Wawali Mujiburrahman Instruksikan Jajaran OPD Saling Komunikasi dan Koordinasi

--- Advertisement ---coinpayu

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Wakil Wali (Wawali) Kota Mataram, TGH Mujiburrahman menginstruksikan kepada para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk saling meningkatkan intensitas komunikasi dan koordinasi dalam rangka memantapkan program Smart City di Kota Mataram.

Menurut Orang Nomor Dua Kota Mataram ini, tanpa peningkatan komunikasi dan koordinasi antar Kepala OPD, mustahil akan mencapai tujuan dan harapan bersama. Terlebih demi mendukung terselenggaranya program Smart City di Kota Mataram.

“Saya inginkan agar kita (para pimpinan OPD, red) satu sama lain saling membangun komunikasi dan memantapkan koordinasi dalam mendukung pelaksanaan program Smart City ini,” kata Mujiburrahman melalui sambutannya pada acara Bimbingan Teknik (Bimtek) Tahap III Penyusunan Masterplan Smart City Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional, pagi tadi, di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, Senin (11/10/2021).

BACA JUGA:  Demi Masyarakat, Walikota Mataram Minta Jajaran Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Di hadapan forum bimtek, Wawali mengungkapkan bagaimana Kota Mataram terpilih dalam dua (2) program Smart City. Pertama, Gerakan Menuju 100 Smart City; dan kedua, Smart City Kawasan Pariwisata Nasional.

Bahkan disebutkan bahwa pelaksanaan program Smart City Kota Mataram telah memiliki payung hukum, yaitu Peraturan Wali (Perwal) Kota Mataram Nomor 34 Tahun 2019 tentang Masterplan Smart City Kota Mataram Tahun 2019-2024.

“Program smart city Kota Mataram sudah memiliki alas formal atau payung hukum dengan adanya perwal 34/2019 sebagai dasar implementasinya,” ujar Wawali.

BACA JUGA:  Walikota Mataram Lepas Kontingen LASQI
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram Drs I Nyoman Suwandiasa/foto: diskominfotik Kota Mataram

Secara teknis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram Drs I Nyoman Suwandiasa menyatakan, pertemuan bimtek ke III ini dilaksanakan untuk menggali dari masing-masing variabel Smart City, dimana terdapat usulan program yang mengarah pada pengembangan Kota Mataram sebagai Smart City. Sasarannya adalah bagaimana program kegiatan bisa bersinergi dan selaras dengan RPJMD.

Disamping menurut dia, poin penting pelaksanaan kegiatan bimtek tahap ke-3 juga dalam rangka persiapan Kota Mataram menyongsong even internasional World Super Bike (WSBK) Championship, November mendatang.

BACA JUGA:  Membanggakan, Mataram Langganan Tujuh Kali Predikat WTP

“Kegiatan bimtek tahap ke-3 ini penting untuk kita laksanakan, ya, tidak lain semata mata juga agar kita bersama-sama menyiapkan Kota Mataram dalam mendukung penyelenggaraan even internasional WSBK, bulan November nanti,” kata I Nyoman Suwandiasa.

Pariwisata Prioritas


Sementara Tim Ahli Masterplan Smart City, Acuviarta Kartaba, menyatakan, penyusunan master plan Smart City kawasan pariwisata prioritas nasional seyogyanya merupakan agenda nasional, yang fokusnya adalah mendorong kawasan pariwisata prioritas nasional.

“Penyusunan master plan Smart City kawasan pariwisata prioritas nasional merupakan agenda nasional, dan fokusnya memang untuk mendorong kawasan pariwisata prioritas nasional,” ujar Acuviarta Kartaba. (MRC-07)