Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Aruna Senggigi dan PMI Lombok Barat Gelar Aksi Donor Darah

--- Advertisement ---coinpayu

MATARAMRADIO.COM, Lombok Barat -:Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh 14 Juni 2021, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) bersama Aruna Senggigi dan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Lobar melaksanakan kegiatan Donor Darah untuk umum, TNI dan Polri di Seaview Beachfront Restaurant, Aruna Senggigi, Batulayar, Lobar, Kamis (10/6/2021).

Hari Donor Darah Sedunia oleh World Health Organization (WHO) diperingati setiap tanggal 14 Juni, Tujuan dari penetapan hari tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya Donor Darah untuk kesehatan serta sebagai salah satu aksi kemanusiaan.

Mengusung tema “Give Blood and Keep the World Beating” atau “Berikan Darah dan Jaga agar Dunia tetap Berdetak”, peringatan Hari Donor Darah Sedunia merupakan bentuk apresiasi kepada para pendonor rutin yang telah secara sukarela memberikan darahnya serta ajakan bagi para pendonor pemula untuk membantu mencukupi ketersediaan stok darah di UTD PMI Lobar.

BACA JUGA:  HUT ke 76, TNI Gelar Vaksinasi dan Donor Darah

“Di tengah pandemi COVID-19, peringatan tahun ini merupakan momentum untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama dengan tetap mempertahankan kesehatannya agar dapat mendonorkan darah yang sehat, juga himbauan untuk peduli terhadap lingkungannnya dengan memperhatikan protokol kesehatan agar tetap sehat dan nyaman, sehingga dapat ikut serta dalam mengurangi penularan infeksi COVID-19,” ungkap dr Ratna Sulistiani selaku penanggung jawab kegiatan.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, selaku Ketua PMI Lobar menyampaikan, “Hari Donor Darah Sedunia ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan PMI juga tentu punya agenda khusus untuk merayakannya. Inti dari perayaan ini mengingatkan kepada masyarakat bahwa Donor Darah itu penting, sehingga diperlukan orang-orang yang siap Donor dengan memenuhi syarat. Selain memenuhi syarat, masyarakat juga harus mempunyai kemauan untuk Donor,” tutur Bupati.

BACA JUGA:  HUT ke 76, TNI Gelar Vaksinasi dan Donor Darah

Sebagai Pemerintah Daerah Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mendorong dan mengajak kepada masyarakat untuk dapat mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.
“Sebagai Pelindung PMI Kabupaten Lobar kami juga akan mendukung fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk memastikan Unit Donor Darah PMI Kabupaten Lobar kita ini bermanfaat dan sesuai aturan yang berlaku, sehingga masyarakat Lobar betul-betul terlindungi apabila membutuhkan darah yang sesuai kebutuhan masyarakat kita. Selamat Hari Donor Darah Sedunia,” tutupnya.

BACA JUGA:  HUT ke 76, TNI Gelar Vaksinasi dan Donor Darah

“Kegiatan sosial seperti donor darah merupakan agenda rutin Aruna Senggigi dan kami laksanakan sebagai wujud kepedulian Aruna Senggigi pada masyarakat sekitar. Tidak hanya karyawan Aruna Senggigi saja yang mengikuti kegiatan ini, namun kami juga melibatkan unsur-unsur pemerintah, swasta, komunitas, serta masyarakat umum. Diharapkan melalui kegiatan donor darah yang dikelola secara rutin dan terorganisir dapat mengemas misi Aruna Senggigi dalam program Corporate Social Responsibility untuk melakukan promosi kesehatan bagi masyarakat sekitar, dan dalam kegiatan ini berhasil dikumpulkan 103 kantong darah,” pungkas Weni Kristanti, General Manager Aruna Senggigi.(*)