Ini Dia Peringatan Hari Ibu Ala GOW Mataram

MATARAMRADIO.COM, Mataram – Pandemi Covid 19 ternyata bukan alasan untuk tidak merayakan Hari Ibu. Justru Pandemi menjadi momentum menjadikan ibu sebagai garda terdepan di era kenormalan baru.

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram memperingati Hari Ibu ke-92 Tahun 2020, bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, Senin (21/12/2020). Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram H. Effendy Eko Saswito, Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Ketua GOW Kota Mataram Hj. Kinnastri Mohan Roliskana, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Se- Kota Mataram.

Dalam sambutan Sekda Kota Mataram H. Effendy Eko Saswito menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh perempuan, khususnya ibu-ibu di Kota Mataram. “Semoga momen peringatan Hari Ibu yang ke-92 ini bisa menjadi motivasi bagi perempuan -perempuan Indonesia untuk sadar betapa berharga dirinya, utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia sejak masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang memberi arti melebihi apapun.” ungkapnya sebagaimana dikutip dari siaran pers Diskominfo Kota Mataram,Senin (21/12)

BACA JUGA:  Jaga Jarak di Lampu Merah, Polisi Siapkan RHK Bermotor

Sekda Kota Mataram melanjutkan bahwa semangat tersebut sejalan dengan tema Hari Ibu yaitu “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” yang merupakan bentuk penghargaan kepada perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Di mulai dari Kongres Perempuan I di tahun 1928 yang menandai tonggak perjuangan Indonesia dalam mengambil peran di setiap derap pembangunan di Indonesia.

“perempuan mengisi ruang-ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan, dan turut mencari serta menjadi solusi mengantar Indonesia di titik sekarang.” paparnya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, Sekda melihat situasi yang serba sulit ini ternyata tidak menghentikan langkah perempuan-perempuan Indonesia termasuk di Kota Mataram, perempuan turun dan menjadi penggerak sosial dengan membangun kesadaran masyarakat dan turut serta membantu warga yang terdampak ekonomi, bahkan tidak sedikit perempuan yang juga mengambil peran penting dalam memerangi Covid-19 dengan menjadi tenaga kesehatan, ilmuwan/peneliti, dan penjaga bagi keluarganya sendiri.

BACA JUGA:  Datang ke Boak, Totok Rantok Menyambut

Sementara itu, dalam sambutan Ketua GOW Kota Mataram Hj. Kinnastri Mohan Roliskana menjelaskan Peringatan Hari Ibu sebagai agenda tahunan dirangkaikan dengan pengajian umum pada tanggal 16 Desember 2020, penyerahan bantuan sembako masing-masing sebanyak 160 paket untuk dua lingkungan yakni Lingkungan Nyangget, dan Lingkungan Karang Mas-Mas, Kecamatan Cakranegara. Kemudian dilanjutkan dengan anjangsana kepada sesepuh organisasi wanita di Kota Mataram pada tanggal 18-19 Desember 2020.

Pada acara yang khidmat tersebut Ketua GOW Kota Mataram juga menyampaikan peringatan Hari Ibu tahun 2020 ini merupakan peringatan yang terakhir, setelah mengabdi selama 10 tahun sebagai Ketua GOW Kota Mataram.
“Saya atas nama pribadi dan Ketua GOW Kota Mataram menyampaikan permohonan maaf, jika selama ini ada ucapan, atau kebijakan dari kami yang tidak berkenan di hati bapak ibu sekalian, khususnya selama ini GOW selalu bersinergi dengan Dinas Perlindungan Ibu dan Anak Kota Mataram, serta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu selama 10 tahun kepengurusan,” ungkapnya.

BACA JUGA:  PKK NTB Peduli, Serahkan Bantuan Untuk Lansia PSLU Mandalika

Di akhir sambutan Ketua GOW Kota Mataram Hj. Kinnastri Mohan Roliskana menyampaikan ucapan selamat hari ibu dan berharap ibu menjadi garda terdepan di era new normal. “Selamat hari ibu buat semuanya, mudah-mudahan kita menjadi ibu yang diharapkan keluarga, anak-anak kita, juga diharapkan bangsa sebagai garda terdepan di era new normal seperti saat ini,” tutupnya. (Editor MRC)