai gambaran sekilas tentang biodata pribadinya. Afifudin Adnan lahir 35 tahun lalu di Dusun Ombe Dese, Desa Ombe Baru, Kecamatan Kediri, Lombok Barat.

Ia menamatkan pendidikan SD di SD Negeri No 5 Rumak (1995-2001); Madrasah Tsanawiyah (MTS) Yusuf Abdussatar (2001-2004) dan alumni SMK Ponpes Yusuf Abdusstar lulusan tahun 2007. Kemudian melanjutkan pendidikan sarjana di IAIN Mataram (sekarang UIN Mataram,red) Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang diselesaikannya pada tahun 2011.

Selama kuliah, Afif banyak berkecimpung sebagai pegiat organisasi kemahasiswaan terutama pers kampus.

BACA JUGA:  Facebook Makin Ketat: Langsung Hapus Konten Seksual, Intimidasi dan Pelecehan

Dia tercatat sebagai aktivis Front Mahasiswa Nasional (FMN) (2008-2009); Jurnalis Kampus Majalah Nuansa Dakwah (2009); Pengelola dan Penyiar  Radio Sinfoni Radio Komunitas Kampus  Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram (2008-2010); Anggota Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) periode 2009-2010; Pendiri Lembaga Pers Mahasiswa (LPM ) INSPIRASI Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram (2009); Redaktur Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) INSPIRASI Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Mataram (2009-2010); Ketua bidang organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KPI IAIN Mataram (2008-2009) ; Pendiri Organsisasi Front Mahasiswa (FM) Lombok Barat (2009); Ketua Bidang Advokasi FM Lobar (2009-2010); Ketua Ikatan Alumni FM Lobar (2016-sekarang) dan Humas Forum Alumni Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Mataram (2015-sekarang) 

Selesai kuliah, Afif memilih jurnalis dan dosen sebagai profesi.

Memulai karir sebagai Reporter di TV9 Lombok (2012-2016 ); Redaktur TV9 Lombok (2016-2019) dan menempati jabatan Pemimpin Redaksi sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Afif juga menjadi Dosen Jurnalistik TV di jurusan KPI Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Mataram (2019); Dosen Jurnalistik TV di jurusan KPI  Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Mataram (2017-2019),  Informan Ahli untuk Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) di NTB selama 3 kali berturut-turut (2019-2021) dari Dewan Pers dan pernah menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPRD Provinsi NTB (2009-2010).

BACA JUGA:  Sahdan, SPd: Dari Kepala Madrasah hingga Jurnalis TV

Afif juga pernah menjadi Sekjen Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram (2013); Ketua Bidang Advokasi Ikatan Jurnalis TV Indonesia (IJTI) NTB (2014-2017); Sekjen Ikatan Jurnalis TV Indonesia (IJTI)  NTB (2017-2020) dan Ketua bidang Litbang Lembaga Kajian Masyarakat (LKM) Rinjani.

Selama berkarir di TV9 Lombok, Afif pernah mengantarkan media yang dipimpinnya sebagai peraih Anugerah Program Berita TV terbaik Anugerah KPID NTB Awards 2015, juara Program Talk Show Interaktif terbaik pada Anugerah Penyiaran KPID NTB 2019.

Segudang pengalaman di bidaang organisasi kemahasiswaan penyiaran dan pers itulah yang membuat Afif kerapkali didaulat sebagai narasumber dan pembicara pada berbagai kegiatan seminar dan pelatihan tentang kegiatan mahasiswa jurnalistik dan penyiaran. Akankah dia berhasil menjadi komisioner terpilih? Kita tunggu saja tanggal mainnya. (EditorMRC)