Protes Tayangan Langsung Pernikahan Kaesang Erina, Ini Kata KPI!

MATARAMRADIO.COM – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menanggapi protes dan kritik masyarakat terkait siaran langsung acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Salah satu protes dan kritik yang menuai sorotan datang dari konten kreator Irvina Lioni. Ia mempertanyakan peran KPI sebagai lembaga pengawas siaran atas digunakannya frekuensi saluran publik untuk tayangan tersebut.”Lagi-lagi frekuensi publik untuk menayangkan yang tidak perlu. Yakin deh KPI nggak berani ngapa-ngapain,” kata Irvina Lioni di Instagram Story akun Instagram @duniaeti, dikutip MATARAMRADIO.COM dari opsi.id  pada Sabtu, 10 Desember 2022.

BACA JUGA:  Ketika Presiden Jokowi Bincang Hangat dengan Elon Musk

Menanggapi hal itu, Komisioner KPI Nuning Rodiyah mengatakan bahwa ada izin khusus atas siaran langsung acara pernikahan seperti halnya dalam kasus Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Nuning bilang, siaran langsung pesta pernikahan dilakukan dengan beberapa pertimbangan khusus yang kembali berkaitan kepada publik.”Program siaran itu harus menjawab dari kepentingan publik. Kedua, kita harus melihat konteksnya, ada public need dan public interest,” kata Nuning Rodiyah.

Pernikahan Kaesang dan Erina, kata Nuning, dinilai memenuhi kedua unsur tersebut baik dari segi kepentingan publik maupun segi public interest.

Siaran pernikahan tersebut dinilai memenuhi kebutuhan publik yang penasaran dengan pernikahan dari putra Presiden. Selain itu juga memberikan unsur public need dan interest sebagai sarana pembelajaran akan budaya yang ada di Indonesia dalam pernikahan.”Putra Pak Jokowi sedang menikah hari ini. Ini juga menjembatani keinginan publik yang penasaran karena jauh dari Yogyakarta,” tutur Nuning Rodiyah.

BACA JUGA:  Dilarang Masuk Bila tak Bermasker

“Masyarakat tahu budaya yang ada di Indonesia, ritual pernikahan di Jawa. ini akan menjadi berbeda saat pesan budaya itu disampaikan melalui program pelajaran budaya di sekolah,” ujar dia.

Dari pertimbangan tersebut, lanjut Nuning, pihak stasiun televisi mengambil peran untuk membagikan informasi-informasi tersebut kepada publik.”Tidak semata-mata mengeksploitasi pernikahan atau mengumbar hal-hal yang privat,” katanya.

BACA JUGA:  Sampah Jadi Berkah

Perhelatan proses akad nikah Kaesang Pangarep dan kekasihnya, Erina Gudono ditayangkan secara langsung di stasiun televisi Indosiar dan SCTV, serta layanan streaming Vidio.

Rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah dimulai sejak Kamis, 8 Desember 2022. Sehari setelahnya, prosesi siraman dan sungkeman dilaksanakan di kediaman masing-masing calon mempelai.

Nantinya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal melangsungkan pernikahan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. (EditorMRC)