Dewisnu Siap Majukan Desa Wisata

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Kepala Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) NTB , Lalu Fatwir Uzali menyatakan siap memajukan desa wisata dengan berbagai program yang ada.

“Programnya sudah berjalan hanya yang bersifat fisik belum,” katanya saat bincang dengan MATARAMRADIO..COM, beberapa waktu lalu.
Menurut Fatwir, program yang kini berjalan masih bersifat pembinaan atau program-program yang berkaitan dengan SDM.
Diakui, saat ini sudah ada desa wisata yang berjalan namun masih perlu pembinaan agar lebih maju lagi. “Ada desa wisata yang sudah berjalan namun kualitas SDM atau manajemennya masih perlu ditingkatkan agar bisa lebih baik dalam pengelolaan desa wisata,” jelasnya.
Sementara untuk pengembangan desa wisata yang bersifat fisik, jelas Fatwir harus diajukan ke kementerian pembangunan desa. “Desa yang mengajukan ke kabupaten dan kabupaten yang mengajukan ke Dewisnu NTB baru diajukan ke Kementerian Desa,” jelasnya.
Fatwir berharap selesai perhelatan MotoGP, pemerintah daerah NTB bisa melihat peluang pengembangan desa wisata dan berkolaborasi mengembangkan desa wisata. “Di Kota Mataram juga ada wilayah yang bisa dikembangkan menjadi daerah wisata,” jelasnya. (MRC03)

BACA JUGA:  Inovasi NTB Mall dan 99 Desa Wisata Inovasi Unggulan, hantarkan NTB jadi Provinsi Terinovatif IGA Kemendagri 2023