Hadiri Muktamar I NWDI, Gubernur NTB Ungkap Rahasia Sukses Organisasi Masa Depan

MATARAMRADIO.COM, Lombok Timur— Ada empat alasan yang akan menentukan eksistensi sebuah organisasi di masa depan, termasuk Ormas Islam NWDI.

Hal tersebut disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc dalam pidato sambutannya pada pembukaan Muktamar I NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah) di Pancor, Lombok Timur, Minggu (30/01).

Menurut Gubernur, untuk tetap eksis menghadirkan dan memberikan kemaslahatan untuk masyarakat tidaklah gampang bagi sebuah organisasi. Diperlukan empat karakter utama agar organisasi tersebut punya umur panjang.

karakter utama tersebut, ungkap Gubernur adaptif terhadap lingkungan, memiliki identitas, memberikan ruang terhadap ide-ide marginal, serta konservatif pada bidang keuangan.

BACA JUGA:  Masker Wajah Tingkatkan Risiko Terkena Virus Corona?

“Empat karakter tersebut, yaitu mampu adaptif terhadap perubahan lingkungan, punya cara dan strategi untuk tetap survive dan unggul terhadap perubhan lingkungan itu. Punya identity, artinya punya karakter tersendiri yg tidak dimiliki organisasi lain. Kemudian memberikan ruang pada ide-ide marginal untuk eksis. Terakhir adalah mampu konservatif di bidang keuangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa NWDI adalah sebuah organisasi yang telah memiliki empat karakter tersebut.

“NWDI adalah organisasi yang punya empat karakter tadi. NWDI merupakan wadah pengkhidmatan untuk kita semua berkhidmat. Oleh karena itu, kami atas nama Pemerintah Provinsi NTB menuambut baik misi dan visi besar dari NWDI ini. Semoga dengan sinergi dan silaturrahmi yang baik, NTB Gemilang bukan lagi sekedar kata-kata, tetapi suatu hal suci yang bisa kita aplikasikan di kehidupan,” paparnya seperti dilansir ntbprov.go.id.

BACA JUGA:  Selasa Besok, Tim Seleksi KPID NTB Umumkan 21 Besar

Untuk menutup sambutannya, Bang Zul membacakan 2 penggal puisi yang berbunyi:

Umat Muhtadin akan selalu berziarah di NWDI induk madrasah, secara barirah dan rohaniah membawa berkat dan sinar Ka’bah

Berbondong-bondong, berfirqah-firqah setiap waktu dan setiap saat, banjiri pancor menuju madrasah, seakan kita menuju kota Ka’bah Baitullah

Terakhir, pada kesempatan tersebut, Gubernur Zul juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan Ketua Alumni Al-Azhar Kairo, Mesir, TGB, terkait Program Unggulan Beasiswa NTB.

BACA JUGA:  Belum Satu pun Figur Nyatakan Diri Siap Maju Pilkada Lotim 2024

“Insya Allah, Beasiswa NTB mulai tahun ini akan mengalokasikan 20 beasiswa kepada anak-anak NTB untuk kuliah di Al Azhar Kairo Mesir. Teknisnya segera akan ditindaklanjuti oleh Tim LPP Beasiswa NTB,” tutur Gubernur Zul.

Acara Muktamar I NWDI dibuka secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, juga diikuti Menteri Kabinet Indonesia Maju, Wakil Gubernur NTB, Ketum PB NWDI, Bupati/Walikota se NTB, Kapolda NTB, Danrem 162 NTB, serta beberapa anggota DPRD NTB. (EditorMRC)