TFG, Strategi Antisipasi Outbreak Covid

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus covid 19 di NTB, pemerintah propinsi NTB akan menggunakan pola Tactical Floor Game (TFG) yang diinisiasi Kapolda NTB, Irjen Pol M Iqbal.

“Dalam TFG, semua stakeholder terlibat secara bersama-sama menangani kasuc covid 19,” kata Wagub NTB, Sitti Rohmi Djalillah saat rapat kesiapan antisipasi Eskalasi Outbreak dan potensi transmisi Covid-19 sebagai dampak kunjungan skala Nasional dan International di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kamis (10/6/21).
Menurut Rohmi, dengan TFG segala kemungkinan terburuk mencoba diantisipasi sehingga ketika hal itu terjadi maka sistem yang sudah ditata akan berjalan sesuai koridor. “Dalam TFG, sudah ada jelas siapa mengerjakan apa sehingga bila ham terburuk terjadi sistem inilah yang berjalan,” katanya.
Walau demikian, Rohmi berharap hal buruk tidak terjadi di NTB karenanya ia meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mematuhi 5 M.
Selain itu, Rohmi mengingatkan penanganan kasus covid 19 tidak bisa dilakukan secara kuratif tapi harus dilakukan secara promotif preventif. “Jangan lengah dengan angka,” katanya.
Sementara Kapolda NTB Irjen. (Pol) M Iqbal mengatakan TFG merupakan langkah mengantisipasi Outbreak penularan Covid-19. “Kita tidak boleh terlena. Kita lakukan langkah proaktif dan preventif,” katanya.
Bahkan Iqbal mengingatkan agar masyarakat tidak bosan karena pandemi ini tidak diketahui kapan berakhirnya. “Tetap terapkan protokol kesehatan covid 19,” katanya. (MRC03)