Kepemimpinannya Diakui Dunia, Presiden Jokowi Terima Anugerah Global Citizen Award

MATARAMRADIO.COM – Penghargaan bergengsi diterima Presiden Jokowi yakni Global Citizen Award 2022 dari sebuah lembaga pemikir yang bermarkas di Amerika Serikat .

Penghargaan diberikan oleh Atlantic Council Amerika Serikat pada 19 September 2022.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mewakili Presiden Jokowi menerima penghargaan tersebut. “Penghargaan Global Citizen Award diraih Jokowi atas kepemimpinannya di panggung dunia. Presiden Joko Widodo adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia, yaitu paradigma kolaborasi, pembangun jembatan (bridge-builder), dan menjadi bagian dari solusi,” kata Retno Marsudi, dikutip MATARAMRADIO.COM dari laman resmi Kemenlu RI.

BACA JUGA:  39 Orang Meninggal di India, Diduga Akibat Demam Misterius

Presiden Jokowi sendiri menyampaikan pidato sambutannya melalui tayangan video yang disiarkan langsung dalam acara yang berlangsung di Kota New York.”Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh Rakyat Infonesia,”tegs Jokowi.

BACA JUGA:  Kompetisi Penanganan Sampah Plastik EPPIC se-Asean akan Digelar di Mandalika

Presiden Jokowi memperoleh penghargaan atas kepemimpinannya sebagai Presiden G20, upayanya dalam menjembatani dampak perang di Ukraina, dan mendapat dukungan luas untuk memajukan pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi, serta arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

Penganugerahan Global Citizen Award sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York.

BACA JUGA:  Mengenal Menteri Arab Saudi Keturunan Indonesia: Muhammad Saleh Benten

Penghargaan diberikan kepada para tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi nyata bagi dunia.

Sejumlah tokoh dunia yang pernah mendapat penghargaan tersebut di antaranya adalah mendiang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, PM Kanada Justin Trudeau, mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan PM Belanda Mark Rutte. (EditorMRC)