Waspada, Arus Balik Libur Nataru

MATARAMRADIO.COM,Mataram –

Arus balik libur natal dan tahun baru diperrkirakan akan terjadi mulai 29 Desember 2022 hingga satu Januari 2023.

Pasalnya, kata Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Terminal Mandalika Mataram, Dedi Wahyudi mulai 2 Januari 2023 seluruh kantor atau instansi pemerintah sudah beraktifitas kembali.


“Tanggal 29 Desember 2022 -1 Januari 2023 akan menjadi puncak arus balik libur natal dan tahun baru,” katanya, Selasa (27/12/22).

BACA JUGA:  Pemakaman Pasien Positif Covid-19 Asal Desa Bunut Baok Gunakan Protokol Kesehatan


Menurut Dedi, arus balik akan terjadi secara bersamaan dengan arus mudik. Apalagi, dalam waktu bersamaan telah memasuki masa liburan sekolah.


Berdasarkan data yang ada, kata Dedi penumpang arus mudik libur natal didominasi oleh anak-anak usia sekolah walau ada juga yang mudik bersama keluarga.


Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang saat arus balik, Dedi menjelaskan biasanya akan ada bus tambahan yang dikoordinasikan dengan berbagai pihak.

BACA JUGA:  Homestay, Solusi Tamu GP


Guna mengantisipasi gangguan keamanan di sekitar terminal, menurut Dedi pihaknya bekerjasama dengan TNI/Polri serta stakeholder lainnya.


“Disini (terminal) ada posko natal dan tahun baru sebagai upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan termasuk ada tim kesehatan yang siap memeriksa kesehatan kru angkutan dan penumpang,” katanya. (MRC03)