MATARAMRADIO.COM, New York – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan dunia gagal menghadapi ujian pandemi virus corona.

Guterres memperingatkan pentingnya aksi bersama untuk mencegah jutaan orang di dunia jatuh ke dalam kemiskinan dan kelaparan.

Mantan Perdana Menteri Portugis itu mengatakan, akan lebih banyak yang dapat dilakukan bila negara-negara bersatu untuk memerangi wabah yang telah menewaskan lebih dari satu juta orang itu.

“Pandemi COVID-19 adalah tantangan global utama bagi seluruh komunitas internasional, untuk multilateralisme dan bagi saya, sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Guterres kepada kantor berita Portugis Lusa, seperti dikutip dari Reuters, akhir pekan kemarin.

“Sayangnya ini adalah ujian yang sejauh ini gagal dilakukan oleh komunitas internasional,” lanjutnya.

Guterres juga mengkritik negara-negara yang kurang bersatu dalam menangani tantangan global lainnya seperti konflik di Afghanistan, Yaman dan Suriah.

“Itu adalah sumber frustrasi yang sangat besar,” katanya.

Hingga kini lebih dari 39 juta orang telah terinfeksi COVID-19 di seluruh dunia. Kasus kematian akibat COVID-19 telah mencapai lebih dari 1 juta orang.

Corona telah menginfeksi lebih dari 210 negara, sejak pertama kali diidentifikasi di China pada Desember 2019.

Di Indonesia kasus infeksi virus corona sebanyak 361.867 dengan 12.511 kematian. (Reuters/Kump/MRC)