Gali Potensi Diri, Bapas Mataram Gelar Bimbingan Kepribadian

MATARAMRADIO.COM, Mataram –
Untuk menggali akar permasalahan dan keluar dari permasalahan yang menimpa anak-anak, sebanyak 20 anak-anak dibawah pengawasan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Mataram mengikuti bimbingan kepribadian.

Kepala Bapas Mataram, Sudirman menyatakan anak anak sebagai generasi harapan bangsa harus memiliki tujuan hidup yang baik. Karenanya, perlu ada bimbingan dari orang tua juga dukungan dari lingkungan terdekatnya. “Perilaku yang baik akan mendekatkan anak menggapai harapan hidup yang baik pula,” katanya kepada Mataramradio.com, Rabu (8/12/21).
Menurut Sudirman, bimbingan kepribadian hanyalah salah satu upaya agar anak-anak memiliki perilaku dan karakter yang baik. Senada Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Mataram, Moh Zainul Ahzan menjelaskan bimbingan kepribadian menjadi upaya agar anak-anak dibawah naungan Bapas Mataram berubah perilakunya kearah yang lebih baik.
Dengan perubahan perilaku ini, jelas Ahsan mampu meningkatkan karakter anak sehingga anak tidak mudah terombang-ambing oleh lingkungan pergaulannya. “Ketika anak memiliki karakter, dia punya kepribadian dengan prinsip hidup yang kuat ,” katanya.
Agar terjadi perubahan perilaku anak, jelas Ahsan peran orang tua juga dibutuhkan. Dimana, pola asuh yang selama ini diterapkan bisa diubah sesuai arah dan kehidupan anak dalam menggapai impiannya.
Konselor Anak, dr Mira Mareta mengingatkan manusia pada hakikatnya adalah pemimpin. “Paling tidak, jadi pemimpin bagi dirinya sendiri,”katanya.
Untuk menjadi seorang pemimpin, jelas Mira seseorang harus bisa memimpin dirinya kearah yang lebih baik sehingga hidupnya menjadi baik. “Salah satu kuncinya adalah kepercayaan orang tua terhadap anaknya,” katanya. (MRC03).

BACA JUGA:  Pemprop NTB Gandeng Jabar Bina UKM