Dinas Pertanian Kota Mataram akan Periksa Hewan Kurban

MATARAM RADIO.COM, Mataram – Menjelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kota Mataram akan melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dijual para penjual hewan kurban di Kota Mataram. ” Besok, Kamis (16/7) kami akan turun lapangan untuk mengecek kesehatan hewan kurban,” jelas Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kota Mataram, Drh Diyan Riyatmoko di Mataram, Rabu (15/7).

BACA JUGA:  Alhamdulillah, Pasien Sembuh Covid 19 di NTB Bertambah Jadi 88 Orang

Dijelaskan, pemeriksaan hewan korban sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan hewan sakit atau tidak mencukupi umur untuk dijadikan kurban.
Pemeriksaan hewan kurban, jelas, Diyan dimulai dari pemeriksaan gigi untuk melihat umur hewan. Bila sudah ada pergantian gigi, maka hewan layak untuk dikurbankan.
dari sisi kesehatan, apakah hewan memiliki penyakit atau tidak. penyakit itu membahayakan atau tidak dan lainnya. sedang yang ketiga akan di cek soal kelengkapan organ tubuh hewan. apakah hewan memiliki tanduk, patah tanduk atau bagaimana. begitupun dengan organ tubuh lainnya, akan diperiksa kelengkapannya. ” Biasanya, penjual sudah tahu syarat hewan qorban. Dia akan menjual hewan yang sehat,” jelasnya.
Saat pemeriksaan kesehatan hewan, jelas Diyan, Dinas Pertanian kota Mataram akan mensosialisasikan tatacara perdagangan hewan di saat pandemi covid 19. “Kita juga lakukan sosialisasi, bagaimana menjaga kesehatan hewan dan aman bertransaksi disaat pandemi,” jelasnya. (MRC-03)

BACA JUGA:  LAZISMU NTB Gandeng BPKH Tebar Berkah Sedekah Qurban 1444H