Wow! BPS Sebut Uang Beredar Rp 154,03 Miliar di MXGP Samota

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Badan Pusat Statistik (BPS) NTB merilis data terbaru terkait dampak perhelatan MXGP Samota terhadap roda perekonomian di NTB.

Hasilnya pun cukup mencengangkan. Ini berkaitan dengan perputaran uang selama pelaksanaan MXGP Samota yang menurut BPS NTB menembus angka Rp 154,03 miliar.

Kepala BPS NTB, Drs. Wahyudin, MM mengatakan bahwa berbagai sektor terkena dampak positif dari MXGP Samota, salah satunya dari sektor pertanian, perikanan dan lain sebagainya.

“Sektor pertanian ikut berpengaruh dengan kegiatan ini, masyarakat lebih didominasi memakan nasi, sehingga beras dan sayuran tentunya dari para petani, sebanyak 14,24 miliar di sektor pertanian, kehutanan dan perikanan,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima MATARAMRADIO.COM, Jumat (15/7).

BACA JUGA:  Kena Pneumonia dan Covid 19, Lata Mangeshkar Masuk ICU

Disebutkan, asal daerah penonton MXGP Samota diantaranya Kabupaten Sumbawa sebanyak 67.19 persen, Pulau Sumbawa sebanyak 16.50 persen, Pulau Lombok sebanyak 14.71 persen, Provinsi selain NTB sebanyak 1.36 persen dan Luar Negeri sebanyak 0.24 persen.

Pengeluaran penonton MXGP Samota 2022 paling banyak adalah untuk pembelian tiket MXGP, yaitu mencapai 31,01 persen dari total pengeluarannya. Pengeluaran terbanyak berikutnya adalah untuk transportasi yang mencapai 21.02 persen.

BACA JUGA:  Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa Sabe Loteng Kembalikan Kerugian Negara Rp 92,5 juta

Adapun jenis oleh – oleh yang banyak diminati, yaitu souvenir berlogo MXGP seperti topi, kaos dan lain sebagainya sebanyak 63.05 persen, kuliner sebanyak 26.77 persen, produk kerajinan lokal sebanyak 5.21 persen, produk tenun sebanyak 3.93 persen dan minyak sumbawa sebanyak 1.05 persen.

Gubnernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB yang telah berkontribusi dalam perhelatan MXGP.

“Kami tentunya berterima kasih bahwa segala kegiatan jadinya terukur, meskipun waktunya sangat mepet, namum penyelenggaraan MXGP sukses dan dihadiri sebanyak 55 ribu penonton dan dampak ekonomi atau uang beredar mencapai 154,03 Miliar,” ungkap Gubernur NTB saat menerima Kepala BPS dalam Laporan Kajian MXGP di Ruang Kerja Pandopo Gubernur NTB, Jum’at pagi. (15/07).

BACA JUGA:  Dinilai Langgar Empat Undang-Undang, Lombok TV Gugat Peraturan Pemerintah tentang Siaran TV Digital

Ia juga mengatakan bahwa hasil kajian dari BPS NTB dapat menjadi acuan bagi daerah lain agar terus optimis menyelenggarakan berbagai perhelatan inetrnasional.

“Hasil ini sangat luar biasa dan menjadi pemicu semangat bagi kita untuk bisa menyelenggartakan kegiatan serupa di NTB diwaktu – waktu yang akan datang, karena dampak ekonominya sangat besar,”pungkasnya.(EditorMRC)