Jelang MotoGP Mandalika 2022, Pesanan Kamar Baru 55%

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Menjelang perhelatan event event internasional, okupansi hotel dan penginapan masih cukup memadai dan tercatat baru terisi 54, 96 persen dari ketersediaan 10.000 kamar hotel.

“Artinya masih banyak tersedia dari akomodasi yang ada selain kita memaksimalkan yang lain untuk 100.000 penonton MotoGP”, jelas Kepala Dinas Pariwisata, Yusron Hadi saat jumpa pers di ruang rapat Sekretaris Daerah kantor Gubernur, Rabu (02/02).

BACA JUGA:  Kunjungi Dua Makam Ulama Kharismatik Lombok, Tokoh Pariwisata Nasional ini Usulkan Pengembangan Destinasi Wisata Ziarah

Total ketersediaan kamar dari hotel, homestay dan camping ground seluruhnya 24.768 kamar. Sedangkan rencana menggunakan sementara 52 rusun yang belum dihuni di Lobar sampai Lotim potensinya hingga 262 kamar.

Upaya lain mencukupi akomodasi adalah fasilitas hotel terapung menggunakan empat kapal milik Pelni dengan kapasitas 3.500 kamar per kapal.

Terkait regulasi harga, Kadispar menjelaskan pemerintah provinsi tengah menyiapkan Pergub dan mengajak asosiasi perjalanan wisata dan stakeholder lainnya. Regulasi tersebut nantinya menentukan harga berdasarkan lokasi dalam zonasi kawasan strategis pariwisata daerah.

BACA JUGA:  Tampil Perdana, Eva Bikin Kesengsem Juri LIDA2020

Sekretaris Daerah, HL Gita Ariadi menambahkan, regulasi terkait harga ini tujuannya lebih mementingkan keberlanjutan event event internasional di NTB.

“Sebagai bentuk perhatian, Pemprov menghimbau soal rate harga ini untuk tidak hanya memanfaatkan situasi”, sebut Sekda. (EditorMRC)