Reproduksi Sampah Laut

--- Advertisement ---coinpayu

MATARAMRADIO.COM, Lombok Tengah – Sampah, hingga kini masih menimbulkan persoalan di masyarakat. Berbagai upaya dilakukan agar sampah tidak memberikan jejak hitam dalam kehidupan masyarakat.

“Bagaimama sampah plastik yang ada di pesisir pantai bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar,” jelas Direktur Mitra Samya, Husnuzzoni saat sosialisasi pemilahan sampah plastik di kawasan pantai Selong Belanak, Jumat (8/10/21).
Sosialisasi yang melibatkan tokoh masyarakat, nelayan, pedagang, Unit Pengelola Sampah, pegiat kelola sampah plastik serta pemerintah desa ini dilaksanakan selama 3 hari dari Jumat – Minggu (8-10) Oktober dengan harapan sampah yang ada di pantai Selong Belanak bisa diubah menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.
“Bila ini berhasil, bisa direflikasikan ke daerah lain,” ungkap Anastasia Manuella dari Direktorat Tata Kelola Destinasi Deputi bidang pengembangan dan infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
Anastasia menegaskan, keberhasikan dalam pengelolaan sampah tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri tapi harus ada kesadaram bersama masyarakat untuk mengelolah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna. “Kolaborasi antar lembaga yang memiliki kepentingan bersama menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pengelolaan sampah,” tegasnya.
Sementara Kabid Persampahan Dinas LHK NTB, Firmansyah menyatakan banyak cara dalam mengelola sampah sehingga program zero waste demi mewujudkan NTB ASRI bisa segera terlaksana. “Kita bisa mulai dari keluarga agar bertanggung jawab terhadap sampah sendiri,” katanya. (Sbl/MRC).