Hilang Kontak 5 Hari, Ini Kesaksian Kapten Kapal Pengangkut Aspal Mandalika

MATARAMRADIO.COM – Kapal pengangkut material batu andesit, untuk pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika, diterjang badai kuat dengan ketinggian ombak lebih dari 3 meter di perairan Palu ke arah Lombok.

Kapal TB BLM 01 Samarinda itu hilang kontak sejak berangkat dari Pelabuhan Palu, Minggu (20/2) pekan lalu.

Kapal yang mengangkut 2.500 meter kubik batu andesit tersebut belakangan berhasil dipantau keberadaannya dan dilakukan pengawalan oleh Polairud Polda NTB menuju pelabuhan lembar Lombok.
Menurut kapten kapal, Muhammad Yusuf, kapal tersebut berangkat dari Palu sekitar jam 12 malam, Minggu (20/2) pekan lalu.
Kapal tersebut menggandeng kapal tongkang Valencia, dengan mengangkut batu andesit seberat 2500 meter kubik, untuk keperluan pengaspalan ulang sirkuit Mandalika.

BACA JUGA:  Viral! Netizen Kritik Polisi yang Meledakkan Petasan, 35 Rumah Warga Rusak

Namun saat dalam perjalanan, sekitar 200 mil dari pelabuhan, kapal mulai diterjang badai.
“Karena cuaca buruk, makanya terjadi lost contact dengan pihak dari daratan, setelah jalan sekitar lima hari, kami didapat oleh kapal patrol Polisi Polda NTB. Seharusnya saya sampai tanggal 25, tapi karena dihantam badai, jadinya molor sampai tanggal 27,” kata Yusuf dilansir MATARAMRADIO.COM dari ANTARA.
Direktur Polisi Air dan Udara Polda NTB Kombespol Kobul Syahrin Ritonga menyatakan bahwa pihaknya berupaya menelusuri kapal hilang kontak tersebut setelah mendapatkan laporan dari PT PP selaku kontraktor Pengaspalan Sirkuit mandalika Lombok.
“Dari perusahaan PT PP selaku kontraktor sirkuit Mandalika melaporkan bahwa material mereka berupa batu kerikil untuk lintasan sirkuit, mengalami lost contact, dari Sulawesi tengah ke sini,” kata Syahrin.
“Kami kerahkan kapal Baladewa untuk mendeteksi keberadaan kapal itu, dan Alhamdulillah saat itu kapal bisa dideteksi, kemarin dan kita bisa komunikasi langsung dengan nakhoda,” lanjutnya.
Oleh petugas Polairud Polda NTB, kapal TB BLM serta kapal tongkang Valencia, kemudian dikawal menuju pelabuhan lembar Lombok sejak ditemukan jumat kemarin, dan berhasil sandar di pelabuhan penyeberangan Lembar, Lombok, Minggu (27/2) sekitar pukul 14.00 WITA.
Haji Ahmad Syakib, pemilik material menyatakan terima kasih kepada petugas dari Polairud Polda NTB, yang telah berhasil menemukan dan mengawal mereka sehingga sampai ke pelabuhan lembar Lombok.
“Alhamdulillah bapak-bapak ini telah menyelamatkan kami dan material untuk aspal sirkuit mandalika tersebut, tiba meskipun terlambat selama dua hari. Semoga dengan kedatangan material ini pembangunan sirkuit mandalika, yang sedang menjadi sorotan dunia, bisa berjalan lancar,” ujarnya. (EditorMRC)

BACA JUGA:  Perguruan Tinggi Posisi Teratas Kekerasan Seksual, Azimah:Semua Pihak Harus Turut Mengantisipasi