PJ Sekda : Pemprov NTB Siap Laksanakan Pemilukada 2024

Dalam pemaparanya, PJ Sekda menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah siap dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan dilaksanakan bulan November tahun 2024 mendatang.

“Pemilukada harus menjadi tanggungjawab bersama, terutama Pemerintah, Partai Politik dan aparat keamanan,”tuturnya.

PJ Sekda juga memaparkan terkait langkah – langkah yang telah dilakukan Pemprov NTB dalam mengantisipasi potentie permasalahan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

BACA JUGA:  Kapolda : Jangan Beri Ruang NTB tidak Aman

Pertama, menjamin tersedianya pendanaan pelaksanaan Pilkada dengan memfasilitasi percepatan NPHD, baik pihak penyelenggara, pengawasan, maupun pengamanan.

Kedua, menyiapkan daftar penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang seakurat mungkin sebagai dasar KPU Dalam menyusun DPS dan DPT.

Ketiga, membantu meningkatkan partisipasi pemilih dengan mendorong pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana sosialisasi pada O\D termais sengam penyelenggaraan pilkada.

Keempat, pembentukan Desk Pilkada di seluruh daerah untuk mendapatkan informasi yang akurat dalam penyelenggaraan setiap tahapan Pilkada sehingga mempermudah pengawasan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan.

BACA JUGA:  Pemilu Legislatif 2024: 8 Partai Lolos Ambang Batas Parlemen,  PPP dan PSI Gagal ke Senayan

Kelima, berkoordinasi dennen Bawaslu, TNI/POLRI uituk melakukan pemetaan potensi konflik dan kerawanan setiap tahapan guna deteksi dini terhadap aspek -aspek yang data mengganggu pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Keenam, penekanan pentingnya Netralitas ASN dan Sanksi terhadap pelanggaran dalam Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. R. Umar Faroq S.H., M.Hum menyampaikan bahwa tema Rapim kali ini adalah Polda NTB yang presissi siap mendukung percepatan transformasi ekonomi yang enklusif, berkelanjutan nutuk menusu indonesia Maju.

BACA JUGA:  Mi6 Acungi Jempol 6 Tokoh Perempuan NTB Ikut Bertarung di Pilkada 2024, Ternyata Ini Alasannya!

“Pertemuan ini juga akan membahas bagaiaman langkah – langkah, target keberhasilan dari penyelenggaran yang akan dilaksanakan dari Pemilukada 2024. Di NTB pemilihan Kepala Daerah harus kita siapkan secara crema agar pemilukada data berjalan aman, lancar dan sukses,” ungkap Kapolda NTB.

Acara Rapat Pimpinan Polda NTB 2024 berlangsung khidmat diikuti oleh jajaran Kapolda NTB dan berbagai lembaga terkait. (editorMRC)