Para Bocah Pantai Tanjung Karang Beraksi Selamatkan Telur Penyu

MATARAMRADIO.COM – Para bocah nelayan di wilayah pesisir Tanjung Karang, Ampenan, Kota Mataram, menemukan puluhan telur Penyu terdampar di pantai. Bocah-bocah yang kesehariannya bermain di pantai ini pun beraksi menyelamatkan spesies yang dilindungi pemerintah daerah itu.

“Anak-anak ini sering menemukan telur punyu di pantai. Mereka tanpa diminta langsung beraksi menyelamatkan telur-telur penyu, dibawa ke tempat penangkar,” terang Herman, salah seorang nelayan di Tanjung Karang, Sabtu (16/7).

BACA JUGA:  KI NTB Kabulkan Permohonan Warga Jereneng Labuapi Terkait Sengketa Informasi Pembangunan POM Bensin

Menurut Herman, sekitar 70 butir telur yang ditemukan bocah-bocah nelayan itu diselamatkan dengan dibawa ke tempat penangkar sampai menetas baru kemudian anak-anak penyu itu dilepas ke laut.

Salah seorang nelayan, Husen sedang membersihkan kolam penetasan penyu

“Telur di temaptkan di penangkar selama dua hari sampai netas, baru di lepas ke laut,” katanya sembari mengapresiasi perbuatan bocah-bocah nelayan tersebut dengan kesadarannya berfikir untuk melestarikan spesies yang dilindungi itu.

BACA JUGA:  40 Orang Tewas di Lubang Bekas Galian Tambang Kaltim

Bukan hanya saat itu saja warga, baik para bocah dan nelayan Tanjung Karang menyelamatkan telur-telur penyu yang terdampar di pantai. Menurut Herman dan diamini nelayan lainnya, di wilayah pantai Tanjung Karang kerap telur penyu ditemukan terdampar.

BACA JUGA:  Bangkitnya Desa Wisata Narmada

“Sering sekali warga pesisir Tanjung Karang menemukan dan menyelamatkan telur penyu di pantai. Dengan kesadaran warga, inisiatif sendiri menangkar telur penyu hingga menetas, baru dilepas kembali, bukan dijual,” tandasnya.(EditorMRC)