Lagi Rachmat Hidayat Gelontorkan Bantuan Hibah Kewirausahaan Rp 800 Juta untuk Warga Lombok Barat

MATARAMRADIO.COM – Anggota DPR RI dapil Lombok dari PDI Perjuangan, Rachmat Hidayat disela-sela Kegiatan reses Ketua DPC PDI Perjuangan Lombok Barat, Lalu Muhammad Ismail menyerahkan bantuan hibah kewirausahaan yang bersumber dari Kemensos RI senilai 800 juta kepada Masyarakat Lombok Barat , bertempat di desa Taman Ayu Lombok Barat , Kamis 9 November 2023.

Selain menyerahkan Bantuan dana hibah Kewirausahaan , Rachmat Hidayat dan Lalu Muhammad juga membagikan ratusan paket Sembako untuk Janda dan Orang Tua Jompo. Juga memberikan santunan untuk 50 puluhan anak yatim piatu.

Sementara itu Dana Hibah Kewirausahaan itu diperuntukkan untuk 8 Kelompok Usaha UMKM yang berada di Lombok Barat. Adapun jenis dan ragam kelompok usaha UMKM yang mendapat bantuan dana hibah kewirausahaan dari aspirasi Rachmat Hidayat meliputi :

Kelompok usaha ternak Bakong jaya ,kelompok usaha jahit beriuk maju, kelompok usaha mesin jahit Srikandi , kelompok usaha muhajirin berkarya, Kelompok usaha pembuatan kue mawar, kelompok usaha tenun Budi ayu , kelompok usaha kambing Setia Kawan dan Kelompok usaha WSKBM Patuh Kene. Kesemua Kelompok Usaha tersebut berdomisili dan dikelola oleh Masyarakat Lombok Barat .

Dalam pidato pengantar acara serah terima bantuan hibah kewirausahaan Kemensos RI , Rachmat Hidayat menekankan agar bantuan hibah kewirausahaan bisa memperkuat dan memperluas bidang usaha yang sedang digeluti agar makin berkembang dan maju.

“Manfaatkan bantuan modal ini sebaik-baiknya agar modal usahanya tetap berputar dan terus mendapat keuntungannya,” kata Rachmat

Rachmat menambahkan jika Lalu Muhammad bisa masyarakatnya dalam berbagai kelompok usaha. Maka Kelompok Masyarakat yang telah dibantu itu juga perlu membantu Lalu Muhammad agar tetap jadi wakil rakyat dan membesarkan partai. Disitu makna pentingnya bergotong royong.

BACA JUGA:  Dr TGH Hazmi Hamzar Optimis Penjabat Gubernur NTB Lebih Lancar Tuntaskan Pembahasan Anggaran Daerah

Ketua DPD PDIP NTB ini juga memuji Ketua DPC PDIP Lombok Barat , Lalu Muhammad yang tetap setia melayani masyarakatnya.

“Kedepan jangan hanya masyarakat bagian selatan saja yang diperhatikan Miq Muhammad , tapi bagian Utara juga perlu dibina,” ucap Rachmat .

Rachmatpun memuji kepiawaian Lalu Muhammad dalam menangkap peluang atau program untuk masyarakat Lombok Barat. Hal ini karena Ketua DPC PDIP Lobar terus terampil dalam membuat proposal dan memperjuangkannya di pusat.

“Dulu saat Orde Baru , Lalu Muhammad sudah berhasil mengambil uang nya orde baru ( dalam konotosi positif ) untuk program di masyarakat , Apalagi sekarang ada wakilnya di DPR RI. Makin gampang program rakyat disalurkan di lombok barat ,” ujar Rachmat disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Selain itu Rachmat meminta seluruh Struktur PDIP Lombok Barat dan Caleg untuk mendata masyarakat Lombok Barat yang miskin dan tidak mampu agar bisa dibantu .

“Untuk bantuan Hibah Kewirausahaan yang satu Milyard lagi sedang dalam proses verifikasi di Kemensos RI. Dalam waktu dekat akan cair lagi,” kata Rachmat.

Hadir dalam acara ini sejumlah Pengurus dan Caleg PDIP dapil Lombok , antara lain , Anggota DPRD Lobar PDIP , Baiq Nurjani. Sekretaris DPC PDIP Lobar, Nyoman Widiasa. Caleg DPRD NTB PDIP dapil Lobar KLU, Endang Yuliati. Juga Caleg DPRD Lombok Barat seperti Sri Wardani, Sudirman, Gede Saba , dll. Juga hadir Tenaga Ahli Rachmat Hidayat yakni Hakam Ali Niazi dan Wiwik.

BACA JUGA:  RS Apung Laksamana Malahayati Sebagai Komitmen PDIP untuk Layani Warga Antar Pulau

Sementara itu Ketua DPC PDIP Lombok Barat, HL Muhammad Ismail melaporkan terkait bantuan hibah kewirausahaan untuk delapan kelompok pada prinsipnya sudah cair semuanya. Namun karena dalam bentuk barang modal , maka penyaluran secara bertahap.

” misalnya untuk desa Kebon Ayu sudah dua Kelompok yang sudah cair. Minggu depan ini kita akan salurkan bantuan setelah komunikasi dengan Ketua Kelompok , berupa puluhan mesin jahit, ratusan ternak itik dan kambing,” ujar Lalu Muhammad Ismail .

Lalu Muhammad menguraikan untuk di kecamatan Gerung , di desa Suka makmur jumlah itik nya sudah 700 an ditambah sama pakannya siap disalurkan.

“Untuk kelompok peternak ayam di kebon Ayu , sudah siap 700 ekor Ayam Kampung dan pakannya. Sementara di desa jembatan kembar , Kelompok Usaha Mesin Jahit Sudah disiapkan 30 unit mesin jahitnya yang akan diserahkan hari Senin atau Selasa ini,” tutur Lalu Muhammad sembari menambahkan hari Rabu Minggu akan diserahkan dana bantuan untuk pembangunan masjid di desa terong tawah 10 juta.

Lalu Muhammad pada kesempatan ini juga memuji kiprah Rachmat Hidayat yang peduli dan banyak membantu memperlancarkan program hibah maupun bantuan lain untuk masyarakat tidak mampu di lombok barat.

“Bagi teman-teman PAC yang programnya belum cair , harap bersabar karena program tersebut pasti terealisasi,” imbuh Lalu Muhammad Ismail.

BACA JUGA:  Rachmat Hidayat : Bantuan dan Sumbangan untuk Kaum Miskin Harus yang Terbaik dan Premium agar Mereka Merasa Dimanusiakan

Ucapan Terima Kasih Masyarakat Lombok Barat

Sejumlah Kelompok Usaha UMKM masyarakat Lombok Barat mengucapkan terima kasih dan tidak akan pernah melupakan jasa baik Rachmat Hidayat yang telah menyalurkan bantuan untuk mereka.

Muhtasar , Ketua Kelompok Usaha peternak Kambing yang memiliki 50 anggota menginfokan bahwa kelompok usahanya mendapat bantuan 70 kambing sebagai modal awal usaha.

“Terima Kasih Bapak Rachmat atas bantuan ternak kambing supernya ini. Insha Allah kami akan kelola dan kembangkan Ternak kambing ini untuk masa depan yang lebih baik,” kata Muhtasar.

Terpisah , Lina Ketua Kelompok usaha Kue Mawar dari desa Poh dana Gerung Utara akan mendapatkan sejumlah peralatan membuat kue yang baik seperti open blender mixxer, loyang maupun perlengkapan kue lainnya.

“Dalam sehari rata-rata omset penjualan kue kami 5 jutaan yg meliputi donat , putu ayu, cantik manis , kolak , dll. Maka dengan adanya bantuan ini , kamu optimis omset jualan kue akan tambah meningkat. Terima Kasih Pak Rachmat Hidayat dan Ibu Mentri Sosial,” kata Lina .

Setali tiga uang , Ketua Kelompok Usaha Tenun Budi Ayu, Ernawati yang memiliki 35 anggota mengucapkan syukur dan terima kasih atas kepedulian Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat maupun Lalu Muhammad Ismail yang memberikan jalan untuk mendapatkan bantuan modal untuk usaha kain tenunnya.

“Terima Kasih Bapak Rachmat Hidayat dan Miq Amat atas semua bantuannya ini,” tukas Ernawati dengan suka cita .(*)